6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? 

Salah satunya masih bermain di Premier League saat ini

Keberadaan pemain asal Serbia di liga-liga top Eropa semakin diperhitungkan dalam beberapa tahun terakhir. Negara pecahan Yugoslavia ini memang belum punya prestasi mumpuni di pentas internasional. Namun, mereka kerap menghasilkan pemain-pemain berkualitas.

Banyak pemain Serbia yang prestasinya cukup menonjol di liga top Eropa, termasuk Premier League Inggris. Bahkan, ada enam di antaranya yang pernah berhasil menjuarai Premier League bersama timnya masing-masing, lho! 

Masih ingatkah kamu dengan sederet pemain berkebangsaan Serbia yang pernah mengangkat trofi Premier League berikut ini?

1. Nemanja Vidic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Nemanja Vidic (premierleague.com)

Nemanja Vidic layak disebut sebagai pemain Serbia terbaik yang pernah bermain di Premier League. Pemain berposisi bek tengah ini berkarier di Inggis selama delapan tahun, sejak 2006 hingga 2014 bersama Manchester United. Sosok Vidic terkenal tangguh dalam mengawal lini belakang Setan Merah sehingga posisinya nyaris tak tergantikan.

Vidic total meraih 15 trofi selama membela MU, termasuk 5 gelar Premier League. Ia juga merupakan satu-satunya pemain Serbia yang pernah dinobatkan jadi pemain terbaik Premier League. Bahkan, ia meraihnya tak hanya sekali! Vidic sukses meraih penghargaan ini sebanyak dua kali. Sebuah capaian yang menyejajarkan namanya dengan torehan Thierry Henry dan Cristiano Ronaldo.

2. Branislav Ivanovic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Branislav Ivanovic (skysports.com)

Pemain yang satu ini juga berposisi sebagai bek tengah. Branislav Ivanovic menghabiskan 10 musim kariernya di Premier League; sembilan musim di antaranya bersama Chelsea. Ia adalah pemain Serbia dengan trofi Premier League terbanyak setelah Vidic, yaitu 3 trofi.

Selain itu, Ivanovic juga sukses meraih 7 trofi lain bersama The Blues, termasuk Liga Champions 2011/12. Ivanovic menutup kariernya di Inggris pada 2021 setelah membela West Bromwich Albion selama semusim.

3. Mateja Kezman 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Mateja Kezman (skysports.com)

Ivanovic bukan satu-satunya pemain Serbia yang pernah juara Premier League bersama Chelsea. Ada pula nama Mateja Kezman, striker yang terkenal sangat tajam kala masih bermain untuk PSV Eindhoven. Bahkan, Kezman adalah pemain Serbia pertama yang meraih trofi Premier League, lho! Kezman meraihnya bersama Chelsea di musim 2004/05.

Kezman sendiri sebenarnya kurang bersinar selama membela Chelsea. Ia hanya mencetak 7 gol dalam 41 laga di semua ajang. Catatan tersebut tentu jauh menurun dibandingkan rekornya bersama PSV, yaitu 129 gol dalam 176 partai. Karena terbilang flop, Kezman akhirnya hanya bertahan semusim di Chelsea dan hengkang setahun berselang setelah kedatangannya ke London.

Baca Juga: Deretan Mantan Bintang Premier League yang Pensiun di Tahun 2021

4. Aleksandar Kolarov 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Aleksandar Kolarov (twitter.com/mancity)

Berikutnya ada nama Aleksandar Kolarov, bek kiri yang membela Manchester City sejak 2010 hingga 2017. Kolarov terbilang cukup bersinar bersama City dan sukses bermain di 247 laga di semua ajang. Sebagai bek sayap, Kolarov pun cukup tajam dengan catatan 21 gol. Banyak di antara catatan gol tersebut buah dari tendangan bebas yang memang merupakan keahliannya.

Kolarov sendiri total telah meraih 6 trofi bersama Manchester City, termasuk 2 trofi Premier League. Saat ini, ia sudah berusia 36 tahun dan sedang berkarier di Serie A bersama Inter Milan. 

5. Matija Nastasic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Matija Nastasic (skysports.com)

Bek asal Serbia yang satu ini juga sukses juara Premier League bersama Manchester City. Matija Nastasic adalah bek tengah yang membela City dari 2012 hingga 2015. Nastasic tampil apik di musim pertamanya, 2012/13, hingga dinyatakan sebagai pemain muda terbaik di akhir musim.

Nastasic kemudian berhasil meraih trofi Premier League di musim berikutnya meski ia jarang tampil karena cedera. Masalah cedera itu akhirnya membuat penampilan Nastasic menurun dan kehilangan tempat di tim utama. Ia pun akhirnya hengkang di musim berikutnya.

6. Nemanja Matic 

6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? potret Nemanja Matic (chelseafc.com)

Satu lagi pemain Serbia yang pernah juara Premier League bersama Chelsea adalah Nemanja Matic. Matic membawa Chelsea meraih trofi di musim 2014/15 dan 2016/17. Ia juga berperan besar dalam kesuksesan tersebut karena menjadi pemain inti di lini tengah The Blues.

Sejak 2017, Matic hengkang dari Chelsea dan bergabung bersama Manchester United. Sejauh ini, ia belum meraih trofi apapun bersama Setan Merah meski sempat menjadi runner-up di beberapa ajang. Sanggupkah Matic akhirnya membawa MU memenangi gelar musim ini?

Enam pemain Serbia di atas pernah berhasil menjuarai Premier League. Mampukah pemain Serbia lain yang kini merumput di kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut menyamai torehan prestasi para pendahulu?

Baca Juga: 5 Pemain Premier League dengan Kenaikan Banderol Tertinggi Saat Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya