Comscore Tracker

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Korsel mampu mengalahkan Portugal di laga pamungkas

Korea Selatan secara mengejutkan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan torehan empat poin. Mereka melaju ke fase knockout dengan status runner-up menemani Portugal di Grup H.

Menariknya, kesuksesan itu diraih dengan cukup dramatis. Sempat dalam posisi kritis, Korea Selatan keluar dari lubang jarum dengan mengalahkan Portugal 2-1 dalam laga pamungkas, Sabtu (2/12/2022).

Korea Selatan pada akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar mengalahkan Uruguay. Jumlah poin dan selisih gol mereka sejatinya sama, tetapi skuad Taegeuk Warriors mengoleksi gol lebih banyak sehingga posisinya lebih baik ketimbang Uruguay. 

Kesuksesan Korea Selatan melaju ke babak 16 besar diraih dengan cara yang tidak mudah. Berikut rangkuman perjalanan dramatis lolosnya Korea Selatan ke 16 besar Piala Dunia 2022.

1. Ditahan imbang Uruguay di laga perdana

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022Korea Selatan berjumpa Uruguay di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Korea Selatan mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan hasil yang tidak maksimal. Bertemu Uruguay di grup H, Taegeuk Warriors harus puas berbagi poin setelah mengakhiri laga dengan skor 0-0.

Dalam laga ini, Korea Selatan total melepaskan tujuh tembakan percobaan. Sialnya, tak ada satupun yang tepat sasaran. Di sisi lain, Korea Selatan juga beruntung karena dua kali usaha Uruguay untuk mencetak gol mengenai tiang gawang. 

Baca Juga: Profil Hwang Hee Chan, Pahlawan Korea Selatan di Piala Dunia 2022

2. Tak bisa menahan kekuatan Ghana di laga kedua

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022Korea Selatan berhadapan dengan Ghana di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thekfa)

Alih-alih tampil lebih baik dari laga pertama, Korea Selatan justru harus keok di laga kedua grup H Piala Dunia 2022. Menghadapi Ghana, Son Heung Min dan kolega harus menyerah dengan skor 3-2.

Pada babak pertama, Korea Selatan kecolongan dua gol akibat aksi Mohammed Salisu dan Mohammed Kudus. Namun, dengan semangat pantang menyerah tim besutan Paulo Bento bisa menyamakan kedudukan 2-2 berkat brace dari Cho Gue Sung. 

Sayangnya, misi comeback Taegeuk Warriors harus kandas setelah Mohammed Kudus kembali mencetak gol untuk Ghana. Gol itu sekaligus mengunci kemenangan Ghana atas Korea Selatan 3-2.

Kekalahan Korea Selatan di laga ini juga diwarnai dengan kartu merah yang diberikan kepada sang pelatih, Paulo Bento. Ia melakukan protes keras kepada wasit setelah peluit tanda pertandingan selesai dibunyikan. 

3. Melawan kemustahilan dengan mengalahkan Portugal di laga penentuan

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022Korea Selatan berhasil mengalahkan Portugal di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Korea Selatan melakoni laga pamungkas di grup H Piala Dunia 2022 melawan tim unggulan, Portugal. Mereka tak begitu diunggulkan mengingat tekanan besar untuk bisa lolos ke fase selanjutnya. Selain itu, mereka datang tanpa pelatih kepalanya Paulo Bento yang terkena sanksi kartu merah.

Sang lawan sudah dipastikan lolos ke 16 besar sebagai juara grup, coba menurunkan pemain pelapis. Di sisi lain, Korea Selatan menurunkan kekuatan utamanya untuk misi wajib menang melawan Selecao dan Quinas. 

Portugal yang lebih dijagokan untuk menang berhasil unggul cepat melalui Ricardo Horta. Gol tersebut membuat langkah Korea Selatan semakin berat. Namun, semangat juang tinggi dari pemain Korea Selatabn berbuah gol penyama kedudukan melalui Kim Young Gwon. Babak pertama ditutup dengan skor 1-1.

Korea Selatan terus berjuang di babak kedua untuk mencari gol kemenangan. Pada akhirnya, Hwang Hee Chan muncul sebagai pahlawan dengan mencetak gol di menit 90+1 yang berbuah kemenangan 2-1 dan memastikan satu tempat di 16 besar. 

Baca Juga: Cho Gue Sung, Pencetak Brace Pertama Korea Selatan di Piala Dunia

4. Korea Selatan patut berterima kasih kepada pemain-pemain ini

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022Son Heung Min di Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Keberhasilan Korea Selatan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tak lepas dari hasil kerja keras tim. Namun, ada sejumlah nama yang mencuri perhatian berkat peran vitalnya untuk Korea Selatan. 

Pemain-pemain yang dimaksud adalah Cho Gue Sung, Hwang Hee Chan, Lee Kang In, Kim Jin Su, Kim Young Gwon, dan Son Heung Min.

Cho Gue Sung bersinar karena mencetak dua gol ke gawang Ghana. Sementara itu, Kim Young Gwon dan Hwang Hee Chan berhasil membobol gawang Portugal. 

Ada pencetak gol, maka ada pula pencetak assist. Lee Kang In, Kim Jin Su, dan Son Heung Min, merupakan pemain yang berkontribusi penting bagi Korea Selatan dengan mencetak assist di setiap laga Piala Dunia 2022.

5. Ujian berat Korea Selatan di babak 16 besar

Lika-liku Perjalanan Korea Selatan ke 16 Besar Piala Dunia 2022Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022 (instagram.com/hm_son7)

Pada babak 16 besar nanti, Korea Selatan mendapat lawan berat,  yakni Brasil. Dengan skuad yang begitu mumpuni, Selecao sukses menjuarai grup G dan digadang-gadang bisa menjuarai Piala Dunia 2022.

Kendati begitu, tak ada alasan bagi Korea Selatan untuk menyerah begitu saja. Apa yang mereka lalui di babak grup bisa menjadi modal berharga. Tak hanya itu, keberhasilan mereka mencapai semifinal Piala Dunia 2002 juga bisa dijadikan motivasi tersendiri. 

Perjalanan Korea Selatan di Piala Dunia 2022 tentu diharapkan tak selesai begitu saja di babak 16 besar. Kisah dramatis kelolosan mereka ke 16 besar bisa jadi baru sepenggal kejutan yang diberikan Korea Selatan. Mampukah Korea Selatan mengakhiri kisah di Piala Dunia 2022 dengan manis? 

 

Baca Juga: Hajar Portugal, Korea Selatan Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya