Comscore Tracker

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPL

Ferran Torres di urutan ke berapa?

Valencia tampaknya cukup bersahabat dengan klub-klub English Premier League (EPL). Hal itu terlihat dari banyaknya pemain Valencia yang hijrah ke EPL dari musim ke musim. Terbaru, terdapat nama Ferran Torres, bintang muda Spanyol yang berhasil dipinang Manchester City. 

Banderol 23 juta euro harus dikucurkan The Citizens kepada Valencia untuk menebus Ferran Torres. Namun, banderol sebesar itu masih kalah mahal dari pemain Valencia sebelumnya. Termasuk Ferran, berikut 7 penjualan pemain termahal Valencia ke klub EPL.

1. Nicolas Otamendi - 44,50 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLpremierleague.com

Transfer pemain termahal Valencia ke klub EPL terjadi saat Nicolas Otamendi direkrut Manchester City. Saat itu, tepatnya di musim 2015/2016, Otamendi dipatok dengan harga 44,50 juta euro. Otamendi merupakan pemain berposisi bek tengah asal Argentina.

Bersama Manchester City, ia cukup diandalkan dan menampilkan performa impresif. Bek berusia 32 tahun tersebut sudah pernah mencicipi dua gelar EPL dan beberapa gelar lainnya. Kontraknya di Etihad Stadium baru akan berakhir pada Juni 2022.

2. Shkodran Mustafi - 41 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLskysports.com

Shkodran Mustafi juga merupakan pemain berposisi bek tengah. Ia hengkang dari Valencia ke Arsenal dengan banderol 41 juta euro di musim 2016/2017. Setibanya di Arsenal, Mustafi langsung menjadi andalan dalam mengawal lini pertahanan.

Bek berkebangsaan Jerman tersebut telah membantu Arsenal meraih 2 gelar Piala FA dan 1 gelar English Super Cup. Namun, posisi Mustafi saat ini sudah mulai tergusur. Kontraknya juga hanya tersisa hingga Juni 2021.

3. Roberto Soldado - 30 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLskysports.com

Berbeda dengan dua pemain sebelumnya, Roberto Soldado adalah seorang striker. Ia pernah berkiprah di EPL usai diboyong Tottenham Hotspur dari Valencia di musim 2013/2014 dengan mahar 30 juta euro. Tercatat, Soldado berseragam Spurs selama dua musim.

Sayangnya, penyerang asal Spanyol tersebut tak mampu membawa The Lilywhites meraih satu gelar pun. Akhirnya, ia hengkang ke Villarreal di musim 2015/2016. Saat ini, Soldado berkarier bersama klub Spanyol, Granada.

Baca Juga: 8 Penjualan Pemain Valencia yang Beri Keuntungan Terbesar, Jago Bisnis

4. David Silva - 28,75 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPL90min.com

David Silva yang menjadi gelandang sekaligus kapten Manchester City saat ini juga dibeli dari Valencia. Ia direkrut The Citizens di musim 2010/2011 dengan biaya transfer 28,75 juta euro. Kiprah Silva bersama Manchester City sangat mengesankan.

Pemain asal Spanyol tersebut berhasil meraih 4 gelar EPL, 2 gelar Piala FA, 2 gelar English Super Cup, dan 5 gelar English League Cup. Namun, kontraknya bersama City harus berakhir pada Agustus 2020. Saat ini, ia santer dirumorkan akan hijrah ke Lazio.

5. Juan Mata - 26,70 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLskysports.com

Sosok Juan Mata tentunya sudah begitu populer. Ia juga menjadi salah satu pemain Valencia yang dijual ke klub EPL. Transfer tersebut terjadi di musim 2011/2012 saat Chelsea memboyongnya dengan banderol 26,70 juta euro. Setibanya di Inggris, Mata langsung menjadi andalan di lini tengah Chelsea. 

Pemain asal Spanyol tersebut berhasil meraih 1 gelar Liga Champions Eropa, 1 gelar Liga Europa, dan 1 gelar FA Cup bersama The Blues. Mata akhirnya berpisah dengan Chelsea di musim 2013/2014 usai dibajak tim rival, Manchester United. 

6. Ferran Torres - 23 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLskysports.com

Ferran Torres yang menjadi penjualan pemain terbaru Valencia ke klub EPL hanya duduk di urutan enam. Banderol 23 juta euro yang dibayarkan Manchester City masih kalah mahal dari lima pemain sebelumnya. Ferran diikat kontrak oleh City hingga Juni 2025.

Ferran Torres merupakan pemain berdarah Spanyol yang masih berusia 20 tahun. Ia memiliki posisi sebagai seorang winger kanan. Ketertarikan Manchester City untuk mendatangkannya tak lepas dari performa apiknya bersama Valencia. Ferran diharapkan untuk menjadi bintang masa depan The Citizens.

7. Mohamed Sissoko - 12 juta euro

Termasuk Ferran, Ini 7 Penjualan Pemain Termahal Valencia ke Klub EPLliverpoolfc.com

Pemain termahal terakhir yang dijual Valencia ke klub EPL adalah Mohamed Sissoko. Ia dibajak Liverpool di musim 2005/2006 dengan biaya transfer 12 juta euro. Sissoko kemudian menjadi andalan Liverpool sebagai gelandang bertahan selama dua musim. Bersama Liverpool, ia berhasil mencicipi 1 gelar Piala FA, 2 gelar English Super Cup, dan 1 gelar UEFA Super Cup.

Pemain asal Mali tersebut kemudian berpisah dengan Liverpool di musim 2007/2008 usai hengkang ke Juventus. Lalu, ia malang melintang bersama banyak klub termasuk klub asal Indonesia, Mitra Kukar. Akhirnya, Sissoko resmi gantung sepatu pada Januari 2020.

Itulah 7 pemain termahal yang pernah dijual Valencia ke klub EPL. Akankah ada pemain Valencia lainnya yang menyusul mereka?

Baca Juga: 10 Potret Ferran Torres, Bintang Muda Spanyol yang Berparas Memesona

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya