Comscore Tracker

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh Ini

Bukti bahwa segala sesuatu bisa terjadi di sepak bola

Piala Eropa 2020 baru saja menyelesaikan babak 16 besar. Masih ada tiga fase lagi untuk sampai ke partai puncak, namun sejauh ini sudah terjadi sejumlah hal menarik di turnamen ini. Salah satunya adalah soal munculnya beberapa kejutan berupa tim-tim kecil yang berhasil menahan, bahkan mengalahkan tim-tim unggulan.

Hingga saat ini, sudah ada setidaknya 6 pertandingan di Piala Eropa 2020 yang hasilnya terbilang mengejutkan. Para pencinta sepak bola pun seolah diingatkan lagi bahwa bola itu bundar sehingga segala sesuatunya selalu bisa terjadi. Inilah 6 laga di Piala Eropa 2020 dengan hasil paling mengejutkan sejauh ini.

1. Denmark 0-1 Finlandia

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniFinlandia kalahkan Denmark di fase grup (cbssports.com)

Piala Eropa 2020 sudah langsung diwarnai hasil mengejutkan di partai ketiga. Denmark harus menyerah 0-1 dari tim debutan, Finlandia. Padahal tentu saja Tim Dinamit lebih diunggulkan. Namun, satu gol dari Joel Pohjanpalo di menit 60 membuat Denmark takluk meski akhirnya tetap berhasil lolos dari fase grup.

Laga itu sendiri sempat disela oleh insiden mengerikan ketika Christian Eriksen kolaps di tengah pertandingan karena serangan jantung. Sedikit banyak hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat mental para pemain Denmark down dan akhirnya kalah. Eriksen belakangan bisa pulih meski ia diperkirakan tak akan bisa bermain lagi.

2. Hungaria 1-1 Prancis

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniHungaria berhasil menahan imbang Prancis. (indiatimes.com)

Kejutan juga terjadi di matchday kedua grup F saat Hungaria berhasil menahan imbang sang juara Piala Dunia 2018, Prancis, dengan skor 1-1. Sebelum Piala Eropa 2020 bergulir, banyak pihak memprediksi Hungaria bakal jadi bulan-bulanan tiga tim kuat yang tergabung di grup F, yaitu Portugal, Prancis, dan Jerman.

Namun, nyatanya Attila Fiola dkk. berhasil membalikkan ramalan dan membuat Prancis tak bisa menang. Mereka bahkan sempat unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol Fiola dan hanya bisa dibalas sekali di babak kedua oleh Antoine Griezmann. Hebatnya lagi, kejutan Hungaria kemudian berlanjut di matchday terakhir grup.

Baca Juga: Orang Tua Pemain Prancis Ribut Gara-gara Penalti Gagal Mbappe

3. Jerman 2-2 Hungaria (fase grup)

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniPara pemain Hungaria merayakan gol ke gawang Jerman (uefa.com)

Sesudah Prancis, giliran Jerman yang dibuat kesulitan oleh Hungaria di partai penentuan grup F. Hungaria memaksa Tim Panser dua kali tertinggal melalui gol Adam Szalai dan Andras Schafer. Jerman bahkan sempat terancam gagal lolos dari fase grup dan baru bisa menyelamatkan satu poin 6 menit sebelum laga usai melalui Leon Goretzka.

Meski akhirnya gagal lolos dari fase grup, Hungaria membuktikan bahwa mereka tak bisa diremehkan. Diperkirakan tak bisa meraih poin, Hungaria sukses dapat 2 poin dan mencetak 3 gol ke gawang tim-tim kuat. Jelas, Hungaria berhak berbangga dengan performa hebat mereka di Piala Eropa 2020.

4. Belanda 0-2 Republik Ceko

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniRepublik Ceko kalahkan Belanda di babak 16 besar (90min.com)

Babak knockout Piala Eropa 2020 juga diwarnai hasil-hasil mengejutkan. Di babak 16 besar, Belanda dipaksa angkat koper oleh Republik Ceko yang melibas mereka dua gol tanpa balas. Padahal, Tim Oranye jelas lebih diunggulkan di atas kertas. Tak hanya karena materi pemain, tapi juga hasil sempurna yang diraih Belanda di fase grup.

Berawal dari kartu merah yang diterima bek Matthijs de Ligt di menit 55, Belanda mulai oleng, terutama di belakang. Mereka lalu kebobolan 5 menit kemudian melalui tandukan Tomas Holes, disusul gol Patrik Schick di menit 80. Belanda pun meneruskan puasa trofi mayor mereka yang sudah berlangsung sejak 1988.

 5. Prancis 3-3 Swiss (adu penalti 4-5)

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniSwiss membuat kejutan dengan menyingkirkan Prancis. (indianexpress.com)

Bisa dibilang ini adalah hasil pertandingan yang paling mengejutkan di Piala Eropa 2020 sejauh ini. Prancis yang berstatus juara dunia 2018 harus gugur di babak 16 besar karena dikalahkan tim yang sama sekali tak diunggulkan, yaitu Swiss. Bahkan, kemenangan Swiss pun terjadi dengan cara yang dramatis.

Granit Xhaka dkk. sempat tertinggal 1-3, namun mereka sukses menyamakan kedudukan melalui dua gol di 10 menit terakhir. Di babak adu penalti, Swiss menang berkat aksi kiper Yann Sommer menahan sepakan penentuan Kylian Mbappe.

Tentu hampir semua fans dibuat terkejut akan hasil ini. Prancis yang merupakan salah satu unggulan justru takluk dari Swiss yang kalah materi pemain dan pengalaman. Bahkan, Swiss belum pernah lolos ke perempat final Piala Eropa sebelumnya.

6. Inggris 2-0 Jerman

6 Hasil Laga Paling Mengejutkan di Piala Eropa 2020 Sejauh IniInggris mengalahkan Jerman yang lebih diunggulkan (indianexpress.com)

Meski bertajuk big match antara dua negara unggulan, tak bisa dimungkiri bahwa Jerman lebih pantas diunggulkan di laga 16 besar melawan Inggris. Tim Panser terkenal punya rekor bagus di turnamen mayor, sementara Inggris justru kerap melempem. Selain itu, permainan Inggris pun belum baik, terutama lini depan mereka yang baru mencetak 2 gol.

Namun, ternyata The Three Lions pun sukses bikin kejutan. Meski kalah dominan, Inggris berhasil menang dua gol tanpa balas sehingga membuat Jerman kalah di perempat final Piala Eropa untuk pertama kalinya. Sementara itu, Inggris untuk pertama kalinya pula menang di babak knockout Piala Eropa sejak edisi 1996.

Selain lolos, Inggris juga menjadi satu-satunya tim di perempat final yang gawangnya masih perawan alias belum kebobolan sekali pun. Harry Kane pun akhirnya pecah telur di ajang Piala Eropa sehingga pasti rasa percaya dirinya pun akan meningkat. Itu semua bisa menjadi modal berarga pasukan Gareth Southgate untuk menghadapi babak perempat final nanti.

 

Itulah 6 laga di Piala Eropa 2020 yang hasilnya paling mengejutkan sejauh ini. Bisa jadi, kejutan demi kejutan masih akan terus berlanjut di sisa turnamen ini. Hasil pertandingan mana sejauh ini yang paling membuatmu terkejut?

Baca Juga: Ganasnya 2 Predator Inggris Saat Terkam Jerman

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya