5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCL

Ada yang terbantai berkali-kali

Bayern Munich adalah salah satu klub besar di dunia. Mereka amat dominan dengan menjuarai Bundesliga Jerman dan DFB-Pokal hampir tiap musim. Kehebatan Bayern Munich juga sering terlihat di UEFA Champions League (UCL) alias Liga Champions Eropa.

Dalam sedekade terakhir, Bayern Munich sukses menembus semifinal Liga Champions sebanyak tujuh kali. Dua di antaranya berakhir dengan gelar juara. Selama periode tersebut, Bayern Munich bahkan sempat menang telak atas lima klub besar Eropa berikut ini.

1. Arsenal

5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCLBayern Munich melawan Arsenal di Liga Champions 2016/2017. (fcbayern.com)

Arsenal adalah salah satu klub yang paling sering dikalahkan Bayern Munich di Liga Champions. Beberapa kemenangan Bayern Munich atas Arsenal bahkan diraih dengan skor telak. Misalnya kemenangan 5-1 pada fase grup Liga Champions 2015/2016.

Pada musim berikutnya, Bayern Munich dan Arsenal kembali bersua di Liga Champions. Keduanya bertanding dua kali pada babak 16 besar. Hasilnya, Bayern Munich memenangi kedua laga dengan skor 5-1 sehingga lolos ke perempat final dengan agregat 10-2.

2. Tottenham Hotspur

5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCLBayern Munich melawan Tottenham Hotspur di Liga Champions 2019/2020. (fcbayern.com)

Tottenham Hotspur juga pernah merasakan keganasan Bayern Munich di Liga Champions. Mereka bersua pada fase grup Liga Champions 2019/2020. Itu adalah pertemuan pertama bagi kedua klub di Liga Champions.

Hasilnya, Bayern Munich membantai Tottenham tanpa ampun. Dalam dua pertemuan, Bayern menang 7-2 dan 3-1. Padahal, pada musim sebelumnya, Tottenham sukses mencapai final Liga Champions. Tottenham sendiri akhirnya tetap lolos dari fase grup, tetapi gugur pada babak 16 besar.

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Bayern Munich

3. Chelsea

5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCLBayern Munich melawan Chelsea di Liga Champions 2019/2020. (fcbayern.com)

Chelsea menjadi klub London ketiga yang terbantai oleh Bayern Munich di Liga Champions dalam sedekade terakhir. Itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions 2019/2020. Bayern Munich sukses mengalahkan The Blues pada laga tandang dan kandang dengan skor 3-0 dan 4-1.

Chelsea pun kalah agregat 1-7 dan tersingkir. Itu adalah rekor kekalahan agregat terbesar yang pernah mereka alami pada fase gugur Liga Champions. Sementara, Bayern Munich terus melaju hingga ke final dan sukses menjadi juara.

4. Barcelona

5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCLBayern Munich membantai Barcelona 8-2 di Liga Champions 2019/2020. (fcbayern.com)

Salah satu pembantaian paling ikonik Bayern Munich di Liga Champions terjadi pada 2019/2020. Korbannya salah satu klub besar di Eropa, Barcelona. Saat itu, Bayern Munich dan Barca bertemu pada babak perempat final yang hanya terdiri dari satu laga.

Hasilnya, Bayern Munich tampil superior di hadapan Lionel Messi dkk. Mereka menang dengan skor gila 8-2. Skor itu pun tercatat sebagai salah satu kekalahan terbesar Barcelona sepanjang sejarah.

Sejak itu, Barca seolah tak bergigi tiap bertemu dengan Bayern Munich. Dalam 2 musim terakhir, kedua klub bertemu empat kali pada fase grup Liga Champions. Semuanya sukses dimenangi Bayern Munich tanpa kebobolan. Bayern Munich pantas disebut momok bagi Barelona.

5. Atletico Madrid

5 Klub Besar yang Pernah Kalah Telak dari Bayern Munich di UCLBayern Munich melawan Atletico Madrid di Liga Champions 2020/2021. (fcbayern.com)

Atletico adalah klub alot yang sering menyulitkan tim-tim besar di Liga Champions. Mereka bahkan dua kali mencapai final dalam sedekade terakhir.

Meski begitu, Bayern Munich sempat membantai mereka pada fase grup Liga Champions 2020/2021. Saat itu, Bayern Munich menggelontor gawang Atletico dengan empat gol tanpa balas. Padahal, dalam beberapa pertemuan sebelumnya, Atletico Madrid kerap menyulitkan Bayern Munich.

Lima klub di atas hanyalah sebagian korban pembantaian Bayern Munich di Liga Champions. Pada babak knockout Liga Champions 2022/2023 ini, akankah Bayern kembali unjuk gigi dengan menang telak atas klub-klub besar?

Baca Juga: 5 Pembelian Gagal Bayern Munich Sedekade Terakhir, Minim Kontribusi!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya