6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum Terbaru

Bagaimana kiprah para pemain Belanda di PSG?

Menyambut musim 2021/2022, Paris Saint-Germain berusaha membenahi skuad dengan merekrut pemain baru. Mereka sudah berhasil menggaet Georginio Wijnaldum dari Liverpool secara gratis. Kehadirannya diharapkan bisa membuat lini tengah PSG makin solid.

Georginio Wijnaldum merupakan gelandang tengah top asal Belanda. Sebelum ia bergabung, PSG juga pernah menggunakan jasa pemain dari Negeri Kincir Angin lainnya. Tak usah berlama-lama, berikut kami sajikan 6 pemain berdarah Belanda yang pernah membela PSG termasuk Wijnaldum.

1. Kees Kist 

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruKees Kist (twitter.com/KlaasHa)

Kees Kist menjadi pemain Belanda pertama yang pernah berseragam PSG. Ia merupakan seorang striker yang aktif bermain di era '70-an hingga '80-an. Ia didatangkan Les Parisiens dari AZ Alkmaar pada musim 1982/1983. Kiprahnya hanya bertahan selama satu musim.

Performa yang ditampilkan Kees Kist di PSG tak sebagus saat membela AZ Alkmaar. Tercatat, ia diandalkan PSG dalam 38 laga di semua ajang dengan mencetak 13 gol dan 1 assist. Ia tak mampu mengantar PSG menjuarai Liga Prancis dan hanya meraih gelar French Cup. 

2. Pierre Vermeulen 

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruPierre Vermeulen (nos.nl)

Berselang dua musim sejak kepindahan Kees Kist, PSG kembali mendatangkan pemain Belanda. Waktu itu, Les Parisiens merekrut Pierre Vermeulen dari MVV Maastricht. Pemain yang berposisi winger kiri tersebut mengabdi untuk PSG selama dua musim.

Dalam kurun waktu tersebut, Vermeulen bermain dalam 51 laga di semua kompetisi. Sayangnya, ia gagal tampil tajam dengan hanya mengoleksi 1 gol dan 1 assist. Meski begitu, Vermeulen sukses mencicipi 1 gelar Liga Prancis.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Berpotensi Besar Gabung PSG di Musim Depan

3. Gregory van der Wiel

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruGregory van der Wiel (skysports.com)

Sepeninggal Pierre Vermeulen, PSG cukup lama tak menggunakan jasa pemain Belanda. Barulah pada musim 2012/2013 mereka menggaet Gregory van der Wiel dari Ajax Amsterdam. Ia merupakan seorang pemain yang beroperasi sebagai bek kanan.

Gregory terikat kontrak dengan PSG selama empat musim. Ia turun dalam 132 laga di semua ajang dengan membukukan 4 gol dan 22 assist. Gregory juga berhasil meraih 4 gelar Liga Prancis, 2 gelar French Cup, 3 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup. Bek berusia 33 tahun tersebut saat ini tak memiliki klub setelah terakhir kali memperkuat Toronto FC.

4. Mitchel Bakker 

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruMitchel Bakker (twitter.com/Ligue1_ENG)

Mitchel Bakker merupakan salah satu pemain Belanda yang kini aktif membela PSG. Ia sudah berada di Parc des Princes sejak musim 2019/2020 setelah direkrut dari Ajax U-21. Di musim perdananya, Bakker minim mendapat kesempatan bermain. Barulah di musim keduanya, ia mulai diandalkan sebagai bek kiri.

Secara keseluruhan, Bakker telah merumput dalam 45 laga di semua ajang dengan mengemas 2 assist. Ia juga sudah mencicipi 1 gelar Liga Prancis, 2 gelar French Cup, 1 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup. Bek berusia 21 tahun tersebut memiliki kontrak hingga Juni 2023.

5. Xavi Simons

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruXavi Simons (twitter.com/xavisimons)

Pemain Belanda yang satu ini merupakan jebolan akademi Barcelona. Xavi Simons kemudian bergabung dengan PSG U-19 pada musim 2019/2020. Ia baru akan berada di tim senior PSG pada musim 2021/2022. 

Simons memiliki posisi dominan sebagai gelandang tengah. Meski baru promosi di musim 2021/2022, ia sudah sempat tampil dalam 2 laga bersama PSG. Gelandang yang baru menginjak 18 tahun tersebut terikat kontrak hingga Juni 2022.

6. Georginio Wijnaldum 

6 Pemain asal Belanda yang Pernah Berseragam PSG, Wijnaldum TerbaruGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Kini giliran Georginio Wijnaldum pemain Belanda yang didatangkan PSG. Kualitasnya sebagai seorang gelandang tengah tak perlu diragukan lagi. Selama lima musim berseragam Liverpool, Wijnaldum tampil cemerlang hingga membawa The Reds berjaya.

PSG patut bersyukur karena mendapatkan gelandang kelas dunia secara cuma-cuma. Wijnaldum sendiri menandatangani kontrak hingga Juni 2024 atau selama tiga musim. Patut kita nantikan kiprah pemain berusia 30 tahun tersebut di Parc des Princes.

 

Itulah 6 pemain berdarah Belanda yang pernah berseragam PSG. Kira-kira siapa pemain Belanda selanjutnya yang bakal bergabung dengan PSG?

Baca Juga: 5 Gelandang yang Berpotensi Meninggalkan Liverpool setelah Wijnaldum

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya