Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?

Deretan penyerang jempolan, nih!

Europa League merupakan kompetisi antar klub paling bergengsi ke-dua di Eropa . Kompetisi tersebut mempertemukan klub-klub top Eropa perwakilan dari negaranya masing-masing. Meski satu level di bawah Liga Champions Eropa, tetapi persaingan di Europa League juga tak kalah seru.

Setiap musimnya juga selalu terdapat bintang baru yang lahir di ajang tersebut. Bahkan beberapa pemain di antaranya berhasil masuk dalam jajaran top skor di Europa League. Dari Henrik Larsson hingga Dieter Muller, inilah 5 pencetak gol terbanyak dalam sejarah Europa League. 

1. Henrik Larsson - 40 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?twitter.com/EuropaLeague

Selain Ibrahimovic, Swedia ternyata juga memiliki penyerang hebat sekelas Henrik Larsson. Ia berhasil merajai daftar top skor di Europa League dengan koleksi 40 gol. Catatan tersebut ditorehkan oleh Larsson dalam 58 laga bersama Celtic (31 laga), Feyenoord (19 laga), dan Helsingborgs IF (8 laga).

Meski memiliki catatan apik, sayangnya Larsson belum pernah mencicipi satu gelar pun di ajang Europa League. Kemudian sang striker memutuskan pensiun pada 2009 di usia 38 tahun. Saat ini, ia memiliki jabatan sebagai asisten pelatih Barcelona mendampingi Ronald Koeman.

2. Klaas Jan Huntelaar - 34 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?skysports.com

Klaas Jan Huntelaar merupakan salah satu striker jempolan asal Belanda. Ia berada di posisi dua dalam daftar top skor Europa League dengan torehan 34 gol. Gol sebanyak itu berhasil dilesatkan Huntelaar dalam 54 laga bersama SC Heerenveen (13 laga), Schalke (24 laga), dan Ajax (17 laga). 

Sama halnya dengan Henrik Larsson, Huntelaar juga belum pernah meraih gelar Europa League. Saat ini, ia masih aktif membela klub asal negaranya, Ajax Amsterdam. Kontraknya sendiri baru akan berakhir pada Juni 2021.

Baca Juga: Messi 700 Gol! Ini 5 Pemain Aktif dengan Torehan Gol Terbanyak

3. Radamel Falcao - 31 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?independent.co.uk

Jika dua pemain sebelumnya berasal dari Benua Eropa, pemain yang satu ini berasal dari Benua Amerika. Ia adalah Radamel Falcao, striker top berkebangsaan Colombia. Falcao berhasil mencetak 31 gol di ajang Europa League. Catatan gol tersebut ia torehkan dalam 33 laga bersama Atletico Madrid (17 laga) dan FC Porto (16 laga).

Tercatat, Falcao juga pernah meraih gelar Europa League sebanyak dua kali bersama FC Porto di musim 2010/11 dan Atletico Madrid di musim 2011/12. Saat ini eks bintang Manchester United tersebut tengah aktif membela klub Turki, Galatasaray. Falcao dikontrak hingga Juni 2022.

4. Aritz Aduriz - 31 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?90min.com

Selanjutnya terdapat nama Aritz Aduriz, striker top asal Spanyol. Ia sukses menyarangkan 31 gol di Europa League. Torehan tersebut diciptakan oleh Aduriz dalam 47 laga bersama Athletic Bilbao (41 laga) dan Valencia (6 laga). Meski tampil impresif, namun Aduriz belum pernah merasakan gelar juara Europa League.

Dalam kariernya, ia dikenal sebagai pemain yang begitu loyal dengan Athletic Bilbao. Sebagian besar kariernya dihabiskan bersama salah satu klub Spanyol tersebut. Akhirnya, Aduriz memutuskan gantung sepatu pada Mei 2020 di usia 39 tahun.

5. Dieter Muller - 29 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?sportige.com

Melengkapi lima besar ditempati oleh Dieter Muller, striker hebat asal Jerman. Ia berhasil mencetak 29 di kompetisi Europa League. Catatan itu diciptakan Muller dalam 36 laga bersama FC Koln (31 laga), Bordeaux (3 laga), dan VfB Stuttgart (2 laga).

Sayangnya, ia juga senasib dengan Larsson, Huntelaar, dan Aduriz yang tak pernah merasakan gelar Europa League. Dieter Muller memutuskan pensiun pada Juli 1990 di usia 36 tahun. FC Koln menjadi klub terlama yang pernah dibela olehnya.

Itulah 5 pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Europa League. Patut kita nantikan siapa yang mampu melampaui catatan dari kelima pemain di atas!

Baca Juga: 10 Bek dengan Gol Terbanyak Sepanjang Masa, Termasuk Sergio Ramos!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya