5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier League

Siapa yang kalian ketahui?

Makedonia Utara merupakan salah satu negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Sejarah sepak bola di negara tersebut bisa dibilang tak begitu mentereng. Makedonia Utara baru mulai menunjukkan tajinya beberapa tahun terakhir hingga akhirnya bisa tampil di Piala Eropa 2020.

Capaian apik tersebut menunjukkan bahwa Makedonia Utara telah memiliki regenerasi pemain yang lebih baik. Ezgjan Alioski menjadi salah satu pemain top Makedonia Utara yang sedang berkarier di Premier League bersama Leeds United.

Perlu diketahui, Ezgjan bukanlah satu-satunya pemain Makedonia Utara yang sempat tampil di liga paling kompetitif di dunia tersebut. Berikut kami sajikan 5 pemain asal Makedonia Utara yang pernah berkiprah di Premier League.

1. Gjorgji Hristov

5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier LeagueGjorgji Hristov (premierleague.com)

Pemain asal Makedonia Utara pertama yang pernah berkarier di Premier League adalah Gjorgji Hristov. Ia didatangkan Barnsley FC dari Partizan Belgrade pada musim 1997/1998 dan bertahan selama tiga musim. 

Dalam kurun waktu tersebut, Hristov merasakan atmosfer Premier League di musim debutnya saja. Sebagai seorang striker, ia bermain dalam 21 laga di Premier League dengan mencetak 4 gol dan 1 assist. Hristov lalu hengkang ke NEC Nijmegen dan sudah pensiun sejak Januari 2010.

2. Goce Sedloski

5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier LeagueGoce Sedloski, mantan pemain Sheffield Wednesday (m.vecernji.hr)

Selanjutnya ada pemain Makedonia Utara yang berposisi bek tengah, Goce Sedloski. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama Sheffield Wednesday. Ia merapat ke skuad Sheffield pada pertengahan musim 1997/1998 usai direkrut dari Hajduk Split. 

Namun, kiprah Sedloski sangat singkat, yakni hingga pertengahan musim 1998/1999. Ia hanya merumput dalam 4 laga di Premier League. Sedloski lalu pindah ke Dinamo Zagreb dan telah gantung sepatu sejak Juli 2011.

Baca Juga: Alasan Alaba Bungkam Arnautovic saat Austria Kalahkan Makedonia Utara

3. Artim Sakiri

5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier LeagueArtim Sakiri (facebook.com/WestBromwichAlbion)

Artim Sakiri merupakan pemain Makedonia Utara yang beroperasi sebagai gelandang sayap. Ia datang ke Premier League pada musim 2003/2004 usai hijrah dari CSKA Sofia. West Bromwich Albion merupakan klub Premier League yang dibelanya.

Kiprah Sakiri bertahan selama dua musim dengan tampil di Premier League pada musim keduanya. Sayangnya, ia hanya pernah bermain dalam 3 laga di Premier League. Sakiri kemudian dilepas ke Aalborg BK. Ia sudah menepi dari lapangan hijau sejak Juli 2009. 

4. Goran Popov

5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier LeagueGoran Popov (skysports.com)

Goran Popov juga menjadi salah satu pemain Makedonia Utara yang pernah merumput di Premier League. Sama halnya dengan Artim Sakiri, ia juga membela West Bromwich Albion. Popov bergabung dengan The Baggies pada musim 2012/2013 sebagai pemain pinjaman dari Dynamo Kyiv.

Popov memiliki masa bakti selama dua musim bersama West Bromwich Albion. Sebagai seorang bek kiri, ia diandalkan dalam 14 laga di Premier League dengan menciptakan 1 assist. Setelah masa peminjaman berakhir, ia lalu hengkang ke Vardar Skopje hingga akhirnya pensiun pada Juli 2019.

5. Ezgjan Alioski

5 Pemain asal Makedonia Utara yang Pernah Berkarier di Premier LeagueEzgjan Alioski (skysports.com)

Ezgjan Alioski menjadi satu-satunya pemain asal Makedonia Utara yang kini aktif berkarier di Premier League. Ia sudah membela Leeds United sejak musim 2017/2018. Kala itu, Leeds mendatangkannya dari FC Lugano.

Alioski harus berjuang terlebih dahulu bersama Leeds di Championship. The Whites baru berhasil promosi ke Premier League pada musim 2020/2021. Keberadaan Alioski sangat dibutuhkan sebagai bek kiri.

Pemain berusia 29 tahun tersebut diandalkan dalam 36 laga di Premier League dengan menorehkan 2 gol dan 3 assists. Namun, hingga kini belum ada kesepakatan kontrak baru Alioski yang akan berakhir pada Juni 2021.

 

Itulah 5 pemain berdarah Makedonia Utara yang pernah merasakan atmosfer Premier League. Siapakah pemain Makedonia Utara selanjutnya yang bakal menghiasi panggung Premier League?

Baca Juga: 10 Pemain Makedonia Utara dengan Banderol Termahal Saat Ini

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya