Comscore Tracker

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022

Bahu-membahu antar Inggris ke perempat final

English Premier League (EPL) mengenal istilah Big Six alias enam klub terbesar dan terpopuler di Inggris saat ini. Di kompetisi domestik, keenam klub anggota Big Six EPL senantiasa bersaing ketat. Namun, ketika saatnya membela Timnas Inggris, para penggawa keenam klub tersebut bersatu.

Persatuan itu tergambar nyata dalam perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Inggris sudah menapaki babak perempat final dan keberhasilan The Three Lions tak lepas dari jasa para pemain anggota Big Six EPL.

Inilah andil penggawa klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022.

1. Marcus Rashford, Harry Maguire, dan Luke Shaw angkat nama Manchester United

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Marcus Rashford dan Luke Shaw (fifa.com)

Piala Dunia 2022 jadi panggung bagi banyak pemain Manchester United, tak terkecuali para penggawa Setan Merah yang mewakili Inggris. Marcus Rashford, Harry Maguire, dan Luke Shaw menampilkan performa hebat yang turut mengangkat nama Manchester United.

Marcus Rashford baru sekali tampil sebagai starter di Piala Dunia 2022, tetapi sudah mencetak tiga gol. Ia pun menjadi salah satu kandidat peraih sepatu emas pada akhir turnamen.

Sementara, Luke Shaw jadi andalan di pos bek kiri dan sempat menyumbang satu assist di laga melawan Iran. Bahkan, Harry Maguire yang kerap tampil buruk bersama Manchester United pun berperan penting dalam perjalanan Inggris di Qatar.

Maguire mengawal pertahanan The Three Lions hingga baru kebobolan dua gol. Satu assist sempat jadi persembahannya ketika melawan Iran.

2. Bukayo Saka tunjukkan kematangan luar biasa pada usia muda

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Bukayo Saka (instagram.com/bukayosaka87)

Arsenal yang saat ini tengah memimpin klasemen EPL juga terangkat berkat kinerja Bukayo Saka. Ia adalah salah satu pemain termuda Inggris di Piala Dunia 2022, tetapi menunjukkan kematangan luar biasa sehingga dipercaya tiga kali jadi starter sejauh ini.

Saka pun membayar kepercayaan itu dengan mencetak 2 gol ke gawang Iran dan 1 gol ke jala Senegal. Kemungkinan besar, ia akan kembali diandalkan Inggris pada babak perempat final melawan Prancis. Baru berusia 21 tahun, Saka bahkan bisa terus jadi pemain kunci Inggris hingga tahun-tahun mendatang.

3. Raheem Sterling torehkan gol pertama di Piala Dunia

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Raheem Sterling (instagram.com/sterling7)

Pemain Chelsea juga menunjukkan kontribusinya bagi Inggris di Piala Dunia 2022. Khususnya Raheem Sterling, yang mencetak 1 gol dan 1 assist saat Inggris menghadapi Iran pada fase grup.

Itu adalah torehan gol pertama Sterling di Piala Dunia. Sayangnya, Sterling belakangan harus pulang ke Inggris karena masalah pribadi.

Selain Sterling, ada pula Mason Mount, gelandang Chelsea yang sudah tampil tiga kali di Piala Dunia 2022. Meski belum menyumbang gol maupun assist, Mount turut berperan sebagai salah satu pembangun serangan tim.

Baca Juga: Brace Bukayo Saka Buat Bungkam Kritik ke Inggris

4. John Stones kokoh di belakang, Phil Foden dan Jack Grealish berbahaya di depan

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Phil Foden dan Jack Grealish (instagram.com/philfoden)

Manchester City adalah klub penyumbang pemain terbanyak bagi Inggris di Piala Dunia 2022, yaitu lima pemain. Salah satu yang menonjol adalah John Stones.

Duet Stones bersama Maguire di jantung pertahanan Inggris terbukti kokoh. Dari catatan 3 clean sheets dalam 4 laga sejauh ini, mereka tampak kuat.

Sementara, Phil Foden dan Jack Grealish adalah ancaman di lini depan. Khususnya Foden, yang sudah menyumbang 1 gol serta 2 assist sejauh ini.

Grealish pun bisa mengancam sebagai supersub. Ia sempat membuat gol ketika turun sebagai pengganti di laga kontra Iran.

5. Harry Kane pimpin rekan-rekannya ke perempat final Piala Dunia untuk kedua kali

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Tottenham Hotspur tak mau ketinggalan. Kapten sekaligus striker andalan Inggris di Piala Dunia 2022 adalah penggawa The Lilywhites, Harry Kane.

Kane memimpin rekan-rekannya lolos ke perempat final Piala Dunia untuk kedua kali. Sebelumnya, ia sukses pada edisi 2018.

Sering dijaga ketat oleh bek lawan, Kane baru mencetak satu gol di Qatar. Namun, ia mengalihkan kontribusinya dengan cara menyumbang tiga assist sejauh ini. Kemampuan Kane yang serbabisa membuat dirinya tak tergantikan sebagai ujung tombak utama The Three Lions.

6. Pengalaman Jordan Henderson penting bagi skuad muda Inggris

Andil Penggawa Klub Big Six EPL bagi Inggris di Piala Dunia 2022Jordan Henderson (instagram.com/jhenderson)

Bagaimana dengan Liverpool? Si Merah mengirimkan dua pemainnya mewakili Inggris di Piala Dunia 2022. Trent Alexander-Arnold adalah salah satunya, tetapi sayangnya ia minim kesempatan tampil.

Sementara, Jordan Henderson sudah tiga kali bermain. Ia sempat mencetak gol vital pada babak 16 besar.

Saat itu, gol Henderson ke gawang Senegal menjadi awal kemenangan Inggris. Namun, kualitasnya yang paling dibutuhkan Inggris di Piala Dunia 2022 bukanlah ketajamannya. Pengalaman dan mental juara gelandang 32 tahun ini penting untuk membimbing skuad Inggris yang disesaki banyak pemain muda.

Para pemain di atas membela klub-klub Big Six EPL yang punya rivalitas panas di kancah domestik. Namun, mereka terbukti kompak bahu-membahu membela Inggris di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Menit 38, Jordan Henderson Pecah Kebuntuan Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya