Comscore Tracker

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier League

Emmanuel Adebayor paling fenomenal

Togo merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Afrika Barat. Kualitas sepak bola di negara tersebut bisa dikatakan masih tertinggal dari negara Afrika lainnya, seperti Nigeria, Senegal, dan Aljazair. Meski demikian, Togo ternyata juga pernah memiliki pemain yang berkiprah di liga top dunia sekelas Premier League. 

Salah satu pemain yang dimaksud adalah Emmanuel Adebayor. Ia merupakan salah satu pemain hebat di Premier League yang berasal dari Togo. Selain Adebayor, tercatat masih ada empat pemain Togo lainnya yang pernah berseragam klub Premier League. Berikut kami sajikan ulasan lengkapnya. 

1. Yoann Folly

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier Leagueinstagram.com/playerhistory101

Pemain asal Togo pertama yang pernah berseragam klub Premier League adalah Yoann Folly. Merintis karier bersama tim junior Saint-Etienne, ia direkrut Southampton pada musim 2003/2004. Kiprahnya berjalan selama dua setengah musim dengan sebagian menjadi pemain pinjaman di Nottingham Forest dan Preston North End. 

Sebagai seorang gelandang bertahan, Folly hanya bermain dalam 12 laga di Premier League bersama Southampton. Pada pertengahan musim 2005/2006, ia hengkang ke Sheffield Wednesday. Folly juga sempat membela beberapa klub lain sebelum pensiun pada tahun 2012.

2. Emmanuel Adebayor 

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya ada sosok striker jempolan, Emmanuel Adebayor. Bisa dibilang ia merupakan pemain terbaik dari Togo yang pernah berkarier di Premier League. Ia merumput di Premier League sejak musim 2005/2006 hingga musim 2015/2016.

Ada empat klub Premier Leagueberbeda yang dibelanya, yakni Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 242 laga di Premier League dengan mencetak 97 gol dan 44 assist

Meski membela deretan klub besar di Premier League, tak ada satu pun gelar yang mampu diraih Adebayor. Striker berumur 37 tahun tersebut lalu sempat bertualang di Turki dan Paraguay sebelum berstatus tanpa klub saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Gagal Bersinar pada Musim Ini

3. Moustapha Salifou

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier Leaguetalksport.com

Moustapha Salifou merupakan pemain asal Togo yang beroperasi sebagai gelandang serang. Ia pernah berkiprah di Premier League bersama Aston Villa. Ia dipinang The Lions dari FC Wil 1900 pada musim 2007/2008.

Salifou mengabdi untuk Aston Villa selama empat musim. Meski cukup lama, ia hanya pernah tampil dalam 4 laga di Premier League. Gelandang berusia 37 tahun tersebut lalu membela Saarbrücken dan TSV 1860 Rosenheim sebelum kini berseragam Türkspor Augsburg.

4. Gilles Sunu

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier Leagueskysports.com

Gilles Sunu adalah pemain Togo keempat yang pernah berseragam klub Premier League. Pemain yang berposisi striker tersebut awalnya bergabung dengan Arsenal U-23 pada musim 2007/2008 setelah hengkang dari klub junior LB Châteauroux. 

Sunu sempat dipinjamkan ke Derby County dan FC Lorient sebelum promosi ke tim senior Arsenal pada musim 2011/2012. Namun, hanya berselang beberapa bulan, ia langsung direkrut FC Lorient.

Sunu pun tak pernah mencicipi laga di Premier League meski pernah tampil dalam satu laga di Liga Champions. Striker berusia 30 tahun tersebut kini tengah membela LB Châteauroux.

5. Floyd Ayité 

5 Pemain asal Togo yang Pernah Berseragam Klub Premier Leagueskysports.com

Floyd Ayité melengkapi lima pemain Togo yang pernah membela klub Premier League. Pemain yang memiliki posisi dominan sebagai winger kiri tersebut bergabung dengan Fulham pada musim 2016/2017 setelah sebelumnya berkarier bersama SC Bastia. 

Secara total, Ayité aktif membela Fulham selama tiga musim. Namun, kala itu Fulham berkiprah di Premier League hanya pada musim 2018/2019. Tercatat ia bermain dalam 16 laga di Premier League dengan mengemas 1 gol. Winger berusia 32 tahun tersebut lalu hijrah ke Genclerbirligi Ankara dan masih bertahan hingga kini. 

 

Itulah lima pemain asal Togo yang pernah membela klub Premier League. Akankah ada bibit baru dari Togo yang akan menghiasi Premier League dan bersinar layaknya Emmanuel Adebayor?

Baca Juga: Eksplor Afrika, 7 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Togo 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya