Comscore Tracker

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020

Sejumlah rekor baru tercipta! 

Italia menjamu Turki di laga pembuka Piala Eropa 2020. Pertandingan yang mempertemukan dua tim dari grup A tersebut dihelat di Stadio Olimpico, Roma, Italia, pada 12 Juni 2021 dini hari. 

Italia begitu mendominasi dan sukses menutup laga dengan kemenangan telak 3-0. Gol perdana tercipta di menit ke-53 setelah bek Turki, Merih Demiral, salah mengantisipasi bola. Sementara dua gol lainnya, diciptakan oleh Ciro Immobile di menit ke-66 dan Lorenzo Insigne di menit ke-79. 

Kemenangan meyakinkan Italia dari Turki juga diiringi sejumlah fakta menarik. Apa saja fakta menarik yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Italia gagal mencetak gol di babak pertama

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020Pemain Italia, Lorenzo Insigne, sedang menguasai bola (twitter.com/azzurri)

Italia sejatinya telah memborbardir pertahanan Turki sejak babak pertama. Namun memang keberuntungan belum berpihak pada kubu Italia. Statistik di babak pertama menunjukkan penguasaan bola Italia mencapai 67%. Italia juga menciptakan 14 tembakan berbanding 0 tembakan dari Turki.

Perbandingan jumlah tembakan yang sangat mencolok membuat laga Italia kontra Turki menjadi laga di Piala Eropa dengan perbandingan tembakan terbesar di babak pertama sejak Piala Eropa 2004 yang menyajikan pertandingan Belanda dengan Latvia. Kala itu, Belanda menorehkan 16 tembakan berbanding 1 tembakan dari Latvia.

2. Gol pembuka Piala Eropa yang tak biasa

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020Gol bunuh diri bek Turki, Merih Demiral (twitter.com/Squawka)

Laga pembuka Piala Eropa 2020 diwarnai aksi gol bunuh diri dari bek Turki, Merih Demiral. Gol tersebut seolah menjadi pemompa semangat pasukan Roberto Mancini hingga berhasil mencetak dua gol tambahan. 

Selain membantu Italia dalam meraih kemenangan, gol bunuh diri dari Merih Demiral juga menuai catatan tersendiri. Untuk pertama kalinya dalam sejarah gelaran Piala Eropa, gol perdana turnamen tersebut tercipta melalui gol bunuh diri. 

Baca Juga: Susunan Pemain Turki Vs Italia, Partai Pembuka Piala Eropa

3. Tuah positif dari Stadio Olimpico bagi Italia

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020Stadio Olimpico, Roma, Italia (twitter.com/azzurri)

Italia seolah mendapat keberkahan tersendiri dari Stadio Olimpico. Termasuk laga kontra Turki, Gli Azzuri telah bermain di Olimpico sebanyak 9 kali baik di Piala Eropa maupun Piala Dunia. Hebatnya, Italia tak pernah kalah dengan catatan 7 menang dan 2 imbang.

Di sisi lain, laga yang dihelat di Stadio Olimpico dini hari tadi merupakan pertandingan ke-39 Italia di pentas Piala Eropa. Untuk pertama kalinya mereka berhasil mencetak tiga gol dalam satu laga. Sebuah modal bagus bagi Italia dalam mengarungi Piala Eropa 2020.

4. Nasib apes Turki di laga pembuka

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020Potret pemain Turki (twitter.com/EURO2020)

Turki harus menelan pil pahit setelah takluk dari Italia dengan skor telak 3-0. Kekalahan tersebut memperpanjang catatan buruk mereka di laga pembuka gelaran akbar, meliputi Piala Eropa Dan Piala Dunia.

Dari 7 laga pembuka yang dijalani, Turki tak pernah sekalipun menang. Tak cukup sampai di situ, kekalahan 3-0 yang diterima Turki juga merupakan kekalahan dengan margin terbesar di laga pembuka Piala Eropa.

5. Sejumlah pemain Italia catatkan rekor

5 Fakta Setelah Italia Bantai Turki di Laga Pembuka Piala Eropa 2020Ciro Immobile (twitter.com/azzurri)

Tak hanya membantu Italia meraih kemenangan, sejumlah pemain Italia juga menorehkan catatan tersendiri.

  • Berusia 22 tahun 106 hari, Gianluigi Donnarumma menjadi penjaga gawang termuda Italia yang pernah bermain di turnamen besar antarnegara, Piala Eropa dan Piala Dunia.
  • Ciro Immobile kini telah mencetak 14 gol bersama Italia. Catatan tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak bersama dengan Balotelli di antara para pemain aktif Italia lainnya.
  • Setelah pertandingan melawan Turki, Giorgio Chiellini resmi bermain di ajang Piala Eropa untuk keempat kalinya bersama Italia. Ia menyamai rekor Gianluigi Buffon dan Alessandro Del Piero.

 

Itulah sejumlah fakta menarik dan unik dalam laga pembuka Piala Eropa 2020 yang mempertemukan Italia Dan Turki. Kira-kira mampukah Italia menjaga tren apik dan Turki memperbaiki performanya?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Masuk Skuad Timnas Italia di Piala Eropa 2020

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya