Comscore Tracker

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier League

Edin Dzeko salah satunya

Bosnia-Herzegovina dulunya bukanlah sebuah negara dengan kualitas sepak bola yang menjanjikan. Kiprah negara yang berada di kawasan Balkan bagian Eropa Selatan tersebut baru mencuat dalam beberapa waktu terakhir. Puncaknya saat mereka tampil di Piala Dunia 2014.

Bosnia-Herzegovina juga telah berhasil mengorbitkan deretan pemain berkelas yang malang-melintang di kompetisi top Eropa, seperti Premier League. Tercatat sudah ada enam pemain dari Bosnia-Herzegovina yang pernah unjuk gigi di Premier League. Siapa sajakah pemain-pemain yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Muhamed Konjic

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueinstagram.com/playerhistory101

Pemain asal Bosnia-Herzegovina pertama yang pernah berkarier di Premier League adalah Muhamed Konjic. Ia didatangkan Coventry City dari AS Monaco pada pertengahan musim 1998/1999 dan bertahan selama lima setengah musim. 

Dalam kurun waktu tersebut, Konjic merasakan atmosfer Premier League dalam dua setengah musim saja. Sebagai seorang bek tengah, ia hanya bermain dalam 16 laga di Premier League. Pada musim 2004/2005, ia hengkang ke Derby County sebelum akhirnya pensiun di musim berikutnya.

2. Asmir Begovic

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya ada sosok penjaga gawang, Asmir Begovic. Bisa dibilang ia merupakan pemain Bosnia-Herzegovina paling berpengalaman di Premier League. Ia merumput di Premier League sejak musim 2007/2008 hingga musim 2018/2019.

Ada empat klub berbeda yang dibelanya, yakni Portsmouth, Stoke City, Chelsea, dan Bournemouth. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 252 laga di Premier League dengan menorehkan 63 clean sheet. Bahkan, Begovic juga pernah menciptakan satu gol saat membela Stoke City. 

Tak cukup sampai di situ, Begovic juga sukses meraih trofi Premier League musim 2016/2017 bersama Chelsea. Kiper berusia 33 tahun tersebut saat ini masih membela Bournemouth yang berkompetisi di Championship.

3. Edin Dzeko

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leaguemancity.com

Pemain Bosnia-Herzegovina yang satu ini tentu sudah begitu akrab di kalangan pencinta sepak bola. Ia adalah Edin Dzeko, striker top yang pernah berseragam Manchester City. Ia bergabung dengan The Citizens pada pertengahan musim 2010/2011 setelah direkrut dari Wolfsburg. 

Dzeko diandalkan Manchester City dalam 130 laga di Premier League dengan menciptakan 54 gol dan 24 assist. Ia juga berhasil merengkuh 2 gelar Premier League. Striker berusia 35 tahun tersebut lalu dipinjamkan ke AS Roma pada musim 2015/2016 dan dipermanenkan di musim berikutnya.

Baca Juga: 10 Pemain Bosnia-Herzegovina dengan Banderol Termahal Saat Ini

4. Muhamed Besic

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Berikutnya ada pemain Bosnia-Herzegovina yang berposisi gelandang bertahan, Muhamed Besic. Ia pernah berkarier di Premier League bersama Everton dan Sheffield United. Awalnya, ia didatangkan Everton dari Ferencvárosi TC pada musim 2014/2015.

Di tiga musim awal, Besic sempat diberi menit bermain oleh Everton. Namun, setelahnya ia dipinjamkan ke Middlesbrough dan Sheffield United hingga musim 2019/2020. Secara total ia tampil dalam 46 laga di Premier League. Gelandang berusia 28 tahun tersebut kini berada di skuad Everton U-23 yang berlaga di Premier League 2.

5. Sead Kolasinac

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Sead Kolasinac merupakan pemain yang beroperasi sebagai bek kiri. Arsenal merupakan klub Premier League yang dibelanya. Ia didatangkan The Gunners dari Schalke 04 pada musim 2017/2018. Kolasinac cukup diandalkan dalam tiga musim awal. 

Total ia merumput dalam 78 laga di Premier League dengan torehan 2 gol dan 13 assist. Kolasinac lalu terlempar dari skuad utama Arsenal musim 2020/2021 ini. Alhasil, bek berusia 27 tahun tersebut dipinjamkan ke klub lamanya, Schalke 04, sejak Januari 2021.

6. Mario Vrancic

6 Pemain Bosnia-Herzegovina yang Pernah Berkarier di Premier Leaguecanaries.co.uk

Mario Vrancic melengkapi enam pemain Bosnia-Herzegovina yang pernah berkiprah di Premier League. Pemain yang memiliki posisi dominan sebagai gelandang tengah tersebut bergabung dengan Norwich City pada musim 2017/2018 setelah sebelumnya berkarier bersama SV Darmstadt. 

Musim 2020/2021 merupakan musim keempat bagi Vrancic membela Norwich. Namun, The Canaries berkiprah di Premier League hanya pada musim 2019/2020. Tercatat ia bermain dalam 20 laga di Premier League dengan mengemas 1 gol. Gelandang berusia 31 tahun tersebut masih memiliki kontrak hingga Juni 2021.

 

Dari keenam pemain asal Bosnia-Herzegovina di atas, Asmir Begovic dan Edin Dzeko bisa dibilang menjadi yang tersukses karena pernah mencicipi trofi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Bosnia Dan Herzegovina yang Membela Klub Serie A di Musim Ini

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya