5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!

Bagaimana kiprahnya?

Menjadi salah satu klub tersukses di dunia membuat Juventus memiliki kekayaan yang cukup banyak. Mereka bisa dengan mudah mendatangkan pemain incarannya sekalipun bernilai mahal. Namun, pada kenyataannya La Vecchia Signora tak begitu jor-joran dalam hal membeli pemain.

Justru klub yang bermarkas di Allianz Stadium tersebut dikenal sebagai klub yang suka merekrut pemain gratisan. Meski demikian, kualitas dari para pemain gratisan tersebut tak bisa diremehkan. Beberapa di antaranya bahkan mampu menjadi sosok vital yang membawa kesuksesan Juve. Berikut 5 rekrutan gratis terbaik sepanjang sejarah Juventus.

1. Andrea Pirlo

5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!skysports.com

Andrea Pirlo bisa dibilang sebagai rekrutan gratis terbaik sepanjang sejarah Juventus. Pemain berposisi gelandang bertahan tersebut diboyong secara cuma-cuma dari AC Milan di musim 2011/12. Kehadirannya benar-benar memberikan warna baru yang berdampak pada kesuksesan Juventus. 

Selama empat musim mengabdi di Turin, Pirlo tampil sebanyak 164 laga dengan mencetak 19 gol dan 38 assist. Ia berhasil menyumbangkan 4 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, dan 2 gelar Piala Super Italia. Pemain asli Italia tersebut berpisah dengan Juventus di musim 2015/16 usai hijrah ke New York City FC. Ia lalu memutuskan pensiun pada Januari 2018.

2. Paul Pogba

5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!foottheball.com

Transfer cerdas juga pernah dilakukan Juventus saat membeli Paul Pogba secara gratis dari Manchester United di musim 2012/13. Ia benar-benar mampu tampil impresif sebagai gelandang tengah selama empat musim di Allianz Stadium. Pogba juga sempat berkolaborasi dengan Andrea Pirlo.

Pemain asal Prancis tersebut tercatat bermain dalam 178 laga dengan menciptakan 34 gol dan 40 assist. Ia juga berhasil mempersembahkan 4 gelar Serie A, 2 gelar Coppa Italia, dan 2 gelar Piala Super Italia. Pogba kemudian dijual ke klub lamanya, Manchester United, dengan banderol fantastis senilai 105 juta euro di musim 2016/17.

3. Fernando Llorente

5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!bleacherreport.com

Fernando Llorente merupakan pemain berposisi striker asal Spanyol. Ia juga menjadi salah satu rekrutan gratis terbaik Juventus. Ia direkrut dari Athletic Bilbao dengan status bebas transfer di musim 2013/14. Llorente menjadi penyerang andalan di lini depan La Vecchia Signora selama dua musim. 

Dalam kurun waktu tersebut, ia merumput dalam 92 laga dengan mencetak 27 gol dan 10 assist. Beberapa gelar pernah diraihnya, yakni 3 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, dan 1 gelar Piala Super Italia. Llorente kemudian hengkang ke Sevilla di musim 2015/16. Saat ini, ia aktif berkarier di Serie A bersama Napoli.

Baca Juga: Alvaro Morata Ungkap Rahasia di Balik Kebangkitannya Bersama Juventus

4. Sami Khedira

5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!gazzetta.it

Sami Khedira juga menjadi pemain yang tak kalah berkualitas dari pemain sebelumnya. Ia didatangkan secara gratis dari Real Madrid di musim 2015/16. Performanya cukup mentereng sebagai seorang gelandang tengah. Musim ini merupakan musim keenam bagi Khedira mengabdi untuk Juventus.

Gelandang asal Jerman tersebut telah bermain dalam 145 laga dengan mengoleksi 21 gol dan 13 assist. Ia juga telah mencicipi 5 gelar Serie A, 3 gelar Coppa Italia, dan 1 gelar Piala Super Italia. Pemain berusia 33 tahun tersebut masih memiliki durasi kontrak hingga Juni 2021.

5. Aaron Ramsey

5 Rekrutan Gratis Terbaik Sepanjang Sejarah Juventus, Berkualitas!skysports.com

Pemain terbaik terakhir yang direkrut secara gratis oleh Juventus adalah Aaron Ramsey. Ia dibajak dari Arsenal tanpa biaya sepeser pun di musim 2019/20. Secara perlahan, Ramsey mampu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu gelandang jempolan. Terkadang, ia dimainkan secara bersamaan dengan Khedira. 

Sejauh ini, pemain asal Wales tersebut telah mencatatkan 41 penampilan dengan membukukan 4 gol dan 2 assist. Ia baru bisa merasakan meraih 1 gelar Serie A. Meski demikian, ia masih memiliki peluang untuk menorehkan berbagai prestasi lainnya bersama Juventus mengingat kontraknya masih tersisa hingga Juni 2023.

Kelima pemain di atas mampu membuktikan meski direkrut secara gratis atau bisa dibilang sebagai pemain buangan, tetapi mampu menunjukkan performa yang gemilang. Kira-kira, adakah pemain top lainnya yang akan diboyong Juventus secara cuma-cuma?

Baca Juga: Data dan Fakta Jelang Duel Seru Juventus Kontra Barcelona

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya