Comscore Tracker

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier League

Siapa yang kamu ketahui?

Kosta Rika merupakan negara yang berada di kawasan Amerika Tengah. Kosta Rika menjadi salah satu negara dengan kualitas sepak bola apik di zona CONCACAF. Di kancah internasional, negara berjuluk Los Ticos tersebut tercatat pernah tampil di Piala Dunia sebanyak lima kali. 

Hal itu tentu membuktikan bahwa Kosta Rika dihuni pemain-pemain jempolan. Dalam sejarah, telah ada deretan pemain asal Kosta Rika yang pernah menghiasi panggung kompetisi elite Eropa sekelas Premier League. Berikut kami sajikan enam pemain asal Kosta Rika yang pernah merumput di Premier League.

1. Paulo Wanchope

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeaguePaulo Wanchope saat berseragam Derby County (twitter.com/dcfcofficial)

Pemain asal Kosta Rika pertama yang pernah berkarier di Premier League adalah Paulo Wanchope. Ia merumput di Premier League sejak pertengahan musim 1996/1997 hingga pertengahan musim 2004/2005. Ada tiga klub yang dibelanya, yakni Derby County, West Ham United, dan Manchester City.

Sebagai seorang striker, Wanchope tampil dalam 156 laga di Premier League dengan mengemas 50 gol dan 4 assist. Tak ada gelar yang diraih, ia lalu hengkang ke Malaga. Sempat juga membela beberapa klub lainnya, Wanchope akhirnya pensiun pada Juli 2008.

2. Mauricio Solís

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeagueMauricio Solís saat membela Derby County (englishfootballretrotv.blogspot.com)

Berikutnya ada sosok Mauricio Solís, pemain Kosta Rika yang beroperasi sebagai seorang gelandang sayap. Ia pernah merasakan atmosfer Premier League bersama Derby County. Ia didatangkan Derby County dari Herediano pada musim 1996/1997.

Solís aktif memperkuat Derby County selama dua musim. Sayangnya, tak cukup banyak kesempatan bermain yang didapatkannya. Total, ia hanya bermain dalam 11 laga di Premier League. Solís akhirnya dilepas ke Comunicaciones FC. Ia telah pensiun sejak Juli 2011.

Baca Juga: 5 Gelandang Premier League yang Tampil Melebihi Ekspektasi Musim Ini

3. Bryan Ruíz 

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeagueBryan Ruíz (skysports.com)

Bryan Ruíz merupakan pemain asal Kosta Rika yang berposisi sebagai gelandang serang. Ia pernah berkiprah di Premier League bersama Fulham. Ia dipinang Fulham dari FC Twente pada musim 2011/2012.

Ruíz mengabdi untuk Fulham selama dua setengah musim di Premier League. Ia merumput dalam 68 laga di Premier League dengan mencetak 8 gol dan 16 assist. Ruíz sempat dipinjamkan ke PSV Eindhoven sebelum akhirnya dilepas ke Sporting Lisbon pada musim 2015/2016. Saat ini, ia masih aktif berkarier bersama LD Alajuelense.

4. Bryan Oviedo

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeagueBryan Oviedo (skysports.com)

Selanjutnya ada nama Bryan Oviedo, pemain Kosta Rika yang berposisi bek kiri. Dalam perjalanan kariernya, ia pernah membela dua klub Premier League, yakni Everton dan Sunderland. Awalnya, ia bergabung dengan Everton pada musim 2012/2013 setelah direkrut dari FC Copenhagen.

Empat setengah musim berselang, Oviedo pindah ke Sunderland dan berkompetisi selama setengah musim di Premier League. Ia tampil dalam 60 laga di Premier League dengan mencetak 2 gol dan 3 assist. Sempat merasakan turun kasta bersama Sunderland, Oviedo hengkang ke FC Copenhagen pada musim 2019/2020 dan masih bertahan hingga kini.

5. Joel Campbell 

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeagueJoel Campbell (skysports.com)

Joel Campbell merupakan salah satu striker ternama yang dimiliki Kosta Rika. Ia pernah merumput di Premier League bersama Arsenal. Ia didatangkan The Gunners dari Deportivo Saprissa pada musim 2011/2012.

Sayangnya, kariernya bersama Arsenal tak berjalan mulus. Ia kerap dipinjamkan ke beberapa klub dan tercatat membela Arsenal di Premier League hanya di musim 2014/2015 dan 2015/2016.

Campbell pun hanya turun dalam 23 laga di Premier League dengan mengemas 3 gol dan 3 assist. Ia akhirnya benar-benar dilepas Arsenal ke Frosinone pada musim 2018/2019. Striker berusia 28 tahun tersebut kini membela klub Meksiko, León FC.

6. Cristian Gamboa

6 Pemain asal Kosta Rika yang Pernah Merumput di Premier LeagueCristian Gamboa (skysports.com)

Cristian Gamboa melengkapi enam pemain Kosta Rika yang pernah merumput di Premier League. Pemain yang memiliki posisi dominan sebagai bek kanan tersebut bergabung dengan West Bromwich Albion pada musim 2014/2015 setelah sebelumnya berkarier bersama Rosenborg.

Secara total, Gamboa membela West Bromwich Albion selama dua musim. Namun, ia hanya mencatatkan 11 penampilan di Premier League dengan menciptakan 1 assist. Bek berusia 31 tahun tersebut lalu hengkang ke Celtic dan kini berseragam VfL Bochum.

 

Meski keenam pemain di atas minim prestasi di Premier League, setidaknya mereka telah mampu menunjukkan eksistensinya Kosta Rika di kancah sepak bola dunia. Akankah ada bibit baru dari Kosta Rika yang akan menghiasi Premier League?

Baca Juga: 8 Fakta Negara Kosta Rika, Penyumbang Terbesar Keanekaragaman Hayati 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya