5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchester

Beberapa bermain di divisi kedua Liga Inggris

Pencinta Liga Inggris pasti tahu bahwa beberapa klub Inggris yang memiliki kemiripan nama dengan klub lainnya. Salah satu kemiripan yang cukup umum adalah adanya kata 'United'. Ada cukup banyak klub Inggris yang namanya berakhiran kata 'United', baik yang terkenal maupun tidak.

Manchester United tentu adalah klub Inggris paling populer yang namanya berakhiran kata 'United'. Namun, masih banyak lagi selain mereka yang punya nama serupa.

Berikut sederet klub di antaranya yang kini bermain di Premier League dan EFL Championship.

1. Newcastle United

5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchesterpotret para pemain Newcastle United (instagram.com/nufc)

Newcastle United adalah klub bernama United dengan koleksi trofi terbanyak setelah Manchester United. Klub berjuluk The Magpies ini pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris 4 kali, Piala FA 6 kali, serta Community Shield sekali. Sayangnya, semua kesuksesan tersebut terjadi puluhan tahun silam.

Dewasa ini, Newcastle lebih dikenal sebagai klub medioker. Namun, mereka memiliki peluang untuk bergeliat bangkit karena telah dibeli oleh konsorsium kaya raya asal Arab Saudi. Dengan kekuatan finansial yang meningkat, Newcastle bisa menjadi kekuatan baru di Premier League dalam beberapa musim ke depan.

2. Leeds United

5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchesterpotret para pemain Leeds United (instagram.com/leedsunited)

Leeds United juga adalah salah satu klub Inggris bernama United yang cukup sukses. Saat ini, Leeds memang lebih dikenal sebagai klub semenjana. Namun, mereka sejatinya pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris tiga kali; bahkan sempat lolos ke final Liga Champions pada 1974/1975.

Sesuai namanya, Leeds United bermarkas di Kota Leeds, West Yorkshire, Inggris. Namun, rival abadi mereka di Premier League justru Manchester United. Pada musim 2021/2022, Leeds sempat terancam degradasi dari Premier League. Untungnya mereka berhasil selamat pada pekan-pekan terakhir.

Baca Juga: 10 Fakta Sven Botman, Bek Baru Newcastle United

3. West Ham United

5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchesterpotret para pemain West Ham United (instagram.com/westham)

West Ham United juga merupakan klub bernama United yang cukup populer. Klub yang bermarkas di Kota London ini pernah meraih lima trofi mayor sepanjang sejarah mereka. West Ham memiliki koleksi 3 Piala FA, 1 Community Shield, dan 1 trofi Eropa berupa Piala Winners.

Sukses West Ham meraih gelar memang sudah lama berlalu. Saat ini, mereka hanya dikenal sebagai klub semenjana. Namun, dalam dua musim terakhir, The Hammers berhasil finis di posisi keenam dan ketujuh. Musim 2022/2023 mendatang West Ham diprediksi tetap bakal menjadi ancaman serius bagi The Big Six Premier League.

4. Sheffield United

5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain Manchesterpotret para pemain Sheffield United (instagram.com/sheffieldunited)

Ada pula dua klub bernama United yang akan berlaga di divisi Championship alias divisi kedua pada musim 2022/2023. Salah satunya adalah Sheffield United. Sheffield sebenarnya sempat berpeluang promosi ke Premier League musim 2021/2022 lalu. Namun, mereka terhenti di fase semifinal playoff melawan Nottingham Forest.

Sheffield sendiri adalah mantan juara divisi utama Liga Inggris, tepatnya pada musim 1897/1898. Selain itu, Sheffield juga punya koleksi empat trofi Piala FA. Namun, kini mereka lebih dikenal sebagai klub medioker karena sudah lama tidak berprestasi. Bahkan, mereka sudah sangat jarang bermain di divisi teratas.

5. Rotherham United

5 Klub Inggris dengan Nama 'United' selain ManchesterPara pemain Rotherham United merayakan keberhasilan promosi ke EFL Championship 2022/2023. (instagram.com/officialrufc)

Satu lagi klub bernama United yang akan bermain di EFL Championship 2022/2023 adalah Rotherham United. Rotherham United adalah klub yang bermukim di Kota Rotherham, Yorkshire Selatan. Sepanjang sejarah mereka sejak berdiri di tahun 1925, Rotherham ternyata belum pernah memenangi trofi mayor.

Rotherham sendiri bakal berlaga di Championship 2022/2023 sebagai klub promosi. Mereka naik kasta setelah finis sebagai runner-up League One 2021/2022. Sejauh ini, Rotherham belum pernah bermain di Premier League.

Selain kelima klub di atas, masih ada banyak lagi klub Inggris dengan nama belakang 'United'. Meski tidak sepopuler Manchester United, tentu sederet klub tersebut memiliki basis fans masing-masing yang cukup besar dan militan. 

Baca Juga: 5 Pemain Muslim di Manchester United dan Manchester City

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya