5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?

Hanya ada satu pemain yang masih aktif

Manchester United dan Manchester City merupakan dua klub besar yang berasal dari Kota Manchester, Inggris. Jika kedua tim ini bertarung dalam laga bertajuk Derby Manchester, selalu menjadi pusat perhatian pencinta sepak bola di seluruh dunia. Terakhir bertemu dalam laga Premier League pekan 29.

Hal yang menjadi sorotan di setiap laga Derby Manchester adalah para pemain yang dimiliki kedua tim. Di antara banyaknya pemain tersebut, ada beberapa pemain dari masa ke masa yang pernah berseragam MU dan City atau disebut sebagai pengkhianat oleh para penggemar. Lalu siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya.

1. Peter Schmeichel

5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?thetimes.co.uk

Peter Schmeichel merupakan kiper terbaik di era Premier League. Dia bergabung bersama MU pada musim 1991/1992. Selama delapan musim membela MU, Peter berhasil menorehkan 5 gelar Premier League, 3 Piala FA, satu gelar Liga Champions, dan masih banyak gelar lainnya.

Dia hengkang ke dua tim sebelum berlabuh ke tim rival, yakni ke Sporting Lisbon pada musim 1999/2000 dan Aston Villa pada musim 2001/2002. Barulah di musim 2002/2003, Peter Schmeichel bermain untuk tim rival abadi MU, yakni Manchester City. Peter hanya bermain satu musim untuk The Citizens. Bersama City, dia sama sekali tak menorehkan gelar. Akhirnya, dia pensiun di Manchester City pada tahun 2003. 

2. Owen Hargreaves 

5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?90min.com

Owen bergabung bersama MU pada musim 2007/2008 menyusul kepindahannya dari Bayer Munchen. Dia bermain selama empat musim sebelum pindah ke Manchester City. Selama empat musim bersama MU, Owen sukses menorehkan 3 gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions.

Akhirnya, dia hengkang ke tim rival pada musim 2011/2012. Bersama City, Owen hanya menorehkan satu gelar Premier League. Pemain berposisi DMF, CMF, dan RMF ini tak menampilkan performa sebaik di MU. Owen menjadikan City sebagai tim terakhir yang dibelanya di sepanjang kariernya. Dia pensiun di usia 31 tahun tepatnya di musim 2012/2013. 

Baca Juga: 10 Klub dengan Skuat Termahal di Dunia: Manchester City Rajanya

3. Andy Cole

5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?football365.com

Andy Cole bergabung bersama MU di musim 1994/1995 setelah hengkang dari Newcastle United. Dia sukses memberikan 5 gelar Premier League, 2 gelar Piala FA, satu trofi Liga Champions, dan beberapa trofi lainnya untuk MU. Kemudian dia hengkang ke Blackburn Rovers dan Fulham sebelum pindah ke City. Andy Cole berseragam The Citizens di musim 2005/2006.

Selama semusim di City, Andy Cole tak mampu memberikan kontribusi besar kepada klubnya. Dia lalu pindah ke Portsmouth di musim 2006/2007 dan membela beberapa klub lainnya. Akhirnya, Andy Cole memutuskan untuk gantung sepatu di Nottingham Forest pada tahun 2008.

4. Andrey Kanchelskis

5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?thesefootballtimes.co

Andrey menjadi pemain terbaik di posisi tengah pada eranya. Dia bergabung bersama MU selama empat musim yaitu tahun 1991/1992. Dia sukses membawa MU meraih gelar Premier League dua kali, satu kali Piala FA, satu gelar UEFA Super Cup, dan beberapa gelar lainnya.

Kemudian dia hengkang ke Everton di musim 1995/1996 dan membela sejumlah klub lainnya sebelum berseragam Manchester City. Di musim 2000/2001, barulah Andrey Kanchelskis berlabuh ke Etihad Stadium. Namun, penampilan Andrey di City tak sesuai harapan. Hal itu membuat dia hanya bermain setengah musim untuk City. Selepas dari Manchester City, Andrey malang melintang ke banyak klub. Akhirnya, dia gantung sepatu di usia 38 tahun pada tahun 2007.

5. Carlos Tevez

5 Pemain Ini Pernah Berseragam Manchester United dan City, Siapa Saja?footyaccumulators.com

Carlos Tevez menjadi satu-satunya pemain yang pernah membela MU dan City yang saat ini masih aktif sebagai pesepak bola. Dua klub asal kota Manchester tak lepas dari bagian perjalanan kariernya. Tevez pernah bermain untuk MU di musim 2007/2008. Hanya dua musim membela MU, Tevez sukses membawa MU meraih gelar Premier League dua kali, satu trofi Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub serta beberapa trofi lainnya. 

Dia akhirnya berlabuh untuk Manchester City di musim 2009/2010. Tevez bermain selama empat musim untuk City sebelum akhirnya hengkang ke Juventus di musim 2013/2014. Selama empat musim tersebut, dia sukses membawa City juara Premier League satu kali, Piala FA satu kali, dan satu gelar English Super Cup . Di kariernya saat ini dia menjadi striker andalan klub asal Argentina, Boca Juniors.

Kira-kira adakah pemain lain yang akan menyusul mereka?

Baca Juga: Tevez Kembali ke Manchester United, Berbatov: Kenapa Tidak?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya