Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung Min

Kokoh menggalang lini pertahanan

Berbicara Timnas Korea Selatan, pasti tak akan lepas dari sosok Son Heung Min. Ia memang pantas disebut pemain terbaik dan terpopuler dari Korea Selatan. Tidak heran Son kembali diharapkan jadi pembeda bagi negaranya di Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski begitu, Korea Selatan tak perlu bergantung kepada Son Heung Min seorang. Mereka juga memiliki Kim Min Jae, bek tengah yang namanya sedang melambung. Kim Min Jae bisa jadi sosok pembeda Korea Selatan selain Son Heung Min karena penampilannya sepanjang 2022/2023 ini terbilang apik.

1. Kim Min Jae bersinar bersama Napoli pada awal 2022/2023

Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung MinKim Min Jae berseragam Napoli. (instagram.com/kiminjae3)

Sebelum musim 2022/2023, nama Kim Min Jae masih jarang terdengar oleh fans sepak bola Eropa. Pasalnya, ia menghabiskan 5 tahun pertama kariernya di Asia. Ia baru bermain di Eropa pada 2021/2022. Itu pun bersama Fenerbahce di Liga Turki yang tak terlalu disorot.

Ketika Kim Min Jae tiba-tiba gemilang bersama Napoli, ia seperti jatuh dari langit. Ia bergabung dengan Napoli pada musim panas 2022. Seolah tak butuh adaptasi, Kim langsung jadi andalan I Partenopei.

Sejauh ini, Kim Min Jae sudah bermain 20 kali bagi Napoli dan menyumbang 2 gol. Kontribusinya membuat Napoli merajai Serie A Italia dan lolos dari fase grup Liga Champions Eropa sebagai pemuncak grup. Bahkan, Kim terpilih sebagai pemain terbaik Serie A pada September 2022.

2. Membela Timnas Korea Selatan sejak 2017, tetapi tidak tampil di Piala Dunia 2018 Rusia

Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung MinKim Min Jae (instagram.com/thekfa)

Karena penampilan apik bersama Napoli, sangat wajar jika Kim Min Jae dibawa Timnas Korea Selatan ke Piala Dunia 2022 Qatar. Kariernya bersama timnas sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 2017.

Saat itu, tampaknya Kim diproyeksikan untuk berangkat ke Piala Dunia 2018 Rusia. Sayangnya, hanya beberapa bulan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai, Kim cedera sehingga batal berangkat.

Turnamen mayor pertama Kim Min Jae bersama timnas adalah Piala Asia 2019. Saat itu, ia tampil penuh dalam lima laga hingga akhirnya Korea Selatan gugur di perempat final.

Baca Juga: 5 Fakta Kim Min Jae, Bek Tangguh Andalan Napoli dari Korea Selatan

3. Kim Min Jae Berperan besar meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia 2022 Qatar

Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung MinKim Min Jae (instagram.com/kiminjae3)

Perjuangan Kim Min Jae berikutnya adalah meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia 2022. Ia berhasil melakukannya dengan amat baik. Dari 16 laga yang dijalani pada babak kualifikasi, Korea Selatan menang 12 kali dan hanya kalah 1 kali.

Sebagai bek, Kim Min Jae berperan besar membuat pertahanan Korea Selatan kokoh. Ia hanya absen sekali pada babak kualifikasi. Selama Kim bermain, Korea Selatan hanya kebobolan 3 kali dan 12 kali mencatat clean sheet.

4. Piala Dunia 2022 adalah edisi pertama bagi Kim Min Jae

Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung MinKim Min Jae berduel dengan pemain Kamerun pada laga uji coba jelang Piala Dunia 2022. (instagram.com/thekfa)

Setelah absen di Piala Dunia 2018 Rusia, Kim Min Jae siap tempur di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia akan jadi andalan di lini belakang. Biasanya, Kim diduetkan dengan seniornya yang juga bernama marga Kim, yaitu Kim Young Gwon.

Bahkan, kiper utama Korea Selatan saat ini pun bernama Kim, yaitu Kim Seung Gyu. Kombinasi tiga Kim di lini belakang Korea Selatan telah terbukti kuat selama babak Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kini, saatnya mereka membuktikan diri di turnamen yang sesungguhnya.

5. Bersama Son Heung Min dan Kim Min Jae, Korea Selatan bisa membuat kejutan

Kim Min Jae, Sosok Pembeda Korea Selatan selain Son Heung MinSon Heung Min masih akan jadi andalan utama Korea Selatan di Piala Dunia 2022. (instagram.com/thekfa)

Son Heung Min tentu tetap jadi pemain Korea Selatan yang paling disorot di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, kini Korea Selatan tak hanya punya senjata untuk membobol gawang lawan. Mereka juga punya pertahanan yang solid karena digalang Kim Min Jae dan rekan-rekan.

Maka, Korea Selatan punya peluang untuk mengejutkan. Apalagi dua negara Asia lain sudah membuat kejutan di awal Piala Dunia 2022, yaitu Arab Saudi dan Jepang. Taegeuk Warriors pasti tak ingin ketinggalan untuk membuat kejutan serupa.

Kehadiran Kim Min Jae menjadi angin segar bagi Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Qatar. Ia bisa jadi pembeda hasil yang mereka terima di Piala Dunia 2018. Bisa sejauh mana Korea Selatan melaju bersama Son Heung Min dan Kim Min Jae?

Baca Juga: Son Heung Min Pakai Topeng Sepanjang Piala Dunia 2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya