5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Prancis

Siapa memimpin?

Ligue 1 Prancis merupakan kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Prancis yang menjadi salah satu destinasi para pesepak bola dunia, termasuk Asia. Meski terlihat tak kompetitif karena adanya dominasi PSG, tetapi hal itu tak menyurutkan niat para pemain Asia untuk berkiprah di sana. 

Saat ini, terdapat sosok Hiroki Sakai, pemain asal Jepang yang berkarier bersama Olympique Marseille. Ia menjadi salah satu pemain Asia yang tampil apik dan memiliki catatan penampilan yang cukup banyak di Ligue 1 Prancis. Termasuk Sakai, siapa sajakah pemain Asia lainnya dengan penampilan terbanyak di Ligue 1 Prancis?

1. Daisuke Matsui - 148 penampilan 

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Pranciseurosport.com

Daisuke Matsui menjadi pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Ligue 1 Prancis. Pemain asal Jepang tersebut sukses mentas dalam 148 laga bersama Le Mans, Saint-Etienne, Grenoble, dan Dijon. Ia memulai kiprahnya di Ligue 1 Prancis dengan bergabung bersama Le Mans di musim 2004/05. Empat musim berselang, ia dipinang oleh Saint-Etienne. Bersama Saint-Etienne kiprahnya bertahan selama semusim.

Matsui kemudian hengkang ke Grenoble di musim 2009/10 dan mengabdi hingga musim 2010/11. Barulah ia memperkuat Dijon dalam kurun waktu semusim di musim 2011/12. Sayangnya, tak ada satu pun gelar yang mampu diraih oleh pemain berposisi gelandang sayap tersebut. Dari 148 laga yang dilakoni, ia mencetak 17 gol dan 25 assist. Di usianya yang saat ini menginjak 39 tahun, ia masih aktif berkarier bersama Yokohama FC.

2. Hiroki Sakai - 125 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Prancissoccersouls.com

Pemain Asia kedua dengan penampilan terbanyak di Ligue 1 Prancis adalah Hiroki Sakai. Ia sukses menciptakan 124 penampilan bersama Olympique Marseille. Pemain yang juga berdarah Jepang tersebut bergabung dengan Marseille di musim 2016/17.

Sakai bermain cukup impresif sebagai seorang bek kanan. Dari 124 penampilannya, ia berhasil menciptakan 1 gol dan 10 assist. Namun, ia tak pernah merasakan manisnya gelar selama berkarier bersama Marseille. Meski demikian, bek berusia 30 tahun tersebut memiliki peluang untuk meraihnya karena masih terikat kontrak hingga Juni 2022.

3. Park Chu-young - 91 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Prancisskysports.com

Selanjutnya terdapat sosok Park Chu-young, pemain Korea Selatan berposisi striker. Ia berhasil menorehkan 91 penampilan di Ligue 1 Prancis bersama AS Monaco. Mengawali karier bersama FC Seoul, ia kemudian pindah ke Monaco di musim 2008/09.

Tercatat, Chu-young mengabdi selama tiga musim di Stade Louis-II. Namun, ia juga memiliki nasib yang sama dengan kedua pemain sebelumnya dimana tak pernah merengkuh gelar. Dari 91 laga yang dimainkannya, ia sukses mengemas 25 gol dan 13 assist. Chu-young saat ini aktif membela klub lamanya, FC Seoul.

Baca Juga: 5 Pemain Asia Terbaik yang Berkarier di Eropa, Siapa Saja? 

4. Kwon Chang-hoon - 61 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Prancistaegukwarriors.com

Kwon Chang-hoon juga merupakan pemain berkebangsaan Korea Selatan. Ia menjadi pemain Asia keempat dengan penampilan terbanyak di Ligue 1 Prancis. Pemain berposisi winger kanan tersebut mencatatkan 61 penampilan bersama Dijon.

Chang-hoon merapat ke skuad Dijon di pertengahan musim 2016/17. Kiprahnya terbilang singkat karena hanya bertahan selama dua setengah musim. Tak ada gelar yang mampu ditorehkannya. Dari 61 laga yang dijalaninya, ia membukukan 13 gol dan 3 assist. Saat ini, winger berusia 26 tahun tersebut berkarier bersama Freiburg.

5. Suk Hyun-jun - 61 penampilan

5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Ligue 1 Prancisabonne.lunion.fr

Suk Hyun-jun melengkapi lima besar sebagai pemain Asia dengan penampilan terbanyak di Ligue 1 Prancis. Pemain berposisi striker asal Korea Selatan tersebut mencatatkan 61 penampilan bersama Troyes dan Stade Reims. Ia terlebih dahulu membela Troyes di musim 2017/18 sebagai pemain pinjaman dari FC Porto.

Sempat dipermanenkan di musim 2018/19, tetapi sebulan kemudian ia dilepas ke Stade Reims. Bersama Stade Reims, karier dari Hyun-jun juga berjalan singkat dimana hanya bertahan selama satu setengah musim. Dari 61 laga yang dimainkannya, ia mampu menorehkan 10 gol dan 1 assist. Saat ini striker berumur 29 tahun tersebut aktif membela Troyes yang berkompetisi di Ligue 2 Prancis.

Kelima pemain di atas menjadi bukti bahwa pemain yang berasal dari Asia juga mampu berkiprah di salah satu liga terbaik di dunia. Akankah ada pemain Asia lainnya yang menyusul mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya