Comscore Tracker

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCL

Bagaimana kiprahnya?

Ajang UEFA Champions League (UCL) atau yang biasa disebut Liga Champions Eropa merupakan kompetisi paling bergengsi di Eropa. Para pemain top dari klub-klub terbaik di Eropa saling beradu skill di sana. Tak hanya para pemain, para pelatih juga menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam meracik strategi.

Dari deretan pelatih yang pernah mentas di Liga Champions, terdapat beberapa yang berhasil tampil dengan sejumlah klub yang berbeda. Sebut saja Carlo Ancelotti, ia pernah menukangi delapan tim berbeda di ajang Liga Champions. Termasuk Ancelotti, siapa sajakah pelatih dengan klub terbanyak yang pernah ditanganinya di pentas Liga Champions Eropa?

1. Carlo Ancelotti - 8 klub

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCLevertonfc.com

Sosok Carlo Ancelotti tentunya sudah begitu familier di dunia kepelatihan. Ia malang melintang menangani klub-klub top Eropa. Tak ayal, jika ia menyandang status sebagai pelatih dengan klub terbanyak yang pernah ditangani di Liga Champions Eropa. Sepanjang kariernya, Don Carlo pernah menukangi delapan klub di pentas Liga Champions.

Kedelapan klub yang dimaksud adalah Parma, Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid, Bayern Munchen, dan Napoli. Ia juga berhasil menorehkan tiga gelar bersama AC Milan (2002/03 & 2006/07) dan Real Madrid (2013/14). Saat ini, pelatih asal Italia tersebut aktif menukangi Everton dengan durasi kontrak hingga Juni 2024.

2. Ronald Koeman - 6 klub

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCLpremierleague.com

Ronald Koeman juga menjadi seorang pelatih yang pernah menangani banyak klub top Eropa. Pelatih asal Belanda tersebut memiliki kapasitas yang cukup mumpuni. Di ajang Liga Champions Eropa, ia pernah mendampingi enam klub berbeda.

Tiga di antaranya merupakan klub Eredivisie Belanda, yakni Ajax, PSV Eindhoven, dan AZ Alkmaar. Sementara tiga klub lainnya adalah Benfica, Valencia, dan Barcelona. Sayangnya, Koeman belum pernah menjunjung trofi Liga Champions. Namun, ia memiliki kesempatan untuk meraihnya karena masih terikat kontrak dengan Barca hingga Juni 2022.

3. Jose Mourinho - 6 klub

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCLthesportsrush.com

Pelatih kontroversial, Jose Mourinho, juga termasuk dalam jajaran pelatih dengan klub terbanyak yang pernah dilatihnya di Liga Champions Eropa. Ia pernah mendampingi FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United, dan klub yang sedang ditanganinya saat ini, Tottenham Hotspur.

Pelatih berjuluk the Special One tersebut pernah meraih trofi 'si kuping besar' sebanyak dua kali bersama FC Porto (2003/04) dan Inter Milan (2009/10). Atas pencapaiannya, Mourinho disebut-sebut sebagai salah satu pelatih tersukses di era modern bersanding dengan Carlo Ancelotti. Bersama Spurs, ia terikat kontrak hingga Juni 2023.

Baca Juga: 6 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Carlo Ancelotti Hingga Saat Ini

4. Rafael Benitez - 6 klub

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCLindependent.co.uk

Tak kalah hebat dari pelatih sebelumnya, Rafael Benitez juga menjadi salah satu pelatih terkemuka. Di pentas Liga Champions Eropa, ia pernah menangani enam klub berbeda. Enam klub tersebut yaitu Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli, dan Real Madrid. 

Tentunya, Benitez tak akan pernah melupakan momen luar biasa saat membawa Liverpool menjuarai Liga Champions di musim 2004/05.  Kala itu secara dramatis The Reds mampu menyamakan kedudukan setelah tertinggal tiga gol dari AC Milan. Kemudian mereka memastikan gelar juara melalui drama adu penalti. Saat ini, pelatih asal Spanyol tersebut menukangi klub China, Dalian Professional.

5. Claudio Ranieri - 6 klub

5 Pelatih Ini Menangani Klub Terbanyak yang Pentas UCLtheguardian.com

Claudio Ranieri melengkapi lima pelatih dengan klub terbanyak yang pernah ditanganinya di Liga Champions Eropa. Tercatat ia pernah berkiprah di pentas Liga Champions bersama Valencia, Chelsea, Juventus, AS Roma, Inter Milan, dan Leicester City.

Sayangnya, pelatih asal Italia tersebut gagal mempersembahkan gelar bagi klubnya. Namun, kualitas kepelatihan dari Ranieri tak bisa dipandang remeh. Saat ini pelatih berumur 69 tahun tersebut aktif melatih klub Serie A Italia, Sampdoria.

Lima pelatih di atas tentunya sudah kaya akan pengalaman dan memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Akankah ada pelatih yang mampu melampaui catatan Carlo Ancelotti?

Baca Juga: 5 Gelandang Paling Produktif Mencetak Gol, Andalan Para Pelatih 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya