Comscore Tracker

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Tunisia baru saja kalahkan Prancis

Timnas Tunisia berhasil meraih kemenangan di laga pamungkas grup D Piala Dunia 2022 pada Rabu (30/11/2022). Secara mengejutkan, Tunisia sukses menumpas juara bertahan, Prancis, dengan skor 1-0.

Meski menang, Tunisia tak bisa tersenyum lebar mengingat mereka tetap gagal melaju ke babak 16 besar. Tunisia harus puas duduk di posisi tiga kalah poin dari Prancis dan Australia. 

Kegagalan Tunisia di Piala Dunia 2022 tak semuanya menyisakan catatan buruk. Setidaknya, kemenangan atas Prancis menambah catatan kemenangan mereka di Piala Dunia. Tercatat Tunisia pernah menang tiga kali di Piala Dunia. Berikut ulasannya. 

1. Tunisia 3-1 Meksiko (Piala Dunia 1978 Argentina) 

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala DuniaTimnas Tunisia di Piala Dunia 1978 Argentina (fifa.com)

Tunisia pertama kali ikut Piala Dunia pada Piala Dunia 1978 di Argentina. Waktu itu mereka tergabung di grup 2 bersama Polandia, Jerman, dan Meksiko.

Sebagai tim debutan, Tunisia langsung tampil ganas di matchday perdana. Berhadapan dengan Meksiko, Tunisia mampu menang dengan skor 3-1. Ketiga gol kemenangan Tunisia dicetak oleh Ali Kaabi, Nejib Ghommidh, dan Mokhtar Dhouib. 

Sayangnya, pada dua laga selanjutnya Tunisia kalah dari Polandia dan imbang melawan Jerman. Alhasil, Tunisia gagal lolos dari grup 2 dengan finish di posisi tiga.

2. Tunisia 2-1 Panama (Piala Dunia 2018 Rusia) 

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala DuniaTimnas Tunisia di Piala Dunia 2018 Rusia (fifa.com)

Harus menunggu waktu yang begitu lama bagi Tunisia untuk bisa kembali meraih kemenangan di Piala Dunia. Kemenangan kedua baru bisa diraih pada Piala Dunia 2018 menghadapi Panama. 

Tunisia bentrok dengan Panama pada matchday ketiga grup G. Kala itu, status kedua tim sejatinya sudah dipastikan tersingkir dari babak grup karena kalah saing dengan Belgia dan Inggris. 

Tunisia tak ingin pulang dengan tangan kosong. Mereka berhasil menang 2-1 atas Panama melalui gol dari Fakhreddine Ben Youssef dan Wahbi Khazri. Berkat kemenangan tersebut, Tunisia setidaknya tidak menjadi juru kunci grup G.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Tunisia Hajar Prancis, Griezmann Spesial

3. Tunisia 1-0 Prancis (Piala Dunia 2022 Qatar) 

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala DuniaTunisia bertemu Prancis di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Wahbi Khazri kembali mencatatkan namanya di papan skor pada Piala Dunia 2022. Striker berumur 31 tahun ini mencetak gol semata wayang kemenangan Tunisia atas Prancis pada matchday ketiga grup D. 

Kemenangan ketiga Tunisia di Piala Dunia ini terasa spesial karena yang dikalahkan adalah sang juara bertahan, Prancis. Di sisi lain, kemenangan ini juga seolah tak berarti karena pada akhirnya Tunisia gagal lolos dari fase grup.

4. Perjalanan singkat Tunisia di Piala Dunia 2022

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala DuniaTunisia berjumpa Denmark di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Tunisia harus bersaing dengan Prancis, Denmark, dan Australia di grup D. Sejak awal, Tunisia sudah diprediksi akan mengalami kesulitan. Sebagian besar orang cenderung lebih menjagokan Prancis dan Denmark untuk lolos ke babak selanjutnya. 

Tunisia melakoni laga perdana menghadapi Denmark. Hasilnya tak begitu buruk karena mereka meraih satu poin setelah bermain imbang 0-0. Nasib apes kemudian menimpa Tunisia di matchday kedua dengan kalah 1-0 dari Australia. 

Tunisia sejatinya masih memiliki kesempatan lolos di laga terakhir. Mereka pun tampil habis-habisan hingga mampu mengalahkan Prancis 1-0. Sayangnya, di saat yang bersamaan Australia juga menang atas Denmark 1-0. Alhasil, Tunisia harus puas menempati posisi tiga dengan koleksi empat poin, terpaut dua poin dari Prancis dan Australia.

5. Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia terbaik bagi Tunisia

3 Kemenangan yang Diraih Tunisia Sepanjang Sejarah Piala DuniaWahbi Khazri (twitter.com/FIFAWorldCup)

Dalam sejarah, Tunisia sudah berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak enam kali, yaitu Piala Dunia 1978, 1998, 2002, 2006, 2018, dan 2022. Mirisnya, langkah mereka selalu terhenti di babak grup. 

Meski sama-sama kandas di babak grup, Piala Dunia 2022 bisa dibilang yang terbaik bagi Tunisia. Mereka mengoleksi empat poin yang mana merupakan perolehan poin terbanyak Tunisia di Piala Dunia. Poin serupa sejatinya juga pernah diraih di Piala Dunia 1978. 

Hal yang membuat Piala Dunia 2022 lebih baik ketimbang Piala Dunia 1978 adalah kesuksesan Tunisia mengalahkan juara bertahan, Prancis. Kemenangan tersebut setidaknya bisa sedikit mengobati kegagalan mereka melaju ke babak 16 besar.

 

Tunisia belum bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka harus rela pulang lebih cepat meski berhasil mengalahkan juara bertahan, Prancis. Mampukah Tunisia lolos ke Piala Dunia selanjutnya dan mendulang kemenangan demi kemenangan lainnya?

Baca Juga: Kalahkan Prancis, Tunisia Gugur dari Piala Dunia 2022 Penuh Bangga

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya