Comscore Tracker

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 Prancis

Sebagian besar sukses meraih trofi

Gianluigi Donnarumma adalah salah satu kiper muda terbaik saat ini. Tahun lalu, ia sukses mengantarkan Timnas Italia juara Piala Eropa 2020 sekaligus jadi pemain terbaik turnamen. Di level klub, Donnarumma juga berhasil membawa Paris Saint-Germain menjuarai Ligue 1 Prancis 2021/2022.

Donnarumma sendiri bukan kiper Italia pertama yang pernah bermain di Ligue 1. Lima kiper berikut ini lebih dulu menjajal sepak bola Prancis, dan sebagian besar sukses meraih trofi.

1. Flavio Roma

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 PrancisFlavio Roma (asmonaco.com)

Pertama, ada Flavio Roma, kiper Italia yang mulai berkarier pada 1993. Roma awalnya hanya pernah membela klub-klub medioker Italia.

Namun, nasibnya mulai membaik setelah ia diboyong AS Monaco pada 2001. Roma menjadi kiper nomor satu di Monaco, dan ia sukses membawa klubnya meraih prestasi.

Trofi Piala Liga sukses dimenangi Roma bersama Monaco pada 2002/2003. Bahkan, Monaco menorehkan kejutan luar biasa pada 2003/2004 dengan mencapai final Liga Champions meski gagal juara. Roma bertahan membela Monaco hingga 2009, dengan catatan total 249 penampilan dan 94 clean sheets.

2. Morgan De Sanctis

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 PrancisMorgan De Sanctis (twitter.com/AS_Monaco_EN)

Sementara, Morgan De Sanctis adalah kiper Italia yang paling populer saat membela Udinese. Selain itu, De Sanctis juga pernah bermain bagi Juventus, Napoli, dan AS Roma. Pada 2016/2017, De Sanctis bemain di Ligue 1 bersama AS Monaco, yang ternyata menjadi klub terakhirnya.

Selama musim tersebut, De Sanctis memang hanya tampil delapan kali. Namun, ia berhak turut mengangkat trofi Ligue 1 yang diraih Monaco saat itu. Trofi tersebut jadi penutup manis bagi karier De Sanctis yang juga pernah dihiasi Scudetto bersama Juventus dan Coppa Italia bareng Napoli.

Baca Juga: 5 Kiper Top Prancis yang Tengah Merumput di Luar Ligue 1, Ada Lloris!

3. Vito Mannone

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 PrancisVito Mannone (instagram.com/vito_mannone1)

Vito Mannone juga pernah membela AS Monaco pada 2020–2022. Namun, kiper jebolan akademi Arsenal ini hanya menjadi pelapis. Mannone pun hanya tampil 11 kali bagi Monaco dan mencatat 3 clean sheets.

Mannone saat ini masih bermain di Ligue 1. Ia baru pindah ke FC Lorient pada musim panas 2022 dan diberi kontrak setahun. Namun, sejauh ini Mannone belum bermain bagi klub barunya.

4. Salvatore Sirigu

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 PrancisSalvatore Sirigu (skysports.com)

Sebelum Donnarumma, Paris Saint-Germain juga pernah dibela dua kiper asal Italia. Salah satunya adalah Salvatore Sirigu. Sirigu membela PSG pada 2011–2017 sebagai kiper utama. Ia bermain 190 kali dengan catatan 84 clean sheets.

Selama membela PSG, Sirigu juga berhasil meraih tiga belas trofi, serta dua kali terpilih jadi kiper terbaik Ligue 1. Ia pun tercatat sebagai kiper Italia tersukses di Ligue 1 sejauh ini. Setelah sukses di Prancis, Sirigu kembali ke Serie A dan saat ini tengah membela Napoli.

5. Gianluigi Buffon

Selain Donnarumma, 5 Kiper Italia yang Pernah Main di Ligue 1 PrancisGianluigi Buffon (psg.fr)

Ada pula Gianluigi Buffon, salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Italia. Buffon menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Juventus, tepatnya pada 2001–2021. Namun, periode tersebut sempat disela kepindahannya ke PSG pada 2018/2019, sebelum akhirnya kembali ke Juve.

Semusim bersama PSG, Buffon bermain 25 kali di semua ajang dan membuat 9 clean sheets. Ia memenangi trofi Ligue 1 dan Piala Super Prancis. Saat ini, Buffon yang sudah berusia 44 tahun masih aktif bermain di Serie B Italia bersama Parma.

 

Tak hanya Gianluigi Donnarumma, lima kiper asal Italia di atas juga pernah meramaikan Ligue 1 Prancis. Salvatore Sirigu masih jadi yang tersukses hingga saat ini. Mampukah Donnarumma meraih kesuksesan yang lebih besar selama bermain di Ligue 1?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di Ligue 1 Prancis 2021/2022

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya