Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!

Deretan bintang besar, nih!

Southampton merupakan salah satu klub peserta Premier League. Klub berjuluk The Saints tersebut bukanlah tim besar yang diperhitungkan di Premier League. Selama keikutsertaannya di liga paling kompetitif seantero jagat tersebut, mereka belum pernah sekalipun mencicipi gelar Premier League. 

Di balik minimnya prestasi yang ditorehkan, terdapat keunggulan lain yang dimiliki oleh Southampton. Mereka cukup berhasil dalam hal jual beli pemain. Dalam beberapa waktu terakhir, The Saints sukses mendapatkan pemain dengan harga murah atau dari akademi mereka sendiri dan menjualnya dengan harga selangit. Lantas, siapa sajakah pemain termahal yang pernah dijual Southampton?

1. Virgil van Dijk ke Liverpool - 84,65 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!skysports.com

Virgil van Dijk menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh Southampton. Pemain berposisi bek tengah tersebut dilepas ke Liverpool dengan banderol 84,65 juta euro. Ia merapat ke skuad The Reds pada bursa transfer musim dingin 2017/18. 

Southampton sendiri mendapatkan van Dijk hanya dengan harga 15,7 juta euro. Ia diboyong dari Celtic di musim 2015/16. Bek asal Belanda tersebut aktif membela The Saints selama dua setengah musim. Ia berhasil mencatatkan 80 penampilan dengan mencetak 7 gol.

2. Sadio Mane ke Liverpool - 41,2 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!thisisanfield.com

Sebelum van Dijk, penjualan termahal Southampton sempat dipegang oleh Sadio Mane. Ia dijual dengan biaya transfer sebesar 41,2 juta euro di musim 2016/17. Sama halnya dengan van Dijk, Mane juga bergabung dengan Liverpool. 

Untuk menggaet winger kiri asal Senegal tersebut, Southampton mengeluarkan dana sebesar 23 juta euro. Mane dibeli dari RB Salzburg di musim 2014/15. Tercatat, ia aktif bermain untuk The Saints selama dua musim dengan menciptakan 75 penampilan, 25 gol, dan 14 assist

3. Luke Shaw ke Manchester United - 37,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!skysports.com

Pemain termahal ke-tiga yang dijual oleh Southampton adalah Luke Shaw. Pemain berposisi bek kiri tersebut dilepas ke Manchester United dengan kucuran dana sebesar 37,5 juta euro. Transfer tersebut terjadi di musim 2014/15. 

Luke Shaw sendiri merupakan salah satu produk lulusan akademi Southampton. Ia berhasil menembus skuad senior di musim 2012/13. Selama dua musim mengabdi di St Mary's Stadium, bek berdarah Inggris tersebut tampil dalam 67 laga dengan mengemas 2 assist.

Baca Juga: 10 Lulusan Terbaik Akademi Southampton, Ada yang Kamu Tahu dan Ingat? 

4. Morgan Schneiderlin ke Manchester United - 35 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!skysports.com

Selain Luke Shaw, Southampton juga pernah menjual pemain lainnya ke Manchester United. Ia adalah Morgan Schneiderlin yang dipinang oleh The Red Devils dengan mahar 35 juta euro. Gelandang bertahan asal Prancis tersebut bergabung dengan United di musim 2015/16. 

Saat merapat ke skuad Southampton, Schneiderlin hanya dibanderol sebesar 1,5 juta euro. The Saints mendapatkannya dari Strasbourg di musim 2008/09. Schneiderlin memperkuat Southampton selama tujuh musim. Ia berhasil mencatatkan 257 laga dengan torehan 15 gol dan 11 assist

5. Adam Lallana ke Liverpool - 31 juta euro

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Southampton, Jago Cari Untung!skysports.com

Adam Lallana melengkapi lima besar sebagai pemain termahal yang pernah dijual Southampton. Ia dilepas ke Liverpool sebelum terjadinya transfer Sadio Mane dan Virgil van Dijk. Tepatnya di musim 2014/15 dengan biaya transfer 31 juta euro.

Pemain berposisi gelandang serang tersebut merupakan salah satu lulusan terbaik akademi Southampton. Lallana merapat ke skuad senior The Saints di musim 2006/07. Ia berseragam Southampton selama delapan musim dengan catatan 261 penampilan, 59 gol, dan 48 assist.

Itulah 5 pemain termahal yang pernah dijual oleh Southampton. Akankah ada bintang baru yang lahir di Southampton dan dijual dengan harga selangit?

Baca Juga: Berbakat! 10 Pemain Southampton yang Memiliki Nilai Transfer Tertinggi

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya