Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub Besar

Persela memang spesialis pengorbit bakat muda

Selain menjadi spesialis pengorbit pemain asing, Persela layaknya sekolah bagi para pesepakbola junior. Di klub ini, beberapa pemain junior mendapat menit bermain lebih banyak sehingga menambah jam terbang mereka. Hasilnya, pemain-pemain muda dari Persela kerap menjadi buruan pada musim selanjutnya.

Nama-nama seperti Saddil Ramdani, Fahmi Al Ayyubi, Ahmad Nurhardianto, hingga Fandi Eko Utomo adalah contohnya. Pemain-pemain yang berasal dari akademi Persela tersebut kini menjadi pilihan klub-klub besar.

Tak hanya dari akademi, Persela juga tak jarang mengorbitkan pemain muda yang justru tak mendapat menit bermain di klub lamanya. Musim ini misalnya, setidaknya ada 5 pemain yang diperkirakan akan memanaskan bursa transfer musim 2020, inilah mereka. 

1. Hambali Tholib

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/8hambali

Sebelum bergabung bersama Persela, Hambali bisa dibilang hanya sebagai pelengkap di klub lamanya Sriwijaya FC. Pemain berusia 19 tahun ini tak banyak mendapatkan menit bermain. Sang pemain pun pindah pada musim 2018-2019. Di bawah tangan dingin Aji Santoso, Hambali pun menjadi pilihan utama di lini tengah.

Namanya kian melejit dan mendapatkan kesempatan trial di klub Kroasia, NK Lokomotiva. Meski tak mendapatkan kontrak permanen, kesempatan itu membuat permainannya kian matang. Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafrie pun sempat beberapa kali memanggil pemain termuda di Persela ini. 

2. Malik Risaldi

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/malikrisaldi77

Datang bersamaan dengan Hambali, Malik Risaldi juga menjadi pilihan utama Persela baik saat masih diasuh Aji Santoso maupun Nil Maizar. Pemain berusia 23 tahun ini mampu menujukkan performa yang terus menanjak hingga akhir musim. Klub-klub besar di Liga Indonesia pun diyakini banyak yang akan meminta jasa mantan penggawa Persegres Gresik ini. 

3. Riyatno Abiyoso

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/riyatnoabiyoso

Namanya memang nyaris tak terdengar pada putaran pertama lalu. Namun, pemain kelahiran 1999 ini menyedot perhatian pada putara dua setelah pelatih Nil Maizar kerap memberikannya kesempatan bermain.

Puncaknya adalah saat mantan pemain Persela U-19 ini mencetak gol pada pertandingan melawan TIRA-KABO beberapa waktu lalu. Golnya di menit akhir menyelamatkan Persela dari kekalahan. Jika tak segera mendapat perpanjangan kontrak, bukan tak mungkin ia akan jadi buruan para klub besar. 

Baca Juga: Klub Pengorbit, Ini 7 Pemain Asing yang Melejit Bersama Persela

4. Delvin Rumbino

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/perselafc

Setelah Perseru pindah markas ke Lampung, beberapa pemainnya pun mengadu nasib ke klub lain. Salah satu di antaranya adalah Delvin Rumbino. Nama pemain berusia 24 tahun ini melambung karena kerap menjadi solusi saat lini penyerangan Persela buntu. Terobosannya sering kali membuat konsentrasi lawan terpecah. 

5. Sugeng Efendi

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/perselafc

Sugeng Efendi bisa dibilang menjadi salah satu pemain muda tersukses saat ini. Winger Persela ini mampu mencetak 4 gol dan 3 asist. Pemain 21 tahun ini juga mampu mengimbangi permainan cepat duo bomber Brasil, Rafael Gomes Oliveira dan Alex Goncalves.

Salah satu gol terpentingnya adalah saat mampu mengalahkan PSS Sleman 1-0 di Lamongan.

6. Arif Satria

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/arifsatria_28/

Arif Satria datang pada musim lalu dengan status underdog. Maklum, ia sebelumnya bermain di klub Liga 3, PSP Padang. Oleh Aji, pemain 24 tahun dipoles menjadi bek tangguh. Bahkan, Arif tahun lalu sempat dinobatkan menjadi pemain muda terbaik oleh salah satu akun bola.

Tahun ini, kontraknya bersama Persela akan habis. Pemain asal Sumsel ini pun dipastikan akan menjadi rebutan klub-klub raksasa.

7. Birrul Walidain

Moncer Bersama Persela, 7 Pemain Muda Ini Bisa Jadi Incaran Klub BesarInstagram.com/birrulwalidain14

Selain Arif, Persela juga memiliki satu bek tangguh yang masih berusia 24 tahun. Ia adalah Birrul Walidain. Satu-satunya putra daerah yang berada di Persela ini sudah mendapatkan menit bermain bersama Persela sejak tiga musim lalu. Ia bahkan beberapa kali dipercaya menjadi kapten.

Meski hampir banyak yang menilai ia tak akan berpindah dari Lamongan, permainan Birrul bukan tak mungkin akan membuat para pemandu bakat memburu tanda tangannya.

Label sebagai klub pengorbit pemain muda memang menguntungkan bagi citra Persela. Namun, jika terus berlanjut mereka hanya akan menjadi klub "SSB" di Indonesia jika tak bisa memberikan kontrak jangka panjang bagi para pemainnya.

Baca Juga: Tulis Tangan Nama Idola, Bocah Ini Akhirnya Bertemu Pemain Persela

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya