Comscore Tracker

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022

Ada yang memimpin daftar top skor sementara

Seorang kapten tim sepak bola bertugas memimpin rekan-rekannya di lapangan. Selain itu, ia juga mesti bisa membangkitkan semangat timnya. Salah satu caranya adalah dengan tampil maksimal sehingga rekan-rekannya juga terdorong untuk melakukan hal yang sama.

Sebuah tim khususnya bakal makin bersemangat juga sang kapten bisa mencetak gol. Di putaran pertama fase grup Piala Dunia 2022 Qatar, sudah ada lima kapten tim yang berhasil mencetak gol bagi negaranya. Namun, hasil yang diraih timnya sendiri ternyata cukup beragam.

1. Enner Valencia

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Enner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Yang pertama tentu Enner Valencia, kapten Timnas Ekuador. Valencia adalah pencetak gol pertama Piala Dunia 2022 melalui tendangan penalti pada laga pembuka melawan Qatar. Gol keduanya di laga itu juga adalah gol kedua di Piala Dunia 2022 sekaligus memastikan Ekuador menang 2-0.

Bahkan, Valencia lagi-lagi jadi pahlawan negaranya pada matchday kedua Grup A. Ia mencetak gol penyama kedudukan ke gawang Belanda sehingga Ekuador mencuri satu poin dari Tim Oranye. Dengan tiga gol, pemain berusia 33 tahun ini pun untuk sementara memimpin daftar top skor Piala Dunia 2022.

2. Gareth Bale

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Gareth Bale (instagram.com/garethbale11)

Kapten kedua yang mencetak gol di Piala Dunia 2022 adalah Gareth Bale. Bale menjadi penyelamat Timnas Wales di laga melawan Amerika Serikat berkat gol penaltinya jelang akhir laga. Wales pun terhindar dari kekalahan dan sukses menahan imbang Amerika Serikat 1-1.

Selain itu, gol tersebut juga membuat Bale makin kokoh sebagai top skor sepanjang masa Timnas Wales. Ia kini punya koleksi 41 gol dalam 110 caps. Sayangnya, pada laga kedua fase grup Piala Dunia 2022, Bale gagal menghindarkan Wales dari kekalahan 0-2 atas Iran.

Baca Juga: 10 Momen Rafathar Nonton Messi Langsung, Sedih Argentina Kalah

3. Lionel Messi

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Lionel Messi menendang penalti ke gawang Arab Saudi di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Lionel Messi dan Timnas Argentina diprediksi bisa melaju jauh di Piala Dunia 2022. Sayangnya, pada laga pertama Grup C melawan Arab Saudi, Argentina secara mengejutkan tumbang 2-1. Namun, setidaknya Messi sudah membuka kran golnya di Piala Dunia kali ini.

Messi mencetak gol melalui titik penalti saat laga baru berjalan 10 menit. Setelah itu pun Argentina tetap mendominasi laga meski akhirnya malah keok. Pada dua laga berikutnya melawan Meksiko dan Polandia, Messi bersama Argentina harus tancap gas agar bisa lolos ke babak berikutnya.

4. Cristiano Ronaldo

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Cristiano Ronaldo merayakan kemenangan atas Ghana di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Ada Messi, tentu ada pula Cristiano Ronaldo. Sang kapten Portugal itu memang seolah tak pernah mau kalah dari seteru abadinya. Ronaldo menyusul Messi dengan menciptakan gol penalti pada laga Grup H melawan Ghana. Selain itu, tak seperti Messi, Ronaldo sukses membawa timnya menang.

Gol Ronaldo ke gawang Ghana sendiri tercatat dalam sejarah. Gol itu membuat Ronaldo jadi pesepak bola pria pertama yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia. Plus, ia juga makin mempertajam rekornya sebagai pemain tersubur di level internasional dengan koleksi 118 gol sejauh ini.

5. Andre Ayew

5 Kapten yang Cetak Gol di Putaran Pertama Fase Grup Piala Dunia 2022Andre Ayew (instagram.com/andreayew10)

Satu lagi kapten yang sudah berhasil mencetak gol di Piala Dunia 2022 sejauh ini adalah Andre Ayew. Ayew melakukannya pada laga yang sama dengan Ronaldo, yaitu Portugal melawan Ghana. Gol Ayew pada menit ke-73 adalah balasan atas gol Ronaldo sehingga skor sempat berimbang 1-1.

Sayangnya, pada akhirnya Ghana tetap harus mengaku kalah 2-3. Namun, peluang The Black Stars untuk melaju masih tetap terbuka. Bagi Ayew sendiri, gol ke gawang Portugal adalah gol ketiganya di Piala Dunia. Ia hanya kalah dari Asamoah Gyan, eks bomber Ghana yang punya koleksi enam gol.

Mencetak gol di Piala Dunia adalah prestasi hebat bagi para pemain di atas. Namun, sebagai kapten, yang terpenting bagi mereka adalah membawa timnya berprestasi. Sejauh mana mereka bisa membawa timnya masing-masing melaju di Piala Dunia 2022?

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Pecahkan 5 Rekor di Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya