5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!

Erling Haaland pindah ke Manchester City

Erling Haaland menjadi pusat perhatian pada bursa transfer musim panas 2022. Setelah banyak klub menginginkan jasanya, ia akhirnya memilih merapat ke Manchester City.

Menjadi komoditas panas, Haaland diboyong The Cityzens dengan harga yang tak murah, yakni 60 juta euro (Rp929 miliar). Bomber berusia 21 ini pun memecahkan rekor transfer termahal pemain Norwegia.

1. Erling Haaland (60 juta euro)

5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!Erling Haaland (twitter.com/ManCity)

Dana 60 juta euro atau Rp929 miliar yang dikeluarkan Manchester City untuk menebus Erling Haaland dari Borussia Dortmund sukses membuat catatan anyar. Kini, Haaland menyandang pemain Norwegia dengan nilai transfer termahal dalam sejarah.

Harga setinggi itu dinilai cocok dengan kualitas yang dimiliki Haaland. Sebagai seorang striker yang baru berusia 21 tahun, ia sudah berhasil unjuk ketajaman dengan mencetak banyak gol. Haaland sendiri terikat kontrak dengan Manchester City hingga Juni 2027.

2. Martin Odegaard (35 juta euro)

5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!Martin Odegaard (twitter.com/Arsenal)

Martin Odegaard sempat merajai daftar pemain Norwegia dengan nilai transfer termahal. Ia mencatatkan mahar transfer 35 juta euro atau Rp542 miliar saat diboyong Arsenal dari Real Madrid pada 2021/2022.

Sebelum dipermanenkan, Odegaard berstatus pemain pinjaman di Arsenal selama setengah musim. Secara keseluruhan, performa gelandang serang berusia 23 tahun ini cukup memuaskan dengan mencetak 9 gol dan 7 assist. Odegaard memiliki masa bakti dengan Arsenal hingga Juni 2025.

Baca Juga: Adu Statistik Erling Haaland vs Darwin Nunez, Siapa Paling Tajam?

3. Sander Berge (23 juta euro)

5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!Sander Berge (twitter.com/SheffieldUnited)

Sander Berge merupakan seorang gelandang bertahan Norwegia yang kini aktif membela Sheffield United. Ia didatangkan klub tersebut dari KRC Genk pada Januari 2020 dengan banderol 23 juta euro atau Rp356 miliar.

Sebagai seorang gelandang bertahan, Sander Berge tampil cukup apik dengan mencetak 8 gol dan 6 assist. Namun, ia gagal membawa timnya bertahan di Premier League pada 2020/2021 lalu. Gelandang berusia 24 tahun ini masih setia membela Sheffield United dengan durasi kontrak hingga Juni 2024.

4. Alexander Sorloth (20 juta euro)

5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!Alexander Sorloth (twitter.com/Squawka)

Dengan mahar transfer 20 juta euro atau Rp309 miliar, Alexander Sorloth menduduki posisi empat. Nilai transfer tersebut dikeluarkan RB Leipzig ketika merekrutnya dari Crystal Palace pada 2020/2021.

Sayangnya, Sorloth belum bisa tampil maksimal dengan baru mengoleksi enam gol pada musim perdananya. Hal itu membuatnya dipinjamkan ke Real Sociedad pada musim berikutnya. Striker berusia 26 tahun ini sekarang sudah kembali ke RB Leipzig dan memiliki kesempatan untuk membuktikan ketajamannya.

5. Erling Haaland (20 juta euro)

5 Kepindahan Pemain Norwegia dengan Harga Termahal, Haaland Rajanya!Erling Haaland di Borussia Dortmund (twitter.com/BVBBuzz)

Sebelum memecahkan rekor transfer pemain Norwegia, Haaland juga pernah mencatatkan nilai transfer mahal saat bergabung dengan Borussia Dortmund. Die Borussen harus membayar dana 20 juta euro atau Rp309 miliar untuk RB Salzburg pada Januari 2020.

Perekrutan Erling Haaland merupakan salah satu langkah transfer paling sukses yang pernah dilakukan Borussia Dortmund. Sang pemain mampu bersinar dengan mengemas 83 gol dan 19 assist dalam kurun waktu 2,5 musim.

Jika diamati, kelima transfer pemain Norwegia di atas terjadi dalam 4 musim terakhir. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan kualitas pemain asal Norwegia. Bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan ada pemain Norwegia lainnya yang mencatatkan nilai transfer fantastis.

Baca Juga: 5 Penyerang Termahal yang Dilepas oleh Borussia Dortmund, Ada Haaland!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya