3 Eks Bintang EPL yang Dilepas OGC Nice pada Musim Panas 2023

Sederet pemain ini pernah membela klub besar Premier League

Klub-klub Eropa tengah membenahi skuad pada bursa transfer musim panas 2023. Tak terkecuali klub-klub Ligue 1 Prancis, termasuk OGC Nice. Sembari berburu pemain baru, Nice sejauh ini juga telah resmi melepas lima pemain mereka secara permanen.

Itu termasuk tiga pemain yang pernah bermain di English Premier League (EPL). Nama mereka bahkan cukup populer selama berseragam klub besar EPL. Namun, kini karier mereka telah menurun, bahkan baru saja dilepas Nice secara gratis.

1. Morgan Schneiderlin meredup setelah gabung Manchester United

3 Eks Bintang EPL yang Dilepas OGC Nice pada Musim Panas 2023Morgan Schneiderlin (ogcnice.com)

Pertama, ada Morgan Schneiderlin, gelandang asal Prancis yang pernah membela Manchester United. Schneiderlin diboyong Manchester United pada 2015 setelah bersinar bersama Southampton. Sayangnya, kepindahan itu belakangan membuat karier Schneiderlin meredup.

Schneiderlin cukup banyak tampil dan turut meraih trofi Piala FA pada musim pertamanya bersama Manchester United. Namun, ia amat minim menit bermain pada musim keduanya. Schneiderlin pun terbuang ke Everton dan sempat bertahan 3,5 musim sebelum hijrah ke OGC Nice pada 2020.

Bersama Nice, Schneiderlin tampil 59 kali dalam 2 musim pertamanya. Ia lalu menghabiskan musim 2022/2023 sebagai pinjaman di klub Australia, Western Sydney Wanderers. Sekembalinya ke Nice pada musim panas 2023, Schneiderlin dilepas gratis karena kontraknya tak diperpanjang.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Membela OGC Nice pada 2022/2023, Penuh Pengalaman

2. Aaron Ramsey pernah jadi gelandang andalan Arsenal

3 Eks Bintang EPL yang Dilepas OGC Nice pada Musim Panas 2023Aaron Ramsey berseragam Arsenal. (arsenal.com)

Sementara, nama Aaron Ramsey pasti begitu lekat dengan Arsenal. Sang gelandang asal Wales memang lama berseragam Arsenal, tepatnya pada 2008–2019. Selama 11 tahun, Ramsey cukup diandalkan The Gunners hingga bisa mencatat 369 penampilan di semua ajang.

Kontribusi Ramsey bagi Arsenal mencakup 64 gol dan 66 assist. Ia juga sukses meraih lima trofi bersama Arsenal. Setelah meninggalkan Arsenal, Ramsey juga sempat merasakan sukses bareng Juventus pada 2019–2022, di antaranya ia turut memenangi Scudetto 2019/2020.

Ramsey bergabung dengan Nice pada musim panas 2022 karena sudah tak terpakai di Juventus. Bersama Nice, Ramsey akhirnya hanya bertahan semusim dengan catatan 34 laga dan 1 gol. Kini, Ramsey sudah resmi bergabung kembali dengan klub pertamanya, Cardiff City.

3. Ross Barkley terbuang dari OGC Nice pada usia 29 tahun

3 Eks Bintang EPL yang Dilepas OGC Nice pada Musim Panas 2023Ross Barkley (ogcnice.com)

Ross Barkley juga dilepas Nice hanya 1 musim setelah bergabung pada musim panas 2022. Sepanjang 2022/2023, Barkley bermain 28 kali di semua kompetisi bagi Nice dan membuat satu gol. Namun, sebagian besar penampilannya terjadi sebagai pemain pengganti.

Hal itu seolah jadi penegas betapa sudah menurunnya karier Barkley. Sang gelandang asal Inggris sempat bersinar kala membela Everton pada 2010–2018. Namun, Barkley kemudian memutuskan pindah ke Chelsea, sebuah langkah yang ternyata membuat kariernya terhambat.

Bersama Chelsea, Barkley sempat cukup banyak tampil pada musim 2018/2019 dan 2019/2020. Selebihnya, ia lebih sering jadi penghangat bangku cadangan. Meski kini sudah terbuang dari Nice, Barkley masih punya waktu memperbaiki kariernya karena baru berusia 29 tahun.

Tiga pemain di atas pernah populer bersama klub-klub besar EPL pada masanya. Namun, kini karier mereka sudah menurun, bahkan tak terpakai lagi di OGC Nice hingga akhirnya dilepas secara gratis. Masih adakah yang bisa mereka tawarkan jelang masa pengujung kariernya?

Baca Juga: 5 Pembelian Mahal OGC Nice dari Sesama Klub Ligue 1, Ada Nama Baru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya