Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!

Negara dari Afrika paling sukses

Tim Nasional Maroko berhasil menjadi magnet tersendiri di Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini terjadi lantaran mereka tampil dengan performa yang luar biasa. Hakim Ziyech dan kawan-kawan menjelma sebagai kuda hitam yang layak mendapatkan atensi lebih.

Maroko mampu menembus semifinal di Piala Dunia 2022. Capaian itu tentunya di luar dugaan banyak orang. Meski akhirnya gagal juara, Maroko bisa dibilang pulang dengan rasa hormat yang tinggi. Pasalnya, mereka berhasil mendulang sejarah baru dalam sejarah Piala Dunia.

Tak usah berlama-lama, berikut sederet rekor mentereng sekaligus sejarah baru bagi Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Negara Afrika pertama yang tembus semifinal Piala Dunia

Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!Timnas Maroko ketika merayakan kemenangan di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/equipedumaroc)

Timnas Maroko dinilai berhasil menuai sejarah baru dalam sejarah Piala Dunia. Mereka jadi negara Afrika pertama yang melaju hingga semifinal. Capaian itu melewati capaian terbaik Maroko di Piala Dunia edisi 1986. Kala itu, mereka terhenti pada 16 besar.

Selama ini, hanya ada beberapa negara dari Afrika yang mampu meraih hasil apik di Piala Dunia. Beberapa dari mereka sebelumnya hanya mencapai perempat-final saja. Negara dari Afrika yang dimaksud di antaranya Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

2. Punya lini pertahanan yang kuat

Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!Timnas Maroko ketika mengalahkan Spanyol di babak fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/equipedumaroc)

Timnas Maroko tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki gaya permainan bertahan paling kuat di Piala Dunia 2022 Qatar. Dapat dikatakan seperti itu karena rekor statistik bertahan mereka yang sangat luar biasa.

Di Piala Dunia 2022, Maroko hanya kebobolan 5 gol saja dalam 7 laga yang mereka lakoni. Dari kelima kebobolan itu, satu di antaranya melalui gol bunuh diri. Hebatnya lagi, mereka sanggup menuai empat catatan clean sheet.

Ada empat pemain bertahan di antaranya yang menjadi kunci di balik performa luar biasa Maroko. Nama-nama yang dimaksud adalah Yassine Bounou, Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, hingga Romain Saiss. Keempat pemain itu selalu jadi pilihan utama di lini belakang Maroko jika tidak sedang cedera.

Baca Juga: Pelatih Maroko: Laga Kontra Kroasia Adalah Pertandingan Terburuk

3. Melibas sejumlah negara unggulan

Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!Timnas Maroko ketika mengalahkan Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/equipedumaroc)

Timnas Maroko berhasil menjelma sebagai negara kuda hitam di Piala Dunia 2022 Qatar. Bukan tanpa alasan, mereka juga melibas beberapa negara unggulan juara dalam perjalanan menapaki partai semifinal.

Setidaknya, ada tiga negara besar yang berhasil Maroko kalahkan di Piala Dunia 2022, antara lain Belgia, Spanyol, hingga Portugal. Maroko sendiri mengalahkan Belgia pada babak fase grup. Sementara itu, mereka menyingkirkan Spanyol di 16 besar dan Portugal di perempat final.

4. Kalah dua kali saja di Piala Dunia 2022

Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!Laga ketika Timnas Maroko dikalahkan Prancis di babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/youss_fofana)

Langkah Timnas Maroko sayangnya harus terhenti hingga babak semifinal di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka kalah atas Timnas Prancis dengan skor 2-0 di Stadion Al Bayt pada, Kamis (15/12/2022) lalu. 

Walau kalah di semifinal, Maroko sebenarnya masih memiliki kesempatan merebut peringkat ketiga di Piala Dunia 2022. Namun, sayangnya, mereka gagal setelah kalah dari Timnas Kroasia dengan skor 1-2.

5. Berpotensi melahirkan generasi emas

Sederet Rekor Mentereng Maroko di Piala Dunia 2022, Sejarah Baru!Achraf Hakimi (kiri) sebagai salah satu bintang muda Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/equipedumaroc)

Menilik performa luar biasa di Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Maroko pastinya berpotensi melahirkan generasi emas. Dapat dikatakan seperti itu karena banyak pemain mudanya yang mendulang rekor statistik luar biasa.

Setidaknya, ada delapan pemain muda di bawah usia 26 tahun yang sangat diandalkan Maroko di Piala Dunia 2022. Mereka adalah Achraf Hkimi, Youssef En Nesyri, Noussair Mazraoui, Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah, Nayef Aguerd, dan Zakaria Aboukhlal. Hebatnya, beberapa pemain itu turut membela klub ternama Eropa pada musim 2022/2023 ini.

Timnas Maroko memang sayangnya harus kalah dari Timnas Kroasia dalam perebutan peringkat ketiga di Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (17/12/2022). Meski begitu, capaian Hakim Ziyech dan kawan-kawan saat ini sudah sangat baik setelah mereka sukses mencetak rekor baru dalam sejarah Piala Dunia.

Baca Juga: Timnas Maroko Pernah Kalah dari Timnas Indonesia, tapi Itu Dulu!

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya