5 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di Premier League, Bersejarah!

Ada yang berhasil catatkan rekor dunia! 

Dalam permainan sepakbola, posisi kiper alias penjaga gawang bisa dibilang sebagai posisi yang terunik. Ia adalah satu-satunya pemain dalam sebuah tim yang boleh menangkap bola dengan tangannya. Tugasnya pun sangat spesifik, yaitu berdiri di depan gawang untuk mencegah gawang timnya kebobolan.

Karena itulah, kita sangat jarang melihat seorang kiper maju meninggalkan gawangnya, apalagi berusaha menyerang dan mencetak gol. Tapi ternyata ada beberapa kiper yang pernah sukses mencatatkan namanya di papan skor. Dari ajang Premier League Inggris, inilah 5 kiper yang tercatat pernah mencetak gol dalam sebuah pertandingan. Siapa saja mereka?

1. Peter Schmeichel 

https://www.youtube.com/embed/9YRNJV5RL5A

Pencinta Premier League pasti kenal betul dengan kiper legendaris asal Denmark ini. Terutama para fans Manchester United, karena Schmeichel pernah 8 musim membela MU dan tercatat sebagai kiper dengan jumlah clean sheet terbanyak untuk Setan Merah. Tapi selain kehebatannya di bawah mistar, tahukah kamu bahwa Schmeichel pernah mencetak 11 gol di sepanjang kariernya?

Itu termasuk satu gol yang ia ciptakan di Premier League. Tapi justru bukan untuk MU, melainkan untuk Aston Villa yang ia bela di musim 2001-02. Gol itu ia ciptakan dalam laga melawan Everton, yang sayangnya tidak bisa menyelamatkan Villa dari kekalahan. Schmeichel pun tercatat sebagai kiper pertama yang pernah mencetak gol di Liga Inggris era Premier League.

2. Brad Friedel 

https://www.youtube.com/embed/kZ4somm5_SA

Setelah Schmeichel, kiper kedua yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor ajang Premier League adalah Brad Friedel. Kiper asal Amerika Serikat itu mencetak gol untuk Blackburn Rovers di laga Premier League 2003-04 melawan Charlton Athletic. Prosesnya pun hampir sama dengan gol Schmeichel, yaitu berawal dari tendangan pojok di penghujung pertandingan.

Berkat gol Friedel, Blackburn yang tadinya tertinggal berhasil menyamakan kedudukan jadi 2-2. Namun uniknya, setelah itu Charlton mencetak gol lagi sehingga pada akhirnya Blackburn tetap kalah. Benar-benar penuh drama!

3. Paul Robinson 

https://www.youtube.com/embed/AjaIjhw--Lw

Kiper ketiga yang mencetak gol di Premier League adalah Paul Robinson. Itu terjadi di musim 2006-07 dimana ia membela Tottenham Hotspur. Namun tidak seperti Schmeichel dan Friedel, gol Robinson bisa dibilang tidak disengaja. Bermula dari tendangan bebas di wilayah sendiri, Robinson menendang bola sampai ke depan kotak penalti Watford.

Bola kemudian memantul di tanah dan melewati kepala Ben Foster, kiper Watford yang sama sekali gak menyangka hal itu akan terjadi. Gol tersebut membuat Spurs jadi unggul 2-1, dan gol tambahan di menit 85 memastikan The Lilywhites berhasil menyabet 3 poin.

Baca Juga: 10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21

4. Tim Howard 

https://www.youtube.com/embed/UPVZ5YAUry0

Brad Friedel ternyata bukan satu-satunya kiper asal Amerika Serikat yang pernah mencetak gol di Premier League. Tim Howard pun juga pernah melakukannya, dan itu terjadi pada laga melawan Bolton Wanderers di musim 2011-12. Yang luar biasa adalah jaraknya yang sangat jauh, karena Howard menendang bola dari kotak penaltinya sendiri!

Sepakan yang sebenarnya hanya bertujuan menyapu bola itu kemudian membuat bola memantul dan masuk ke gawang Bolton yang dijaga Adam Bogdan. Dikutip dari Give Me Sport, reaksi Howard setelah itu ternyata tidak terduga dan patut dipuji. Bukannya senang, Howard justru mengaku prihatin karena Bogdan harus kebobolan dengan cara yang memalukan itu. Respek!

5. Asmir Begovic 

https://www.youtube.com/embed/cMcmv0YlUYY

Nama kiper teranyar yang sukses mencetak gol di Premier League adalah Asmir Begovic. Kejadiannya pada tahun 2013, kala ia membela Stoke City melawan Southampton. Prosesnya mirip dengan gol Howard, tapi jauh lebih menakjubkan. Kenapa? Karena jarak sepakan Begovic yaitu 91,9 meter tercatat sebagai rekor gol terjauh yang pernah terjadi di pertandingan resmi!

Gak hanya itu, gol Begovic juga sangat unik karena terjadi di detik ke-13 setelah kick-off babak pertama! Meski pada akhirnya Stoke gagal menang karena Southampton berhasil membuat skor akhir jadi 1-1, tapi gol ajaib Begovic tetap dikenang sampai sekarang sebagai salah satu gol paling luar biasa sepanjang sejarah Premier League.

Itulah 5 kiper yang tercatat pernah mencetak gol di Premier League. Dari antara mereka, gol siapa yang membuatmu paling kagum?

Baca Juga: 3 Kiper Ini Jadi Pilihan Chelsea untuk Pengganti Kepa Arrizabalaga

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya