Comscore Tracker

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala Dunia

Spanyol baru saja dikalahkan Jepang di Piala Dunia 2022

Timnas Spanyol menutup laga di grup E Piala Dunia 2022 dengan kekalahan. Secara mengejutkan, mereka takluk dari Jepang dengan skor 2-1. Spanyol sejatinya sempat unggul di babak pertama, tapi Jepang mampu membalikkan keadaan di babak kedua. 

Kendati menelan kekalahan, Spanyol tetap lolos ke babak 16 besar. La Furia Roja berstatus runner-up grup E dengan torehan empat poin terpaut dua poin dari pemuncak klasemen, Jepang. 

Termasuk kekalahan dari Jepang, masih ingatkah kamu mengenai lima kekalahan terakhir Spanyol di Piala Dunia? Yuk, sama-sama kita ingat melalui ulasan artikel berikut ini! 

1. Spanyol 0-1 Swiss (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan) 

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala DuniaSpanyol bertemu Swiss di Piala Dunia 2010 (fifa.com)

Spanyol berhasil menjadi juara Piala Dunia 2010. Meski demikian, bukan berarti mereka tak mengalami kekalahan dalam perjalanan menuju gelar juara. 

Spanyol sempat kalah dari Swiss 1-0 pada matchday pertama grup H. Gelson Fernandes menjadi bintang kemenangan Swiss di laga tersebut. 

2. Spanyol 1-5 Belanda (Piala Dunia 2014 Brasil) 

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala DuniaSpanyol melawan Belanda di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Spanyol tampil di Piala Dunia 2014 dengan status juara bertahan. Namun, mereka justru dibantai Belanda dengan skor 5-1 pada laga pembuka grup B. 

Spanyol sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Xabi Alonso. Belanda kemudian bangkit dengan membalas lima gol. Robin van Persie dan Arjen Robben masing-masing mencetak brace. Sedangkan satu gol Belanda lainnya diciptakan oleh Stefan de Vrij. 

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir Timnas Spanyol di Piala Dunia, Ada Del Bosque!

3. Spanyol 0-2 Chile (Piala Dunia 2014 Brasil) 

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala DuniaSpanyol berjumpa Chile di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Selain Belanda, Chile juga berhasil memperdaya sang juara bertahan, Spanyol, pada Piala Dunia 2014. Bertemu di matchday kedua grup B, Chile menghabisi Spanyol dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Chile dikemas oleh Eduardo Vargas dan Charles Aranguiz. 

Kekalahan dari Chile tersebut membuat langkah Spanyol dipastikan terhenti di babak grup. Kemenangan 3-0 yang diraih La Furia Roja atas Australia di laga pamungkas grup B pun seolah tak berarti apa-apa. 

4. Spanyol 4-5 Rusia (Piala Dunia 2018 Rusia) 

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala DuniaSpanyol berhadapan dengan Rusia di Piala Dunia 2018 (fifa.com)

Pada Piala Dunia 2018, Spanyol tak terkalahkan di fase grup. Mereka berhasil menyabet status juara grup B di atas Portugal, Iran, dan Maroko. La Furia Roja melenggang ke 16 besar dan mendapat lawan sang tuan rumah, Rusia. 

Pada babak inilah ajal Spanyol di Piala Dunia 2018 tiba. Mereka harus kalah dramatis melalui adu penalti dengan skor 5-4.

Pada waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1. Gol Spanyol lahir berkat kesalahan dari Sergey Ignashevich. Sementara itu, gol penyama kedudukan Rusia dicetak oleh Artem Dzyuba. 

5. Spanyol 1-2 Jepang (Piala Dunia 2022 Qatar) 

5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala DuniaSpanyol bertemu Jepang di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pada Piala Dunia 2022, giliran Jepang yang menjadi batu sandungan Spanyol. La Furia Roja harus menyerah dari Jepang dengan skor 2-1 pada laga terakhir grup E.

Spanyol sejatinya tampil lebih dominan ketimbang Jepang. Mereka pun berhasil unggul 1-0 di babak pertama berkat gol Alvaro Morata.

Namun, semangat juang tinggi dari Jepang berbuah dua gol yang membalikkan keadaan di babak kedua. Dua gol Jepang tersebut dicetak oleh Ritsu Doan dan Ao Tanaka.

Untungnya, pada saat yang bersamaan Kosta Rika keok dari Jerman. Dengan begitu, Spanyol masih bisa lolos ke 16 besar mendampingi Jepang dengan hanya unggul selisih gol atas Jerman. 

 

Kekalahan dari Jepang tentu harus dijadikan pelajaran bagi Spanyol. Mereka harus lebih siap dalam menatap babak 16 besar, agar kegagalan pada Piala Dunia sebelumnya tidak terulang kembali dan mampu melaju hingga juara. 

Baca Juga: Para Pemain Barcelona yang Bela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya