5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPL

London is Blue!

Duel bertajuk Derby London yang mempertemukan Arsenal dan Chelsea tersaji di pekan ke-2 English Premier League (EPL) musim 2021/2022. Laga panas ini digelar di Emirates Stadium, Inggris, pada Minggu malam WIB (22/08/2021).

Berstatus tim tamu, Chelsea mampu tampil dominan dan mengakhiri laga dengan skor 2-0. Gol pembuka dicetak oleh rekrutan anyar Chelsea, Romelu Lukaku, di menit ke-15. Reece James menggenapi kemenangan The Blues di menit ke-35. 

Laga adu gengsi dengan tensi tinggi ini juga menghadirkan sejumlah fakta menarik yang patut untuk disimak. Berikut 5 fakta menarik yang tersaji di laga tersebut.

1. Debut manis Romelu Lukaku

5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPLpotret Romelu Lukaku (twitter.com/ChelseaFC)

Baru saja dipulangkan dari Inter Milan, Romelu Lukaku melakoni debut untuk kedua kalinya bersama Chelsea di Premier League setelah sebelumnya terjadi pada 27 Agustus 2011. Jika diakumulasi, laga ini merupakan pertandingan ke-16 Lukaku bersama Chelsea di semua kompetisi.

Bermain penuh selama 90 menit, Lukaku tampil mengesankan dengan mencetak satu gol ke gawang Arsenal. Itu menjadi gol perdananya untuk Chelsea dan gol ke-114 di Premier League. Striker asal Belgia ini juga sukses menyalip jumlah gol Ian Wright dan kini berada di daftar 20 besar top skor dalam sejarah Premier League.

2. Reece James samai catatan Juan Mata

5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPLpotret Reece James (twitter.com/ChelseaFC)

Pemain Chelsea lainnya yang tampil tak kalah apik dari Romelu Lukaku adalah Reece James. Berperan sebagai gelandang sayap kanan, ia mampu mencatatkan 1 gol dan 1 assist

Dengan torehan tersebut, Reece James dicap sebagai pemain kedua Chelsea yang mampu mencetak gol dan assist di kandang Arsenal dalam pentas Premier League. Sebelumnya, ada Juan Mata yang menciptakan catatan serupa pada 29 September 2012. 

Baca Juga: Rekor Memalukan Arsenal Usai Terjebak di Zona Degradasi

3. Kekalahan ke-20 Mikel Arteta di Premier League

5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPLpotret pelatih Arsenal, Mikel Arteta (paininthearsenal.com)

Mikel Arteta menjadi salah satu sosok yang paling terpukul atas kekalahan yang diterima Arsenal. Ia berada dalam tekanan besar karena Arsenal kalah di dua laga awal. Tak hanya posisi timnya yang berbahaya, posisinya sebagai juru taktik The Gunners juga semakin memprihatinkan. 

Perlu diketahui, kekalahan dari Chelsea malam tadi merupakan kekalahan ke-20 dari 60 laga di Premier League yang dilalui Mikel Arteta bersama Arsenal. Catatan tersebut kalah jauh jika dibandingkan dengan torehan Arsene Wenger ketika melatih Arsenal. The Professor tak mencatatkan kekalahan ke-20 hingga pertandingan ke-116 di Premier League.

4. Kemenangan pertama Chelsea dalam lima laga terakhir kontra Arsenal

5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPLpotret para pemain Chelsea (twitter.com/premierleague)

Dengan kemenangan ini, Chelsea akhirnya mampu memutus tren negatif. Dari empat laga sebelumnya di semua ajang, The Blues tak pernah menang saat bertemu Arsenal dengan catatan 1 imbang dan 3 kalah. Bahkan, satu kekalahan di antaranya terjadi di final Piala FA musim 2019/2020 yang membuat Chelsea gagal juara.

Tak hanya itu, kemenangan ini juga membuat langkah Chelsea di awal musim ini berjalan lancar. Untuk sementara, The Blues bercokol di puncak klasemen Premier League dengan raihan 6 poin setelah di pekan pertama juga menang atas Crystal Palace. Gawang Chelsea hingga pekan kedua juga belum kebobolan. 

5. Arsenal sedang tidak baik-baik saja

5 Fakta Menarik Setelah Chelsea Permalukan Arsenal di Pekan ke-2 EPLpotret para pemain Arsenal saat diberi instruksi oleh sang pelatih, Mikel Arteta (paininthearsenal.com)

Berbanding terbalik dengan apa yang diraih Chelsea, nasib malang harus diterima Arsenal. The Gunners harus takluk di dua laga awal, bahkan tak mampu mencetak gol.

Ini merupakan kejadian pertama dalam 118 musim Arsenal berkiprah di empat kompetisi kasta tertinggi Inggris. Tak cukup sampai di situ, Arsenal juga menghuni zona degradasi di lebih dari satu pekan Premier League untuk pertama kalinya sejak Agustus 1992.

 

Itulah 5 fakta menarik yang terangkum setelah Chelsea permalukan Arsenal dalam duel bertajuk Derby London di pekan ke-2 Premier League musim 2021/2022. Kira-kira, mampukah Chelsea melanjutkan tren positif, dan Arsenal berhasil bangkit dari keterpurukan?

Baca Juga: Arsenal Dihajar Chelsea 0-2, T. Tuchel Puji Pemain

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya