Comscore Tracker

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021

Dari Antonio Conte hingga Andrea Pirlo

Bangku kepelatihan di kompetisi Serie A Italia musim 2020/21 mencuri perhatian banyak pihak. Hal yang disoroti adalah mengenai gaji yang diterima para pelatih klub Serie A. Antonio Conte menjadi pelatih dengan bayaran termahal di Serie A musim ini sebesar 12 juta euro per tahun. 

Namun, bayaran yang diterima oleh pelatih Inter Milan tersebut terpaut jauh dengan gaji para pelatih di Serie A lainnya. Kalian penasaran siapa sajakah pelatih klub Serie A dengan bayaran tertinggi di musim ini dan berapa nominalnya? Berikut daftarnya. 

1. Antonio Conte - 12 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021sempreinter.com

Antonio Conte menjadi pelatih dengan bayaran termahal di Serie A musim 2020/21. Pelatih Inter Milan tersebut mendapat bayaran sebesar 12 juta euro per tahun. Nilai setinggi itu tentunya layak diberikan kepada Conte.

Pasalnya, Inter mengalami peningkatan performa yang begitu signifikan sejak ditangani olehnya. Conte mulai melatih di musim lalu dan langsung membawa Nerazzurri menjadi runner-up di Europa League dan Serie A. Kontrak pelatih asal Italia tersebut masih tersisa hingga Juni 2022. 

2. Paulo Fonseca - 2,5 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021asroma.com

Selisih jauh dengan Conte, Paulo Fonseca menduduki posisi dua. Pelatih AS Roma tersebut menerima bayaran sebesar 2,5 juta euro per tahun. Pelatih asal Portugal tersebut telah menangani AS Roma sejak musim 2019/20. 

Namun, di bawah kepemimpinannya, tim asal ibukota Italia tersebut tak mampu bersaing di empat besar pada musim lalu. Alhasil, AS Roma harus absen di pentas Liga Champions musim ini. Fonseca masih terikat kontrak hingga Juni 2021. 

3. Gian Piero Gasperini - 2,2 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021goal.com

Gian Piero Gasperini bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik di Serie A saat ini. Mulai melatih Atalanta sejak musim 2016/17, secara perlahan ia mampu membawa timnya tampil memukau. Meski berstatus bukan tim unggulan, Atalanta berhasil tampil impresif dan mengejutkan.

Di musim lalu, Gasperini mampu mengantarkan anak asuhannya finish di posisi tiga Serie A dan tampil di babak 8 besar Liga Champions. Melihat prestasi yang ditorehkannya cukup gemilang, tak ayal jika ia mendapat bayaran semahal 2,2 juta euro per tahun. Pelatih asli Italia tersebut masih memiliki masa bakti hingga Juni 2022.

4. Simone Inzaghi - 2 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021repubblica.it

Pelatih Lazio, Simone Inzaghi, juga menjadi salah satu pelatih di Serie A dengan gaji tertinggi. Ia mendapatkan bayaran sebesar 2 juta euro per tahun. Ia telah melatih Lazio sejak musim 2016/17. Inzaghi memberikan dampak yang cukup apik bagi kemajuan timnya.

Di musim lalu, ia berhasil membawa Lazio meraih gelar Piala Super Italia dan finish di empat besar Serie A. Dengan demikian, tim elang ibukota Italia tersebut berhak tampil di Liga Champions musim ini. Pelatih berusia 44 tahun tersebut dikontrak oleh Lazio hingga Juni 2021. 

Baca Juga: Inter Milan Kembali Latihan, Conte Tak Diizinkan Masuk ke Lapangan

5. Stefano Pioli - 2 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021eurosport.com

Stefano Pioli masuk lima besar dalam jajaran pelatih di Serie A dengan bayaran termahal di musim ini. Pelatih AC Milan tersebut mendapat bayaran yang sama dengan Inzaghi, yakni sebesar 2 juta euro. Ia telah melatih Milan sejak musim lalu.

Di bawah kepemimpinannya, Rossoneri secara perlahan berhasil tampil gemilang tercatat sejak restart kompetisi pasca Corona di musim lalu. Ia mampu mengembalikan jati diri Milan sebagai tim kuat yang sulit ditaklukkan. Pioli diikat kontrak hingga Juni 2022. 

6. Sinisa Mihajlovic - 2 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021beinsports.com

Sinisa Mihajlovic menjadi salah satu pelatih yang cukup berpengalaman di Serie A. Pelatih yang saat ini menukangi Bologna tersebut juga mendapat bayaran yang cukup mahal. Ia bersanding dengan Inzaghi dan Pioli, yakni dengan bayaran senilai 2 juta euro per tahun. 

Pelatih asal Serbia tersebut telah melatih Bologna sejak pertengahan musim 2018/19. Namun, ia belum bisa berbuat banyak dan hanya mampu membawa timnya berkutat di papan tengah klasemen Serie A. Mihajlovic dikontrak hingga Juni 2023. 

7. Claudio Ranieri - 1,8 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021itasportpress.it

Claudio Ranieri berada di urutan ke-7 sebagai pelatih dengan bayaran termahal di Serie A. Melatih tim sekelas Sampdoria, ia digaji sebesar 1,8 juta euro per tahun. Mantan pelatih Leicester City tersebut telah menukangi Sampdoria sejak musim 2019/20. 

Namun, ia belum mampu mendongkrak performa timnya untuk bersaing di papan atas Serie A. Di musim lalu saja, Sampdoria finish di papan bawah klasemen dan hampir terdegradasi. Meski demikian, Ranieri masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki performa timnya dengan kontrak yang masih ada hingga Juni 2021.

8. Andrea Pirlo - 1,8 juta euro per tahun

8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021planetfootball.com

Pelatih debutan di Serie A musim ini, yaitu Andrea Pirlo, melengkapi delapan besar dalam jajaran pelatih dengan bayaran termahal di Serie A musim ini. Ia menerima bayaran sama dengan Ranieri sebesar 1,8 juta euro per tahun. 

Pirlo ditunjuk Juventus sebagai pelatih mereka menggantikan posisi Maurizio Sarri. Tentunya, sangat patut dinantikan kiprah Pirlo di dunia kepelatihan, khususnya bersama Juventus. Pelatih berusia 41 tahun tersebut memiliki masa jabatan hingga Juni 2022. 

Gimana nih, menurut kalian gaji yang diterima mereka apakah sesuai dengan kapasitasnya? Harapannya para pelatih klub di Serie A di atas bisa membawa anak asuhnya memenangi pertandingan.

Baca Juga: Pirlo Terpilih Jadi Pelatih Dambaan di Italia

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya