Comscore Tracker

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola Indonesia

Sudah ada pemain Timnas yang dikontrak tim Kroasia

Julukan tim kuda hitam bagi Kroasia dalam persepakbolaan dunia sepertinya harus mulai dihilangkan. Salah satu negara Eropa timur tersebut kini telah menjadi salah satu tim yang paling disegani di dunia. Salah satu pencapaian terbaik mereka tentu saja saat mereka mampu menjadi runner-up pada Piala Dunia 2018 lalu. Saat ini, Kroasia sendiri menempati rangking 11 dunia berdasarkan FIFA Rank per 26 November 2020. 

Berbagai pencapaian itu pun membuat Indonesia mulai menjadikan Kroasia sebagai salah satu kiblatnya. Gak percaya? berikut adalah beberapa buktinya.

1. Timnas U-19 pilih Kroasia sebagai pemusatan latihan 

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola IndonesiaInstagram.com/witansulaiman_

Salah satu bukti sahih yang menunjukkan bahwa Kroasia sudah menjadi kiblat baru sepak bola Indonesia adalah pengiriman Timnas U-19 ke sana September lalu. Mereka ditempa dalam pemusatan latihan di dua kota berbeda, yaitu Sveti Martin na Muri dan Split. Hasilnya pun tak mengecewakan. Dari 11 kali pertandingan uji coba, Timnas U-19 menorehkan empat kemenangan, dua kalah dan lima kali seri. 

2. Jadi tujuan trial pemain Indonesia

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola IndonesiaInstagram.com/8hambali

Setahun sebelum Timnas-19 melakukan pemusatan latihan, gelandang Persebaya Hambali Tolib juga sempat melakukan trial di Kroasia. Saat itu, Hambali diminati oleh salah satu klub asal Zagreb, NK Lokomotiva. 

Sayang, Hambali yang saat itu bermain untuk Persela tak bisa menarik hati manajemen klub ibu kota tersebut. Dua bulan setelah trial, ia kembali ke Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Sepak Bola Indonesia, Merebut Kemerdekaan Lewat Kulit Bundar

3. Tak hanya trial, salah satu pemain Timnas-19 juga kini resmi merumput di sana

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola IndonesiaInstagram.com/brylianaldamaa

Meski Hambali gagal diikat kontrak oleh NK Lokomotiva, satu pemain Indonesia akhirnya bisa menembus liga Kroasia. Pemain tersebut adalah gelandang Timnas-19, Brylian Aldama. Ia dikontrak oleh salah satu klub papan atas Liga Kroasia, HNK Rijeka. Namun, Brylian yang meneken kontrak selama 18 bulan harus memulai dari tim U-23. 

4. Pemain asal Kroasia jadi andalan di klub Indonesia 

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola IndonesiaInstagram.com/markosimic_77

Salah satu bukti bahwa sepak bola Kroasia mulai diterima oleh Indonesia keberadaan pemain mereka di sini. Pemain Kroasia yang kini sukses merumput di Indonesia adalah Marco Simic. Simic dikontrak Persija sejak Desember 2017 lalu dan menjadi mesin gol Macan Kemayoran. Bahkan, di tahun pertamanya di Indonesia, ia langsung membawa Persija juara Liga 1. Simic pun diganjar perpanjangan kontrak hingga 2023. 

5. PSSI mulai jajaki berbagai kerjasama dengan federasi sepak bola Kroasia

5 Bukti Kalau Kroasia Sudah Jadi Kiblat Baru Sepak Bola IndonesiaInstagram.com/indrasjafri_coach

Tak hanya melakukan pemusatan latihan, kehadiran Timnas-19 di Kroasia juga dimanfaatkan betul oleh PSSI untuk menimba ilmu. Hal itu diakui oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafrie. Saat berada di Kroasia ia mengaku bertemu dengan Dirtek federasi sepak bola Kroasia (HNS), Petar Krpan. Dalam pertemuan itu, selain mencari tahu soal sport science, Indra juga sempat menyatakan akan ada beberapa program kerjasama, salah satunya adalah pengiriman pemain muda Indonesia ke sana.

Apa pun keputusan PSSI untuk mengembangkan sepak bola nasional perlu kita dukung. Terlebih, Indonesia sudah jauh tertinggal dengan negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, bahkan Vietnam

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Sepak Bola Indonesia yang Membuat Dunia Tercengang

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya