5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Champions

Kemenangan telak City atas RB Leipzig sisakan fakta menarik

Finalis Liga Champions musim lalu, Manchester City, bertemu RB Leipzig di pekan pertama grup A Liga Champions musim 2021/2022. Pertandingan tersebut dihelat di kandang The Citizens, Etihad Stadium, Inggris, pada hari Kamis (16/09/2021) dini hari WIB.

Manchester City sukses menutup laga dengan kemenangan telak 6-3. Masing-masing gol City dicetak oleh Nathan Ake, Riyad Mahrez, Jack Grealish, Joao Cancelo, Gabriel Jesus, dan gol bunuh diri Nordi Mukiele. Sementara itu, ketiga gol RB Leipzig diborong oleh Christopher Nkunku.

Kemenangan telak Manchester City atas RB Leipzig juga menyisakan sejumlah fakta menarik. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Debut manis Jack Grealish di Liga Champions

5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Championspotret Jack Grealish (twitter.com/ManCity)

Laga ini menjadi laga debut pemain anyar Manchester City, Jack Grealish, di pentas Liga Champions. Spesialnya, ia mampu mengemas 1 gol dan 1assist. Secara total, Grealish kini sudah menyumbang 2 gol dan 2 assist dari 6 laga bersama Manchester City di semua ajang.

Capaian manis Grealish di laga debut Liga Champions juga menorehkan rekor baru. Ia mengikuti jejak Wayne Rooney sebagai pemain Inggris yang berhasil menciptakan gol dan assist di laga debut Liga Champions. Rooney sendiri melakukan hal tersebut pada 28 September 2004 melawan Fenerbahce.

2. Riyad Mahrez tampil tajam dalam lima laga terakhir Liga Champions

5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Championspotret Riyad Mahrez (telegraph.co.uk)

Riyad Mahrez juga menjadi salah satu penyumbang gol Manchester City di laga ini, tepatnya pada menit 45+2 melalui titik penalti. Itu merupakan gol ke-5 Mahrez dari 5 laga terakhir di Liga Champions. 

Catatan itu menunjukkan adanya peningkatan ketajaman dari pemain asal Aljazair tersebut. Pasalnya, Mahrez hanya bisa mencetak 4 gol dari 29 laga sebelumnya di Liga Champions.

Baca Juga: Diincar PSG, Manchester City Mempersilakan Riyad Mahrez Hengkang

3. Meski mencetak hattrick sia-sia, Christopher Nkunku berhasil menyamai catatan Lionel Messi

5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Championspotret Christopher Nkunku (twitter.com/RBLeipzig_EN)

RB Leipzig sejatinya memberi perlawanan sengit kepada Manchester City. Mereka sukses mencetak tiga gol yang sempat membuat skor menjadi 2-1, 3-2, dan 4-3. Sayangnya, Leipzig kecolongan dua gol lagi yang tak bisa dikejar. Christopher Nkunku merupakan sosok yang memborong tiga gol RB Leipzig.

Meski pada akhirnya Leipzig kalah, Nkunku patut berbangga karena menorehkan rekor baru. Pemain asal Prancis ini menjadi pemain RB Leipzig pertama yang mencetak hattrick di Liga Champions. Ia juga bersanding dengan Lionel Messi yang juga mengemas hattrick ke gawang City pada 16 Oktober 2016 silam.

4. Catatan istimewa Pep Guardiola dan Manchester City

5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Championspotret Pep Guardiola (twitter.com/ManCity)

Laga ini terasa begitu spesial bagi Pep Guardiola. Ia mencatatkan pertandingan ke-300 di semua kompetisi sebagai juru taktik The Citizens. Jika diakumulasi, laga ini juga merupakan laga ke-750 dalam karier kepelatihannya. Pep sukses meraih 547 kemenangan dengan 219 di antaranya diraih bersama City.

Bagi Manchester City sendiri, kemenangan ini juga membuat mereka menciptakan capaian anyar. The Citizens kini total telah mengantongi 50 kemenangan dalam 91 laga di ajang Liga Champions. City hanya kalah cepat dari Real Madrid yang bisa meraih 50 kemenangan dalam 88 laga.

5. Pertemuan pertama Manchester City dan RB Leipzig

5 Fakta Setelah Manchester City Libas RB Leipzig di Liga Championspotret laga Manchester City melawan RB Leipzig (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Manchester City dan RB Leipzig bisa dibilang sebagai dua tim yang belum memiliki sejarah panjang di Liga Champions. Meski sudah pernah sampai di final, City baru aktif berkiprah di kompetisi ini dalam satu dekade terakhir. Sementara itu, Leipzig yang baru terbentuk pada 2009 lalu juga baru berlaga dalam empat musim Liga Champions.

Untuk itu, Manchester City dan RB Leipzig baru pernah bertemu pada musim 2021/2022 ini. Mereka tergabung di grup A yang juga dihuni Paris Saint-Germain dan Club Brugge. City boleh saja berbangga atas kemenangan yang diraih. Namun, City harus mewaspadai kebangkitan Leipzig di pertemuan kedua nanti.  

Manchester City berhasil memulai kampanye mereka dengan mulus di Liga Champions musim ini usai melibas RB Leipzig dengan skor mencolok. Mampukah The Citizens menjaga tren apik dan Die Roten Bullen bangkit di pekan berikutnya?

Baca Juga: 5 Fakta Laga Manchester City versus RB Leipzig, Banjir Gol!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya