5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier League

Mereka terkenal sebagai pemain yang keras 

Dalam dunia sepak bola, seorang pemain biasanya akan dikenal berkat catatan gol atau assist. Atau bagi pemain bertahan, catatan clean sheet bisa jadi indikator kualitasnya. Namun ada statistik lain yang gak kalah penting, yaitu jumlah kartu merah yang diterima.

Pemain yang sering mendapatkan kartu merah dari wasit biasanya akan dikenal sebagai pemain yang agresif, dan keberadaannya bisa sangat mempengaruhi jalannya pertandingan. Nah, berikut ini adalah 5 pemain yang paling sering mendapat kartu merah di Premier League sepanjang masa, seperti dilansir dari laman Statbunker. Bisa tebak siapa saja pemain tersebut?

5. Roy Keane 

5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier Leaguetalksport.com

Pencinta Liga Inggris pasti mengenal pemain yang menjabat kapten Manchester United selama 8 musim ini. Melihat gaya bermain dan perangainya yang keras, gak mengherankan jika ia masuk ke dalam 5 besar pemain dengan kartu merah terbanyak di Premier League. Jumlahnya adalah 7 kartu merah, yang ia koleksi dalam 366 laga bersama MU dan Nottingham Forest.

Selain itu, pemain berkebangsaan Irlandia ini juga mengumpulkan 73 kartu kuning di liga. Namun selain sebagai sosok yang keras, Keane juga patut dikenang sebagai salah satu pemain tersukses di Premier League dengan koleksi 7 trofi yang semuanya ia raih bersama Manchester United.

4. Lee Cattermole 

5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier Leaguechroniclelive.co.uk

Lee Cattermole memang bukan pemain bernama besar di Inggris, dan satu-satunya hal yang orang ingat tentang dirinya mungkin adalah sifatnya yang temperamental. Itu membuat pemain berposisi gelandang bertahan ini mengoleksi 7 kartu merah dan 91 kartu kuning selama bermain di Premier League.

Pernah bermain selama 3 musim Middlesbrough, semusim di Wigan Athletic, dan 10 musim bersama Sunderland. Saat ini usianya sudah menginjak 32 tahun dan ia tengah bermain di klub Belanda VVV-Venlo. Jika suatu saat kembali ke Premier League, bisa jadi koleksi kartunya akan bertambah.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola dengan Koleksi Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Sejarah

3. Duncan Ferguson 

5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier Leaguelolfootball.com

Di posisi ketiga ada Duncan Ferguson, striker yang terkenal sebagai legenda Everton. Ia menghabiskan total 10 musim bersama The Toffees, dengan catatan 68 gol dalam 269 laga. Namun yang lebih menonjol dari Ferguson justru bukan ketajamannya, tapi temperamennya yang sulit dikendalikan.

Itulah yang menyebabkan Ferguson, meskipun berposisi sebagai striker, mengoleksi 8 kartu merah dan 40 kartu kuning selama bermain di Premier League. Bahkan di luar lapangan, ia pernah 4 kali terjerat masalah hukum akibat kasus penyerangan.

2. Richard Dunne 

5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier Leaguesportsmole.co.uk

Legenda Manchester City Richard Dunne berada di posisi kedua dengan koleksi 8 kartu merah dan 78 kartu kuning. Bek tengah asal Irlandia ini menghabiskan 9 musim bersama The Citizen dan memainkan 431 laga. Ia juga pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Manchester City selama 4 musim.

Tapi selain jumlah kartu merah, Dunne juga ternyata memiliki rekor negatif lain di Premier League. Rekor itu adalah gol bunuh diri terbanyak, yang berjumlah 10 gol! Dunne mengakhiri kariernya di Queens Park Rangers dan pensiun pada 2015.

1. Patrick Vieira 

5 Pemain dengan Kartu Merah Terbanyak Sepanjang Masa di Premier Leagueplanetfootball.com

Gak mengejutkan melihat nama Patrick Vieira bertengger di urutan pertama daftar ini. Gelandang asal Prancis ini memang dikenal memiliki perangai keras tanpa kompromi. Karakter itu membuatnya mengoleksi 8 kartu merah dan 79 kartu kuning dalam 307 penampilan di Premier League bersama Arsenal dan Manchester City, seperti dicatat situs resmi Premier League.

Tapi selain dikenal sebagai gelandang bertenaga kuda, Vieira juga populer sebagai pemain serba bisa yang cerdas. Ia bisa berperan mengatur permainan dan menciptakan peluang. Alhasil, ia juga punya catatan 31 gol dan 34 assist, cukup baik untuk seorang gelandang box-to-box. Itu membuatnya selalu dikenang sebagai pemain yang gak hanya keras tapi juga berwibawa.

Itulah 5 pemain dengan koleksi kartu merah terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Adakah pemain dari klub favoritmu?

Baca Juga: Blunder Berujung Gol dan Kartu Merah, David Luiz Trending di Twitter!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya