5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Dunia

Harry Kane sekaligus menjadi top skor Piala Dunia 2018

Piala Dunia adalah turnamen internasional paling bergengsi di dunia sepak bola. Bagi seorang pemain, sekadar bisa tampil di Piala Dunia saja pasti sudah amat membanggakan. Apalagi jika bisa mencatat prestasi, misalnya mencetak hattrick di Piala Dunia.

Sepanjang sejarah, ada 48 pemain yang pernah mencetak hattrick di Piala Dunia. Sebagian besar dari mereka sudah lama pensiun, tapi ada 5 pemain yang saat ini masih aktif berkarier. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Gonzalo Higuain (Piala Dunia 2010)

5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Duniapotret Gonzalo Higuain merayakan gol ke gawang Korea Selatan (skysports.com)

Pada Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan, hanya ada satu pemain yang berhasil mencetak hattrick selama putaran final. Ia adalah Gonzalo Higuain, striker Argentina yang kini membela Inter Miami di MLS. Pada Piala Dunia tersebut, Higuain mencetak trigol saat negaranya menghadapi Korea Selatan di matchday kedua babak grup.

Argentina menang 4-1 di laga tersebut, dan itu turut membuat mereka meraih hasil sempurna di fase grup. Sayangnya, Tim Tango hanya mentok sampai perempat final karena disisihkan oleh Jerman. Higuain sendiri mencetak total 4 gol di Piala Dunia 2010, sehingga menjadi top skor negaranya di turnamen tersebut.

2. Thomas Muller (Piala Dunia 2014)

5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Duniapotret Thomas Muller merayakan gol ke gawang Portugal (footballgate.com)

Sementara Piala Dunia 2014 diwarnai hattrick dari dua pemain, dan keduanya masih aktif bermain saat ini. Yang pertama adalah Thomas Muller, penyerang Timnas Jerman yang bersinar di laga pembuka grup G melawan Portugal. Muller membuat tiga gol di laga tersebut sehingga membawa Der Panzer menang telak 4-0.

Sinar Muller tak berhenti di situ saja. Ia sukses mencetak 2 gol tambahan di sepanjang turnamen, dan pada akhirnya berhasil membawa negaranya jadi juara. Dengan total 5 gol, Muller juga menjadi pemain tertajam kedua saat itu. Total, Muller sudah mencetak 10 gol di Piala Dunia, sehingga ia adalah pemain aktif dengan gol terbanyak di Piala Dunia.

Baca Juga: Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

3. Xherdan Shaqiri (Piala Dunia 2014)

5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Duniapotret Xherdan Shaqiri di laga melawan Honduras (twitter.com/squawka)

Nama berikutnya mungkin tak disangka, karena hanya berasal dari negara yang prestasinya tak menonjol. Xherdan Shaqiri jadi pemain kedua yang mencetak hattrick di Piala Dunia 2014. Winger Swiss ini melakukannya di laga penutup grup E melawan Honduras yang dimenangi Swiss 3-0.

Trigol Shaqiri berhasil memastikan Swiss lolos ke babak 16 besar, meski akhirnya mereka gugur di fase tersebut karena kalah dari Argentina. Shaqiri sendiri akhirnya hanya mencetak 3 gol di sepanjang turnamen, tapi tetap merupakan salah satu yang tertajam saat itu.

4. Cristiano Ronaldo (Piala Dunia 2018)

5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Duniapotret Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Spanyol (twitter.com/brfootball)

Edisi teranyar Piala Dunia yaitu Piala Dunia 2018 juga dihiasi hattrick dari dua orang pemain. Pertama adalah Cristiano Ronaldo, yang menjebol gawang tim kuat, Spanyol, tiga kali di laga pertama grup B. Laga itu sendiri berakhir imbang 3-3, dan gol terakhir Ronaldo di menit 88 memastikan Portugal tak langsung keok di laga perdana.

Satu catatan unik dari laga tersebut adalah Ronaldo menjadi satu-satunya pemain di Piala Dunia yang mencetak hattrick tapi timnya hanya meraih hasil imbang. Ronaldo sendiri mencetak total 4 gol di Piala Dunia 2018 sehingga jadi salah satu pemain tertajam. Namun sayang negaranya harus tersingkir oleh Uruguay di babak 16 besar.

5. Harry Kane (Piala Dunia 2018)

5 Pemain Aktif yang Pernah Mencetak Hattrick di Piala Duniapotret Harry Kane saat melawan Panama (twitter.com/_Euro_2020)

Setelah Ronaldo, Harry Kane menyusul dengan mencetak hattrick di fase grup Piala Dunia 2018. Ia melakukannya ke gawang Panama di laga kedua, yang dimenangi Inggris 6-1. Kane sendiri mencetak total 6 gol sepanjang turnamen sehingga menjadi top skor Piala Dunia 2018.

Sayangnya, Kane gagal membawa Inggris jadi juara, karena mentok di semifinal dan akhirnya kalah lagi di partai perebutan peringkat ketiga. Tahun depan, Kane pasti akan mencoba lagi untuk membawa negaranya merengkuh Piala Dunia di Qatar. Sanggupkah ia melakukannya?

Itulah lima pemain yang pernah mencetak hattrick di Piala Dunia dan kini masih aktif bermain. Adakah yang bisa menyusul jejak mereka dengan membuat hattrick di Piala Dunia 2022 nanti?

Baca Juga: 5 Negara yang Sering Dibobol Lionel Messi dalam Laga Internasional

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya