Comscore Tracker

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Teratas

Sebagian selalu menangkan laga saat mendapatkan penalti

Dalam pertandingan sepak bola, mendapatkan tendangan penalti adalah peluang yang sangat berharga bagi sebuah tim untuk mencetak gol. Tendangan penalti umumnya mudah dikonversi menjadi gol, meski tentu butuh mental kuat untuk melakukannya. Maka sebuah tim yang sering mendapat tendangan penalti biasanya bisa lebih sering mencetak gol.

Musim ini, ada sejumlah klub besar Eropa yang cukup sering mencetak gol melalui tendangan penalti. Beberapa gol penalti yang mereka ciptakan bahkan bermakna cukup vital karena menjadi gol penentu kemenangan. Inilah 6 klub besar dengan gol penalti terbanyak sejauh ini.

1. Chelsea (10 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret Jorginho mengeksekusi penalti (instagram.com/jorginhofrello)

Urutan teratas sejauh ini ditempati Chelsea yang sudah mencetak 10 gol dari titik penalti di semua ajang musim ini. Sembilan gol di antaranya dicetak oleh Jorginho yang memang terkenal sebagai eksekutor penalti jempolan. Jorginho bahkan sampai mencetak rekor gol penalti terbanyak dalam satu tahun kalender, yaitu 10 gol sepanjang 2021.

Gol-gol penalti Jorginho juga beberapa kali memastikan Chelsea meraih poin. Misalnya saat melawan Leeds United di Premier League, ia mencetak dua gol penalti, salah satunya pada injury time yang memastikan The Blues menang 3-2.

Begitu pula saat melawan Manchester United. Gol penalti Jorginho menyelamatkan 1 poin bagi Chelsea setelah sempat tertinggal lebih dulu. Hasil-hasil tersebut turut membuat Chelsea bisa bertahan di peringkat kedua klasemen sementara Premier League setelah 21 pekan.

2. Borussia Dortmund (9 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret para pemain Borussia Dortmund merayakan gol (instagram.com/bvb09)

Berikutnya ada Borussia Dortmund. Sejauh ini, tim ini sudah membuat sembilan gol penalti di semua ajang. Empat gol diciptakan oleh Erling Haaland, sedangkan lima sisanya terbagi ke Marco Reus, Emre Can, dan Raphael Guerreiro. Hebatnya, Dortmund hampir selalu meraih kemenangan setiap kali bisa mencetak gol melalui titik penalti.

Satu-satunya pengecualian adalah laga fase grup Liga Champions melawan Ajax Amsterdam. Meski mencetak gol penalti, Dortmund akhirnya tetap kalah 1-3. Hasil itu pun turut menggusur Dortmund dari Liga Champions dan harus turun kasta ke Europa League. Sementara di Bundesliga, Dortmund masih bertengger di peringkat kedua hingga paruh musim.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

3. Juventus (6 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret Leonardo Bonucci mengeksekusi penalti (instagram.com/bonuccileo19)

Berikutnya, ada tiga klub Serie A yang sudah mencetak 6 gol penalti sejauh ini. Yang pertama adalah Juventus. Enam gol penalti Juve tercipta pada lima partai berbeda dan mereka tak pernah kalah setiap kali mencetak gol penalti.

Enrico Chiesa dan Leonardo Bonucci adalah dua nama yang serng dipercaya jadi eksekutor penalti Juve. Mereka berdua sudah mencetak masing-masing tiga gol penalti sejauh ini. Saat ini, Juve masih tercecer di peringkat kelima Serie A pada paruh musim.

4. Napoli (6 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret para pemain Napoli merayakan gol (instagram.com/officialsscnapoli)

Selanjutnya ada Napoli, yang untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen Serie A. Napoli juga sudah mencetak 6 gol penalti sejauh ini. Lorenzo Insigne menciptakan 4 gol di antaranya, sedangkan sisanya dibuat Piotr Zielinski dan Dries Mertens.

Napoli selalu bisa memenangkan pertandingan setiap kali mereka mencetak gol penalti. Itu termasuk pada ajang Europa League, dimana Napoli lolos dari fase grup sebagai runner-up dan bakal berhadapan dengan Barcelona pada babak playoff sebelum 16 besar.

5. Inter Milan (6 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret para pemain Inter Milan merayakan gol (instagram.com/inter)

Satu lagi klub Serie A yang sudah membuat 6 gol penalti sejauh ini adalah Inter Milan. Keenam gol tersebut terjadi pada enam partai berbeda, tapi hasilnya tak selalu positif. Inter sempat kalah 1-3 dari Lazio meski unggul lebih dulu melalui gol penalti Ivan Perisic.

Kekalahan itu ternyata jadi satu-satunya kekalahan yang diderita Inter di Serie A hingga paruh musim. Nerazzurri pun untuk sementara menguasai puncak klasemen dengan keunggulan 4 angka atas AC Milan di posisi kedua. Sanggupkah bertahan hingga menjadi juara pada akhir musim nanti?

6. Manchester City (6 gol)

6 Klub Besar dengan Gol Penalti Terbanyak Sejauh Ini, Chelsea Terataspotret Raheem Sterling mengeksekusi penalti (instagram.com/sterling7)

Terakhir, ada Manchester City, yang juga sedang menduduki puncak klesemen liga domestiknya yaitu Premier League. City pun sudah mencetak 6 gol penalti sejauh ini. Itu termasuk gol penalti ke gawang Arsenal pada lanjutan Premier League akhir pekan lalu, yang turut membuat The Citizens menang 2-1.

Gol penalti juga sempat menentukan kemenangan City saat menghadapi Wolverhampton Wanderers pada Desember lalu. City pun kini nyaman berada di pole position dengan keunggulan 10 poin atas peringkat kedua. Sepertinya, City lagi-lagi akan melaju mulus hingga akhir musim dan menjadi juara Premier League.


Gol-gol penalti bisa bermakna vital bagi tim, bahkan menjadi penentu kemenangan. Maka, klub yang ingin bersaing jadi juara harus bisa memanfaatkan segala peluang mencetak gol, termasuk melalui penalti.

Baca Juga: 10 Pesepak Bola Paling Ganas dalam Mencetak Gol pada 2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya