Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala Eropa

Usianya lebih dari 35 tahun tapi mereka belum habis!

Kompetisi dunia sekelas Piala Eropa adalah ajang yang tepat bagi para pemain muda. Siapapun yang bisa menembus kompetisi ini, bisa dipastikan kariernya akan melejit. Namun, Piala Eropa 2020 ini bukan hanya milik pemain belia. Para pesepakbola yang sudah berumur juga akan memanfaatkan ajang ini untuk membuktikan bahwa mereka belum habis.

Tua-tua keladi, inilah 5 pemain dengan usia lebih dari 35 tahun namun masih jadi tumpuan di timnya masing-masing. 

1. Cristiano Ronaldo

Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala EropaInstagram.com/cristiano

Ngomongin soal Ronaldo memang gak bakalan habis. Ia adalah 'alien' dengan rekor yang dicetak setiap bulan. Bayangkan saja, ia telah bermain di Piala Eropa sejak tahun 2004. Jika tahun ini kembali bermain, maka ini adalah edisi kelima yang ia ikuti. Ronaldo sekaligus akan mencetak rekor sebagai pemain pertama dalam lima edisi Piala Eropa melampaui Lothar Matthäus dan Peter Schmeichel.

Dikutip dari situs resmi EUFA, Ronaldo juga menjadi pemain dengan gol terbanyak di Piala Eropa dengan torehan 9 gol, setara dengan Michel Platini. Tentu saja rekor itu bisa terpecahkan karena ia masih bermain hingga kini. Meski sudah berusia 36, ia dipastikan akan menjadi tumpuan utama di lini depan Portugal bersama Andre Silva dan Joao Felix. Momen ini tentu akan betul-betul dimanfaatkan oleh Ronaldo karena bisa jadi ini akan menjadi Piala Eropa terakhirnya. 

2. Manuel Neuer

Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala EropaInstagram.com/manuelneuer

Bertindak sebagai kepala rombongan, kiper Jerman Manuel Neuer juga akan menjadi pemain paling senior di skuadnya, yaitu 35 tahun. Tak cuma senior secara usia, dalam urusan prestasi, ia juga menjadi panutan. Neuer masuk dalam jajaran kiper dengan jumlah pertandingan tanpa kebobolan atau cleansheet. Ia mencatat enam kali pertandingan dengan nirbobol.

Ketangguhan Neuer juga terlihat di klub. Dari 34 pertandingan di Bundesliga, ia hanya sekali tergantikan. Mencatat 9 kali cleansheet, Neuer akhirnya mengantarkan Muenchen menjuarai Bundesliga 2021. Meski begitu, posisinya di Timnas bukan tak mungkin terganti. Ada nama kiper Arsenal Bernd Leno yang siap menggeser jika performanya sedang turun.

3. Sebastian Larsson 

Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala EropaInstagram.com/seblarsson_official

Cederanya Zlatan Ibrahimovic seolah membuat Swedia kehilangan induk. Betapa tidak, Ibra adalah kapten sekaligus penggerak utama Timnas Swedia. Tapi jangan salah, Swedia bukan cuma Ibra. Selain mengandalkan bintang muda macam Dejan Kulusevski, Swedia juga masih punya pemain senior yang bertindak sebagai kapten, yaitu Sebastian Larsson. Dengan 129 caps bersama Timnas, ia jelas akan menjadi tumpuan utama di lini tengah. 

Dalam wawancaranya di situs resmi FIFA, pria 36 tahun ini yakin bisa membawa para juniornya meraih hasil lebih baik. Maklum, pada gelaran Piala Eropa 2016, Swedia hanya menjadi juru kunci di babak penyisihan. 

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

4. Goran Pandev

Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala EropaPetr Stojanovski/DW.com

Sebelum benar-benar gantung sepatu, striker gaek Goran Pandev akhirnya mampu membawa negaranya lolos untuk pertama kali ke Piala Eropa. Pemain 37 tahun ini bahkan menjadi pencetak gol satu-satunya saat memenangi babak playoff melawan Islandia. Kini di Piala Eropa 2020, ia pun akan menjadi 'penanggungjawab utama' agar timnya tak menjadi bulan-bulanan tim lain. 

Nama Pandev sendiri memang lebih tenar ketimbang negaranya. Ia menjadi legenda hidup karena mampu menembus klub besar macam Inter Milan, Lazio, dan Napoli. Sempat berseragam Galatasaray, Pandev akhirnya kembali ke Italia dan bergabung bersama Genoa.

5. Andriy Pyatov

Hampir Kepala 4, Ini 5 Pemain yang Masih Jadi Tumpuan di Piala EropaInstagram.com/andriy.pyatov

Selain Portugal, Macedonia Utara, Swedia, dan Jerman, satu lagi Timnas yang masih menggunakan jasa pemain veteran berusia di atas 35 tahun adalah Ukraina. Dikutip dari The Star, tim Ukraina kemungkinan akan memasang kiper gaek sekaligus kapten mereka, Andriy Pyatov. Pria berusia 36 tahun ini tercatat sudah bermain 96 kali bersama Ukraina dan telah mengenakan ban kapten sejak 2017. Kemahirannya menjaga gawang juga terbukti di kompetisi domestik. Ia 10 kali membawa Shakhtar Donetsk juara Liga Premier Ukraina.

Sadar Piala Eropa bisa jadi momen terakhir mereka membela Timnas, kelima pemain tersebut dipastikan akan berjuang mati-matian untuk membuktikan bahwa mereka belum habis.

Baca Juga: 5 Liga yang Memasok Pemain Terbanyak di Piala Eropa 2020

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya