Comscore Tracker

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Ini

Siapa saja yang kamu tahu? 

Ghana menjadi salah satu negara dari benua Afrika dengan kekuatan sepak bola yang patut disegani. Banyak pemain terkemuka dari negara yang berada di wilayah Afrika Barat tersebut yang berkiprah di kompetisi top dunia, tak terkecuali Premier League.

Salah satu pemain Ghana yang sukses berkarier di Premier League adalah Michael Essien. Ia tampil begitu gemilang di lini tengah The Blues dan berhasil merengkuh banyak gelar.

Di musim 2020/2021 ini, ada enam pemain asal Ghana yang merumput di Premier League, lho. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya! 

1. Jeffrey Schlupp (Crystal Palace) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Inicpfc.co.uk

Jeffrey Schlupp merupakan pemain asal Ghana yang sudah berpengalaman di Premier League. Awalnya, ia membela Leicester City yang sukses promosi ke Premier League musim 2014/2015 dan bertahan selama dua setengah musim.

Pemain berposisi gelandang sayap tersebut menjadi bagian saat The Foxes menjuarai Premier League musim 2015/2016. Barulah sejak Januari 2017 hingga saat ini, Schlupp memperkuat Crystal Palace. Ia menjadi salah satu pemain yang diandalkan Palace di musim ini.

Secara keseluruhan, Schlupp telah bermain dalam 161 laga di Premier League dengan menciptakan 13 gol dan 12 assist. Pemain berusia 28 tahun tersebut terikat kontrak dengan Crystal Palace hingga Juni 2021.

2. Christian Atsu (Newcastle United) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Iniinstagram.com/chris_atsu

Christian Atsu merupakan pemain asal Ghana yang beroperasi sebagai seorang winger kiri. Saat ini, ia menjadi bagian di skuad Newcastle United. Sebelumnya, Atsu pernah direkrut Chelsea pada musim 2013/2014.

Namun, dalam kurun waktu empat musim, ia hanya dijadikan sebagai pemain pinjaman di klub lain. Klub yang pernah menjadi tempat berkariernya saat dipinjamkan Chelsea adalah Everton dan Newcastle.

Hingga akhirnya, Newcastle mempermanenkan Atsu pada musim 2017/2018. Secara total, ia telah tampil dalam 80 laga di Premier League dengan mencetak 3 gol dan 7 assist. Pemain berusia 29 tahun tersebut terikat kontrak dengan Newcastle hingga Juni 2021.

Baca Juga: 6 Pemain asal Afrika Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier League

3. Jordan Ayew (Crystal Palace) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Iniinstagram.com/jordanayew9

Tak hanya Jeffrey Schlupp, Jordan Ayew juga merupakan pemain asal Ghana yang saat ini membela Crystal Palace. Ia telah membela The Eagles sejak musim 2019/2020 setelah sebelumnya berstatus pemain pinjaman dari Swansea City selama semusim. 

Ayew sendiri memulai petualangannya di Premier League pada musim 2015/2016 dengan membela Aston Villa. Ia juga sempat berkarier bersama Swansea City.

Sampai detik ini, ia telah merumput dalam 157 laga di Premier dengan mengemas 26 gol dan 11 assist. Striker berusia 29 tahun tersebut masih memiliki masa bakti dengan Crystal Palace hingga Juni 2022.

4. Daniel Amartey (Leicester City) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Inileicestermercury.co.uk

Selanjutnya ada pemain berdarah Ghana berposisi gelandang bertahan, Daniel Amartey. Ia telah berkarier di Premier League sejak pertengahan musim 2015/2016 bersama Leicester City. Kala itu, Leicester mendatangkannya dari FC Copenhagen.

Di musim tersebut pula, Amartey sukses meraih gelar Premier League bersama The Foxes. Sayangnya, di musim ini ia mendapat menit bermain yang sedikit karena kalah saing dengan pemain Leicester lainnya.

Secara keseluruhan, Amartey telah diandalkan Leicester di Premier League dalam 73 laga dengan mencatatkan 1 gol dan 1 assist. Kontrak dari gelandang berusia 26 tahun tersebut baru akan berakhir pada Juni 2022.

5. Thomas Partey (Arsenal) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Iniskysports.com

Thomas Partey bisa dibilang sebagai pemain Ghana paling populer yang berkiprah di Premier League saat ini. Ia baru saja bergabung dengan Arsenal pada awal musim 2020/2021 usai diboyong dari Atletico Madrid. Berkat kualitas mumpuni yang dimiliki, Arsenal harus menebusnya dengan banderol €50 juta atau Rp850 miliar. 

Namun, ekspektasi tinggi yang diharapkan Arsenal pada diri Partey, tampaknya belum bisa terealisasi. Hal itu tak lepas dari performanya yang masih mengecewakan.

Ia baru dimainkan dalam 11 laga di Premier dengan hanya mencatatkan 1 assist. Meski demikian, gelandang bertahan berusia 27 tahun tersebut masih memiliki kesempatan untuk berbenah karena terikat kontrak hingga Juni 2025.

6. Mohammed Salisu (Southampton) 

6 Pemain asal Ghana yang Berkarier di Premier League Saat Iniinstagram.com/salisu_sarki

Pemain berpaspor Ghana terakhir yang saat ini berkarier di Premier League adalah Mohammed Salisu. Sama halnya dengan Partey, ia juga baru bergabung dengan Southampton pada awal musim 2020/2021 setelah direkrut dari Real Valladolid.

Sayangnya, Salisu belum berhasil menembus skuat utama Southampton sebagai seorang bek tengah. Ia hanya baru sekali mencatatkan penampilan di Premier League musim ini. Pemain yang masih berusia 21 tahun tersebut terikat kontrak hingga Juni 2024.

 

Menurut kalian, siapa pemain Ghana yang paling tampil mengesankan di Premier League musim ini? 

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya