Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

Negara jagoanmu sudah lolos?

Jeda internasional untuk babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 November ini akhirnya usai. Negara-negara dari berbagai belahan dunia sudah melangsungkan pertandingan demi memperebutkan tiket ke turnamen empat tahunan tersebut. Hasilnya, sebanyak 13 tim sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022, termasuk tuan rumah Qatar.

Dari 13 tim tersebut, 6 tim di antaranya adalah negara yang sudah pernah merasakan gelar juara dunia. Bukan hal mengejutkan jika mereka sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia tahun depan.

1. Jerman

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Jerman (instagram.com/dfb_team)

Jerman menjadi tim pertama setelah Qatar yang memastikan diri berlaga di Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat setelah Tim Panzer mengalahkan Makedonia Utara pada pertandingan ke-8 babak kualifikasi Grup J. Berkat hasil tersebut, Jerman sah menjadi juara grup sehingga menyabet tiket lolos langsung ke putaran final.

Dengan demikian, Jerman memastikan diri tak pernah absen di Piala Dunia sejak 1950. Mereka baru absen dua kali di Piala Dunia, rekor yang hanya bisa ditandingi Brasil. Sang juara dunia empat kali ini bakal mencari penebusan kegagalan pada edisi 2018 lalu, di mana mereka gugur secara mengejutkan di fase grup. Mampukah?

2. Brasil

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Brasil (instagram.com/cbf_futebol)

Brasil masih menjadi satu-satunya tim yang tak pernah absen dari seluruh 22 edisi Piala Dunia, termasuk Piala Dunia 2022. Hal itu dipastikan berkat keberhasilan Tim Samba memuncaki klasemen sementara kualifikasi zona Amerika Selatan. Meski masih menyisakan lima pertandingan, poin Brasil sudah tak mungkin terkejar tim peringkat kelima.

Performa Brasil pada babak kualifikasi juga sangat impresif. Dari 13 laga yang sudah mereka jalani, 11 di antaranya berhasil dimenangi dan sisanya berakhir imbang. Sebagai negara tersukses di Piala Dunia dengan lima trofi, Brasil tentu bakal jadi salah satu kandidat juara pada turnamen tahun depan.

Baca Juga: 12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa

3. Prancis

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Prancis (instagram.com/equipedefrance)

Berikutnya, ada Prancis yang memastikan diri lolos karena berhasil memuncaki klasemen Grup D babak kualifikasi. Meski berstatus juara bertahan, Prancis memang tetap diharuskan melewati babak kualifikasi untuk bisa lolos. Hasilnya, Kylian Mbappe dkk. tampil perkasa dan melaju cukup mulus tanpa terkalahkan.

Berkaca dari hasil di Piala Eropa 2020 lalu, kekuatan Prancis memang kelihatan sudah menurun. Namun, tentu mereka tetap tak bisa diremehkan, bahkan bisa diunggulkan untuk mempertahankan gelar. Jika berhasil, Prancis bakal jadi tim ketiga setelah Italia dan Brasil yang sanggup juara dunia dua kali beruntun.

4. Spanyol

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Spanyol (instagram.com/sefutbol)

Spanyol, sang juara dunia 2010, juga dipastikan bakal berlaga di Piala Dunia 2022. Tim asuhan Luis Enrique sukses memuncaki Grup B babak kualifikasi berkat kemenangan 1-0 atas Swedia pada partai terakhir. Sementara, Swedia harus melewati babak playoff untuk bisa menyusul Spanyol.

Setelah jadi juara pada 2010, prestasi Spanyol di Piala Dunia menurun. Mereka gugur pada fase grup Piala Dunia 2014, serta mentok pada babak 16 besar edisi 2018. Namun, Spanyol mulai menunjukkan perbaikan dengan mencapai semifinal Piala Eropa 2020. Bisakah mereka melanjutkan kebangkitan itu di Piala Dunia 2022?

5. Inggris

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Inggris (instagram.com/england)

Inggris, yang jadi finalis Piala Eropa 2020, juga berhasil memastikan tiket langsung ke Piala Dunia berkat kemenangan pada laga terakhir. Tak tanggung-tanggung, Harry Kane dan kolega menang 10-0 atas San Marino sehingga sukses memuncaki grup dengan bergaya.

Sedang memiliki skuad penuh pemain top, Inggris jadi salah satu tim yang harus diwaspadai di Piala Dunia nanti. Setelah menembus semifinal Piala Dunia 2018 dan final Piala Eropa 2020, Inggris pasti ingin meningkatkan prestasinya lagi tahun depan. Bisakah mereka meraih trofi mayor untuk pertama kalinya dalam 56 tahun?

6. Argentina

Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022timnas Argentina (instagram.com/afaseleccion)

Satu lagi tim juara dunia yang sudah pasti berlaga di Piala Dunia 2022. Mereka adalah Argentina. Tim Tango saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara kualifikasi zona Amerika Selatan. Meski masih bisa disalip, tetapi Argentina tak bakal tergusur dari posisi empat besar sehingga sudah pasti lolos langsung.

Berbicara tentang Argentina, sorotan tertuju kepada Lionel Messi. Piala Dunia 2022 bisa jadi kesempatan terakhirnya untuk menyamai capaian sang legenda Argentina, Diego Maradona, dengan membawa Argentina juara dunia. Jika gagal lagi, bisa jadi Messi akan selamanya dianggap tak sehebat Maradona. Mampukah La Pulga mewujudkan impian itu?

Selain enam negara di atas, ada dua lagi tim yang pernah juara dunia, yaitu Italia dan Uruguay. Namun, keduanya saat ini masih belum memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022. Bisakah mereka menyusul jejak enam negara tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Top Eropa yang Dipastikan Tak Lolos ke Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya