5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!

Dari Casillas hingga Oliver Kahn

Kiper memiliki peran yang begitu penting dalam sebuah tim. Ia menjadi palang pintu terakhir untuk bisa menjaga timnya dari kebobolan. Berlatih dengan giat dan memiliki mental yang kuat merupakan fondasi utama untuk bisa menjaga kiper hebat. Layaknya kiper-kiper top dunia, pastinya mereka sudah teruji kualitas dan mentalnya.

Bermain di liga domestik mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi seorang kiper, khususnya di liga-liga top Eropa. Namun, beda halnya ketika tampil di ajang yang lebih bergengsi seperti Liga Champions Eropa. Tentunya, tensi dan atmosfer pertandingan juga jauh lebih tinggi. Meski demikian, tampaknya hal itu tak berlaku bagi beberapa kiper berikut ini. Mereka dipercaya tampil oleh timnya bahkan hingga mencatatkan ratusan caps. Lalu, siapa sajakah mereka?

1. Iker Casillas - 181 penampilan

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!uefa.com

Iker Casillas merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah ada. Kariernya cukup mentereng baik bersama klub maupun timnas Spanyol. Ia menjadi kiper sekaligus pemain dengan penampilan terbanyak di ajang Liga Champions Eropa. Casillas tercatat bermain dalam 181 laga dengan rincian 152 laga bersama Real Madrid dan 29 laga bersama FC Porto.

Dari penampilan sebanyak itu, Casillas menorehkan 203 kebobolan dan 61 clean sheet. Ia juga pernah merasakan gelar Liga Champions Eropa sebanyak tiga kali bersama Real Madrid. Saat ini, pencinta sepak bola tak bisa lagi menyaksikan aksi Casillas di lapangan hijau usai dirinya memutuskan pensiun pada awal Agustus 2020.

2. Gianluigi Buffon - 131 penampilan

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!marca.com

Gianluigi Buffon juga menjadi salah satu kiper hebat dalam sejarah sepak bola. Ia menjadi kiper dengan penampilan terbanyak ke-dua di Liga Champions Eropa, yakni sebanyak 131 penampilan. Dengan rincian 116 laga bersama Juventus, 10 laga bersama Parma, dan 5 laga bersama PSG. 

Dari 131 laga, Buffon mencatatkan 125 kebobolan dan 55 clean sheet. Tentunya catatan tersebut terbilang cukup apik bagi kiper asal Italia tersebut di pentas sekelas Liga Champions Eropa. Sayangnya, ia belum pernah sekalipun meraih gelar di ajang tersebut. Di usianya yang telah menginjak 42 tahun, Buffon masih aktif sebagai kiper Juventus hingga Juni 2021.

Baca Juga: 5 Kiper Tertua yang Tampil di Liga Champions Sepanjang Masa, Veteran!

3. Manuel Neuer - 113 penampilan

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!90min.com

Kiper ke-tiga dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa adalah Manuel Neuer. Kiper top asal Jerman tersebut berhasil mencatatkan 113 penampilan dengan rincian 91 laga bersama Bayern Munchen dan 22 laga bersama Schalke. Dari 113 yang dijalani, Neuer mengemas 105 kebobolan dan 46 clean sheet.

Musim ini, Neuer benar-benar tampil sangat mengesankan di bawah mistar gawang Bayern Munchen. Ia berhasil membawa Munchen merengkuh trofi Liga Champions Eropa untuk ke-enam kalinya dalam sejarah. Bagi Neuer sendiri, itu merupakan trofi Liga Champions Eropa ke-dua dalam kariernya. Ia akan terus berseragam The Bayern hingga Juni 2023.

4. Peter Cech - 111 penampilan

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!mirror.co.uk

Peter Cech juga tak kalah familier dari ketiga kiper sebelumnya. Ia menjadi kiper dengan penampilan terbanyak ke-empat di Liga Champions Eropa sebanyak 111 penampilan. Dengan rincian 94 laga bersama Chelsea, 12 laga bersama AC Sparta Praha, dan 5 laga bersama Arsenal.

Dari 111 laga yang dilakoni, Cech menorehkan 103 kebobolan dan 49 clean sheet. Kiper top asal Republik Ceko tersebut tercatat pernah sekali meraih trofi Liga Champions Eropa. Capaian tersebut didapat Cech di musim 2011/12 bersama Chelsea. Saat ini ia sudah tidak lagi menjadi kiper setelah memutuskan pensiun pada Juli 2019.

5. Oliver Kahn - 107 penampilan

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa, Andalan!fcbayern.com

Sebelum keempat kiper sebelumnya mencuat, dunia sepak bola telah memiliki Oliver Kahn. Ia merupakan kiper legendaris Jerman dan Bayern Munchen. Kahn menjadi kiper dengan penampilan terbanyak ke-lima di Liga Champions Eropa. Ia berhasil mencatatkan 107 penampilan bersama Bayern Munchen. 

Dari laga sebanyak itu, Kahn mengukir catatan 104 kebobolan dan 36 clean sheet. Ia juga pernah satu kali mencicipi gelar Liga Champions Eropa di musim 2000/01 bersama Bayern Munchen. Oliver Kahn mengakhiri kariernya di dunia sepak bola pada Juli 2008.

Itulah 5 kiper dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa. Kira-kira, akankah ada kiper lain yang mampu melewati catatan mereka?

Baca Juga: 5 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di Premier League, Bersejarah!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya