Comscore Tracker

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022

Prestasi Real Madrid paling mentereng

Memenangi turnamen mayor adalah prestasi yang hebat bagi sebuah klub sepak bola. Setiap kompetisi memang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Namun, setiap tim tetap harus berjuang keras untuk bisa menjuarai sebuah turnamen.

Jika memenangi satu turnamen mayor saja sudah sulit, apalagi dua turnamen sekaligus dalam semusim. Pada musim 2021/2022 kemarin, hanya ada segelintir klub Eropa yang mampu memenangi dua turnamen mayor alias meraih double winners.

1. Real Madrid (LaLiga dan Liga Champions)

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022Real Madrid merayakan gelar juara LaLiga 2021/2022. (marca.com)

Di antara seluruh klub top Eropa, Real Madrid pantas disebut sebagai yang terbaik pada musim 2021/2022. Los Blancos sukses menjuarai Liga Champions, turnamen yang dianggap sebagai ajang paling bergengsi. Gelar ke-14 itu pun makin menegaskan betapa Real Madrid layak disebut penguasa Liga Champions.

Selain itu, Real Madrid juga berhasil menjuarai LaLiga 2021/2022. Real Madrid pun makin menegaskan statusnya sebagai klub tersukses di Spanyol dengan koleksi 35 gelar liga. Raihan trofi LaLiga dan Liga Champions juga membuat Real Madrid sukses meraih double winners untuk keempat kalinya sepanjang sejarah.

2. Liverpool (Piala FA dan Piala Liga)

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022Liverpool merayakan gelar juara Piala FA 2021/2022. (skysports.com)

Liverpool tampil luar biasa sepanjang musim 2021/2022. Mereka sukses membagi konsentrasi di empat kompetisi hingga jadi penantang juara di keempat ajang tersebut. Hal itu membuat The Reds sempat punya peluang emas mencatat sejarah sebagai klub Inggris pertama yang meraih quadruple winners.

Sayangnya, dua dari keempat trofi yang bisa mereka raih akhirnya lepas. Bahkan, dua trofi yang gagal mereka raih adalah yang paling bergengsi, yaitu Premier League dan Liga Champions. Meski demikian, memenangi Piala FA dan Piala Liga tentu tetap sebuah pencapaian hebat yang patut diapresiasi.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual FC Porto ke Klub Premier League

3. FC Porto (Primeira Liga dan Taca de Portugal)

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022FC Porto merayakan gelar juara Primeira Liga 2021/2022. (instagram.com/fcporto)

Selain Real Madrid dan Liverpool, tidak ada lagi klub di liga top Eropa yang sukses memenangi dua turnamen mayor pada 2021/2022. Namun, ada beberapa klub Eropa lain yang juga berhasil melakukannya. Salah satunya FC Porto yang berhasil memenangi Primeira Liga dan Taca de Portugal.

Porto berhasil meraih trofi Primeira Liga ke-30 serta trofi Taca de Portugal ke-18. Ini adalah kesembilan kalinya Porto berhasil mengawinkan kedua trofi tersebut. Sayangnya, Porto gagal berprestasi di Eropa karena mereka tersingkir lebih awal di Liga Champions serta Europa League.

4. Celtic FC (Scottish Premiership dan Piala Liga)

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022Celtic FC merayakan gelar juara Scottish Premiership 2021/2022. (instagram.com/celticfc)

Celtic FC juga berhasil menjuarai dua kompetisi mayor pada 2021/2022. Mereka memenangi Premiership Skotlandia untuk ke-52 kali sepanjang sejarah, sekaligus yang ke-10 dalam 11 musim terakhir. Meski demikian, Celtic masih kalah sukses dibanding Rangers FC yang punya koleksi 55 trofi Liga Skotlandia.

Di ajang Piala Skotlandia, Celtic gagal juara karena terhenti di semifinal. Namun, mereka berhasil meraih satu gelar lagi, Piala Liga. Itu merupakan trofi Piala Liga ke-20 bagi Celtic. Namun, di ajang tersebut pun Celtic masih kalah dari Rangers yang punya koleksi 27 trofi.

5. Red Bull Salzburg (Bundesliga Austria dan Piala Austria)

5 Klub Eropa yang Meraih Double Winners pada Musim 2021/2022Para pemain RB Salzburg berpose dengan trofi Bundesliga Austria dan Piala Austria 2021/2022. (instagram.com/fcredbullsalzburg)

Klub Eropa lain yang sukses meraih double winners pada 2021/2022 adalah Red Bull Salzburg. Klub asal ibu kota Austria itu berhasi memenangi dua kompetisi domestik, yaitu Bundesliga Austria dan Piala Austria. Dengan demikian, RB Salzburg selalu jadi juara dari kedua kompetisi tersebut sejak 2018/2019.

Bahkan, RB Salzburg selalu menjuarai Bundesliga Austria dalam sembilan musim terakhir. Meski begitu, mereka belum jadi klub tersukses di kedua ajang. Rapid Wien adalah klub tersukses di Bundesliga Austria, sedangkan Austria Wien adalah pengoleksi trofi Piala Austria terbanyak.

Kelima klub Eropa di atas adalah yang paling sukses untuk urusan raihan trofi bergengsi Eropa musim 2021/2022. Itu menjadi bukti bahwa mereka berhasil membagi fokus hingga tampil maksimal dalam lebih dari satu ajang. Mampukah mereka tampil konsisten dan mengulangi pencapaian ini musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal yang Didatangkan Real Madrid Sedekade Terakhir

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya