Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit Dilupakan

Ada sejumlah rekor yang tercipta di Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020 telah berakhir sejak hari Senin (12/7/2020) lalu. Namun bayang-bayang turnamen sepak bola terakbar di Eropa itu pasti masih terekam jelas di benak para penggemar. Bukan semata karena belum lama terjadi, tapi juga karena Piala Eropa 2020 adalah edisi yang sulit dilupakan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Piala Eropa 2020 jadi begitu memorable. Tak hanya kejadian di dalam lapangan, momen-momen di luar lapangan pun membuat turnamen ini semakin berwarna. Ini dia 5 hal yang membuat Piala Eropa 2020 sulit dilupakan.

1. Banyak gol yang terjadi

Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit DilupakanPiala Eropa 2020 jadi edisi dengan gol terbanyak (teamtalk.com)

Salah satu hal yang membuat pertandingan sepak bola menarik tentu adalah gol yang terjadi, terutama kalau jumlah golnya banyak. Nah, Piala Eropa 2020 jadi menarik karena jumlah golnya adalah yang terbanyak sepanjang sejarah. Laman resmi UEFA menyebut bahwa Piala Eropa 2020 adalah edisi dengan gol terbanyak, yaitu 142 gol.

Jumlah itu lebih banyak dari edisi 2016 lalu yang juga diikuti 24 peserta, yaitu total 108 gol. Dengan 51 laga, rata-rata gol di Piala Eropa 2020 pun sangat tinggi, yaitu 2,78 gol per laga. Itu adalah rekor tertinggi sejak Piala Eropa mulai menggunakan babak penyisihan grup pada edisi 1980.

Hampir semua pertandingan di Piala Eropa 2020 juga selalu menghasilkan gol. Hanya ada dua laga yang berakhir tanpa gol, yaitu laga Spanyol vs Swedia dan Inggris vs Skotlandia di babak grup. Bagi penonton netral, jelas Piala Eropa 2020 adalah edisi yang sangat menghibur karena terjadinya banyak gol.

2. Ada sejumlah rekor yang tercipta

Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit DilupakanCristiano Ronaldo jadi pemain dengan caps dan gol terbanyak di Piala Eropa (goal.com)

Turnamen yang menghasilkan sejumlah rekor tentu juga menarik disaksikan dan sulit dilupakan. Selain rekor jumlah gol dan rata-rata gol, Piala Eropa 2020 juga menghasilkan sejumlah rekor unik. Misalnya rekor gol bunuh diri terbanyak (11 gol), jumlah pencetak gol terbanyak (80 pemain), dan jumlah penalti terbanyak (17 penalti).

Sejumlah pemain juga mencatat rekor pribadi di Piala Eropa 2020. Misalnya Cristiano Ronaldo, yang jadi pemain dengan caps terbanyak (25 caps) serta gol terbanyak (14 gol) di Piala Eropa. Pemain Polandia, Kacprer Kozlowski, jadi pemain termuda yang pernah tampil di Piala Eropa, kala ia bermain di laga Polandia vs Spanyol di usia 17 tahun 246 hari.

Bahkan di babak final Piala Eropa 2020 pun ada dua pemain yang mencetak rekor. Luke Shaw jadi pencetak gol tercepat di final Piala Eropa, sedangkan Leonardo Bonucci jadi pencetak gol tertua di final Piala Eropa. Semua rekor tersebut membuat Piala Eropa 2020 unik dan sulit terlupakan.

Baca Juga: 5 Gol Terbaik di Piala Eropa 2020, Schick hingga Yarmolenko!

3. Terjadi beberapa kejutan

Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit DilupakanSwiss membuat kejutan dengan menyingkirkan Prancis di Piala Eropa 2020. (nytimes.com)

Sebuah kejuaraan juga akan sangat menarik disaksikan jika banyak kejutan yang terjadi. Piala Eropa 2020 pun menghasilkan sejumlah kejutan. Salah satu yang paling diingat tentu kala Swiss menyingkirkan Prancis di babak 16 besar. Padahal, Prancis yang berstatus juara dunia 2018 tentu jauh lebih diunggulkan dibanding Swiss.

Kejutan besar juga ditampilkan Denmark dengan mencapai babak semifinal. Tak banyak orang yang menyangka Tim Dinamit bisa melaju sejauh itu, apalagi mereka mengawali Piala Eropa 2020 dengan buruk karena kalah di dua laga awal. Semua kejutan yang terjadi membuat Piala Eropa 2020 menarik disaksikan karena hasilnya tak mudah ditebak.

4. Diwarnai sejumlah drama dan kontroversi di dalam dan di luar lapangan

Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit DilupakanPiala Eropa 2020 diwarnai beberapa drama dan kontroversi (thestar.com)

Tak bisa dipungkiri, drama dan kontroversi yang terjadi bisa membuat sebuah turnamen jadi jauh lebih menarik untuk disaksikan. Piala Eropa 2020 juga diwarnai sejumlah drama dan kontroversi. Misalnya kontroversi di semifinal antara Inggris melawan Denmark, di mana Inggris mendapat penalti di extra time gara-gara aksi 'licik' Raheem Sterling.

Partai final Piala Eropa 2020 pun berlangsung dramatis, karena tiga eksekutor Inggris yang berusia muda gagal mencetak gol pada babak adu penalti hingga The Three Lions takluk dari Italia. Itu menjadi dramatis karena Inggris berstatus tuan rumah, dan mereka sempat unggul terlebih dahulu di waktu normal serta pada saat adu penalti.

Tak hanya di dalam lapangan, sejumlah drama dan kontroversi juga terjadi di luar lapangan. Misalnya saat Cristiano Ronaldo menyingkirkan botol minuman ringan sehingga menyebabkan saham perusahaan minuman tersebut anjlok. Ada pula kontroversi soal dilarangnya ban kapten berwarna pelangi karena dianggap mengandung unsur politik.

Bahkan teori konspirasi pun mewarnai Piala Eropa 2020, yaitu bahwa UEFA memudahkan langkah Inggris jadi juara. Teori itu muncul karena Inggris memainkan hampir seluruh pertandingan mereka di Wembley, dan dianggap 'dibantu' wasit pada babak semifinal. Semua kontroversi tersebut turut membuat Piala Eropa jadi seru dan menarik disaksikan.

5. Pertunjukkan sportivitas dan respek yang luar biasa

Berkesan, Ini 5 Hal Membuat Piala Eropa 2020 Sulit DilupakanChristian Eriksen dapat banyak dukungan setelah alami musibah di Piala Eropa 2020 (sportbible.com)

Di samping kontroversi, Piala Eropa 2020 juga diperindah oleh adanya pertunjukkan sportivitas dan respek yang luar biasa. Itu terutama terlihat setelah Christian Eriksen mendapat musibah dengan kolaps di laga melawan Finlandia. Segera, Eriksen mendapat dukungan dari semua publik sepak bola, bahkan dari tim-tim yang menjadi lawan Denmark.

Saling respek antar lawan juga terlihat kala kapten Makedonia Utara, Goran Pandev, diberi penghargaan berupa jersey khusus dari Timnas Belanda karena akan pensiun dari timnas. Selain menyemarakkan Piala Eropa 2020, pertunjukkan respek demikian juga jadi contoh yang baik untuk semua pihak untuk saling respek dan menunjukkan sportivitas.

Itulah 5 hal yang membuat Piala Eropa 2020 jadi berkesan dan sulit dilupakan. Kalau menurutmu, apa yang paling membuat Piala Eropa menarik disaksikan?

Baca Juga: 10 Fakta Jordan Pickford, Kiper Hebat Inggris di Piala Eropa 2020

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya