5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1

Persib meraih dua kemenangan beruntun bersama Luis Milla

Super big match tersaji pada pekan ke-9 Liga 1 2022/2023 saat Persib Bandung berjumpa Arema FC. Arema bertindak sebagai tuan rumah dengan memainkan laga di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (11/9/2022). 

Arema memimpin pada babak pertama berkat gol Dedik Setiawan. Namun, Persib sukses memperbaiki permainannya pada babak kedua hingga mampu mencetak dua gol melalui Beckham Putra dan David da Silva. Alhasil, Maung Bandung memenangi duel ini dengan skor 2-1.

Bertajuk super big match, laga antara Persib dan Arema berlangsung panas. Banyak drama dan fakta yang tersaji. Berikut catatan menarik Persib vs Arema pada pekan ke-9 Liga 1.

1. Satu gol Arema dianulir, Persib berhasil comeback

5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1Persib Bandung menghadapi Arema FC pada pekan ke-9 Liga 1 2022/2023. (instagram.com/aremafcofficial)

Jalannya laga pada babak pertama terbilang cukup imbang. Kedua tim bermain hati-hati. Namun, Arema sukses mencuri gol pada menit ke-45 melalui kaki Dedik Setiawan yang menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Tak ingin kalah, Persib mencetak gol cepat penyama kedudukan pada menit ke-49 melalui pemain yang baru masuk, Beckham Putra. Seolah akan berakhir imbang, David da Silva muncul sebagai pembeda setelah mencetak gol pada menit ke-88 yang membuat Maung Bandung berbalik unggul.

Drama kemudian terjadi saat laga memasuki tambahan waktu babak kedua. Bek kanan Arema, Rizky Dwi Febrianto, mencetak gol yang membuat skor imbang 2-2.

Sayangnya, gol tersebut dianulir karena sang pemain dalam posisi offside. Alhasil, comeback Persib terjaga dan menang dengan skor 2-1.

2. Hujan kartu mewarnai laga

5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1Persib Bandung versus Arema FC pada pekan ke-9 Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persib)

Laga yang mempertemukan dua tim besar biasanya identik dengan hadirnya duel-duel keras di lapangan. Hal itu pula yang terjadi dalam laga Persib versus Arema. 

Baik pada babak pertama maupun babak kedua terjadi banyak pelanggaran akibat benturan keras. Wasit mengeluarkan total delapan kartu kuning di laga ini. 

Dari 8 kartu kuning tersebut, 5 di antaranya dihadiahkan kepada pemain Persib, yaitu Daisuke Sato, Zalnando, Marc Klok, David da Silva, dan Dedi Kusnandar. Sementara itu, hanya tiga pemain Arema yang diganjar kartu kuning, yakni Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono, dan Achmad Figo.

Baca Juga: Dramatis, Persib Bekuk Arema di Kanjuruhan

3. Debut buruk Javier Roca

5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1Javier Roca (instagram.com/aremafcofficial)

Laga ini sejatinya menjadi laga debut bagi pelatih anyar Arema FC, Javier Roca. Eks pelatih Persik Kediri tersebut ditunjuk menggantikan posisi Eduardo Almeida. 

Sayangnya, debut pelatih berusia 45 tahun tersebut harus tercoreng setelah anak asuhnya takluk dari Persib. Laga ini justru menjadi pembuktian kualitas pelatih baru Persib, Luis Milla, yang sudah mengantongi dua kemenangan berturut-turut.

4. Gacornya David da Silva

5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1David da Silva (instagram.com/davidasilva14)

David da Silva bisa dibilang sebagai jimat keberuntungan Persib Bandung. Bagaimana tidak, sang pemain kini sudah mengoleksi 8 gol, termasuk 1 golnya ke gawang Arema FC. 

Tanpa kehadiran striker Brasil berusia 32 tahun tersebut, Persib tampaknya akan kesulitan mencetak gol. Penyerang Maung Bandung lainnya, seperti Ciro Alves, Frets Butuan, hingga Erwin Ramdani belum tampil ganas. Masing-masing baru mencetak satu gol. 

Jika mampu tampil konsisten, bukan tidak mungkin peran apik David da Silva akan mendongkrak posisi Persib untuk bisa bersaing di tangga perebutan juara. Di sisi lain, ia juga bisa mendapatkan gelar top skor pada akhir musim.

5. Kedua tim masih tertahan di papan tengah

5 Catatan Menarik Persib vs Arema pada Pekan ke-9 Liga 1Persib Bandung kontra Arema FC pada pekan ke-9 Liga 1 2022/2023. (instagram.com/aremafcofficial)

Hingga pekan ke-9 Liga 1 2022/2023, Persib Bandung dan Arema FC sama-sama belum menemukan performa terbaik layaknya performa mereka musim lalu. Dengan hasil ini, mereka masih berada di papan tengah. 

Persib yang meraih kemenangan naik ke posisi 8 dengan catatan 13 poin hasil dari 4 menang dan 1 imbang. Sementara itu, Arema yang menelan kekalahan harus turun ke urutan 11 dengan mengemas 11 poin berkat 3 kali menang dan 2 imbang. 

Pada pekan ke-10, Maung Bandung akan bersua Barito Putera pada Jumat (16/9/2022). Sementara itu, Singo Edan akan menjalani derbi Jawa Timur melawan Persik Kediri pada Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Debut Mengecewakan, Roca Gagal Bawa Arema FC Menang

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya