8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim Depan

Dari Real Madrid hingga Bayern Munchen

Perhatian para pencinta sepak bola saat ini tengah tertuju kepada dua turnamen internasional yang terjadi di dua benua berbeda, yaitu Piala Eropa 2020 dan Copa America 2021. Namun, di saat yang sama klub-klub Eropa juga sedang mempersiapkan diri menyongsong musim 2021/2022 mendatang.

Selain mendatangkan pemain baru, beberapa klub juga harus mendatangkan pelatih baru. Itu termasuk klub-klub besar Eropa yang pastinya akan mengincar hasil maksimal musim depan. Klub apa saja dan siapa pelatih baru yang akan menangani mereka? Ini dia 8 klub besar Eropa yang akan ditangani pelatih baru musim depan.

1. Real Madrid

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanCarlo Ancelotti kembali ke kursi pelatih Real Madrid (france24.com)

Real Madrid lagi-lagi harus kehilangan pelatih Zinedine Zidane untuk kedua kalinya. Zidane memang telah melatih Los Blancos dalam dua periode, pertama sejak 2016 hingga 2018, dan yang kedua sejak 2019 hingga akhir musim kemarin. Seperti pada 2018, Zidane kali ini juga meninggalkan Madrid bukan karena dipecat, tetapi mengundurkan diri.

Namun, fans Real Madrid tak perlu khawatir karena pengganti Zidane sudah didapatkan, yaitu Carlo Ancelloti. Ancelotti bukan nama asing bagi Madrid karena sebelumnya ia juga pernah melatih Madrid sejak 2013 hingga 2015 dan mempersembahkan 4 trofi, termasuk 1 trofi Liga Champions. Bisakah Madrid bersama Ancelotti mengulang kesuksesan tersebut?

2. Juventus

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanMassimiliano Allegri kembali jadi pelatih Juventus (skysports.com)

Tak hanya Real Madrid klub yang akhirnya mendapatkan pelatih baru muka lama untuk musim depan, Juventus pun kembali bersatu dengan pelatih mereka dulu, yaitu Massimiliano Allegri. Ini akan jadi periode kedua Allegri di Juve setelah sebelumnya menangani Si Nyonya Tua sejak 2014 hingga 2019.

Juventus harus mendatangkan pelatih baru setelah memutuskan tak lagi memakai jasa Andrea Pirlo sebagai juru taktik. Bersama Pirlo musim lalu, Juve sebenarnya meraih 2 trofi, namun mereka gagal di Serie A dan Liga Champions. Allegri sendiri pernah meraih 11 trofi bersama Juve dan ia pasti diharapkan bisa mengulang masa-masa kejayaan itu mulai musim depan.

3. Inter Milan

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanSimone Inzaghi jadi pelatih baru Inter Milan (90min.com)

Rival Juventus, Inter Milan, pun terpaksa mendatangkan pelatih baru untuk musim depan karena Antonio Conte memutuskan untuk hengkang setelah membawa Inter meraih Scudetto musim lalu. Dilansir laman Goal, Conte meninggalkan Inter karena perselisihan antara dirinya dengan pemilik Inter di akhir musim.

Sebagai pengganti Conte, Inter sudah mendatangkan Simone Inzaghi, pelatih yang sebelumnya menangani Lazio sejak 2016. Inzaghi sepertinya bisa menjadi pelatih yang tepat buat Inter karena ia sukses membawa Lazio memenangi 3 trofi meski tak punya banyak pemain bintang. Bersama Inter yang punya banyak pemain top, kemungkinan besar Inzaghi bisa lebih sukses.

4. Lazio

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanMaurizio Sarri ditunjuk jadi pelatih baru Lazio (thelaziali.com)

Karena pelatihnya "dibajak" Inter Milan, Lazio pun mau tak mau harus mencari pelatih baru untuk musim depan. Nama pelatih yang akhirnya ditunjuk untuk menggantikan Inzaghi ternyata bukan nama asing, yaitu Maurizio Sarri. Sarri sudah sarat pengalaman melatih sejak tahun 1990 dan ia pernah menangani tim-tim kuat, seperti Napoli, Juventus, hingga Chelsea.

Meski sudah lama melatih, Sarri sendiri sebenarnya tidak dikenal sebagai pelatih yang bergelimang trofi. Baru 2 trofi yang pernah ia raih sepanjang karier kepelatihannya, yaitu Europa League bersama Chelsea dan Scudetto bersama Juventus. Menarik untuk ditunggu apakah Sarri akan bisa membawa Lazio meraih trofi.

Baca Juga: Bersama Maurizio Sarri, Lazio Harusnya Tampil Lebih Indah

5. AS Roma

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanJose Mourinho adalah pelatih baru AS Roma (cgtn.com)

Tidak mau kalah, rival sekota Lazio, AS Roma, pun sudah mendatangkan pelatih baru untuk musim depan. Nama yang ditunjuk cukup mengejutkan, yaitu The Special One, Jose Mourinho! Mourinho ditunjuk beberapa saat setelah pelatih Paulo Fonseca mengumumkan akan meninggalkan Roma di akhir musim lalu.

Mourinho sendiri baru beberapa minggu sebelumnya dipecat dari jabatan pelatih Tottenham Hotspur. AS Roma akan jadi klub ke-9 yang ditangani Mourinho dan ia sudah berhasil meraih banyak trofi bersama klub-klub sebelumnya. Bisakah ia membawa Roma memenangi trofi?

 6. Tottenham Hotspur

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanChairman Tottenham, Daniel Levy, masih mencari pelatih baru untuk musim depan (football.london)

Setelah memecat Jose Mourinho musim lalu, Tottenham ditangani untuk sementara oleh pelatih interim Ryan Mason. Namun, tentu Mason tak akan terus menangani Spurs hingga musim depan. Tottenham pun harus segera mencari pelatih baru dan sayangnya sampai sekarang mereka belum mendapatkannya.

Sejumlah nama sempat dikabarkan akan jadi pelatih Tottenham, mulai dari Antonio Conte, Nuno Espirito Santo, hingga Ernesto Valverde. Namun, sejauh ini belum ada kepastian dari pelatih manapun. Tottenham pun masih terus mencari pelatih baru dan mereka harus segera mendapatkannya supaya bisa segera memulai persiapan menyambut musim depan.

7. Bayern Munchen

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanBayern Munchen menunjuk Julian Nagelsmann sebagai pelatih baru (as.com)

Raksasa Jerman, Bayern Munchen, pun akan dilatih oleh nama baru musim depan. Ia adalah Julian Nagelsmann yang sebelumnya menangani RB Leipzig, tim pesaing Munchen di Bundesliga. Nagelsmann baru berusia 33 tahun dan baru mulai melatih pada tahun 2016. Ia sukses membawa RB Leipzig menampilkan performa apik dalam dua musim terakhir.

Bayern Munchen membutuhkan pelatih baru karena pelatih mereka dalam dua musim terakhir, Hans Dieter Flick, meninggalkan Munchen karena akan menangani Timnas Jerman setelah Piala Eropa 2020. Selama dua musim di Munchen, Flick berhasil membawa Munchen meraih 7 trofi, termasuk sixtuple winners di musim pertamanya. Luar biasa!

8. Borussia Dortmund

8 Klub Besar Eropa yang Akan Ditangani Pelatih Baru Musim DepanMarco Rose jadi pelatih baru Borussia Dortmund (bvbbuzz.com)

Terakhir ada Borussia Dortmund yang juga akan ditangani pelatih baru, yaitu Marco Rose, mulai musim depan. Rose bukanlah nama asing di Bundesliga karena musim lalu ia adalah pelatih Borussia Monchengladbach. Sebelum itu, ia juga pernah melatih Red Bull Salzburg di Bundesliga Austria.

Selama dua musim membesut Monchengladbach, Rose memang gagal membawa klub tersebut meraih trofi. Namun, mereka berhasil menembus 16 besar Liga Champions. Rose akan menggantikan posisi Edin Terzic, pelatih interim yang musim lalu menangani Dortmund dari Desember hingga akhir musim.

 

Itulah 8 klub besar Eropa yang musim depan akan ditangani oleh pelatih baru. Menarik ditunggu apakah musim depan mereka bisa sukses bersama pelatih barunya masing-masing.

Baca Juga: Marco Rose Sepakat untuk Jadi Pelatih Anyar Borussia Dortmund?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya