Comscore Tracker

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa League

Padahal, mereka dikenal sebagai klub semenjana

Europa League 2020/2021 sudah memasuki babak semifinal. Empat klub yang tersisa tinggal selangkah lagi untuk mencapai babak final. Selain AS Roma dan Villarreal, ada dua wakil Inggris, yaitu Manchester United dan Arsenal. Kebetulan, MU dan Arsenal sama-sama sudah pernah tampil di babak final Europa League atau yang dulu bernama Piala UEFA.

Selain dua klub itu, ternyata ada 7 klub Inggris lain yang sudah pernah mencapai babak final Europa League. Dua di antaranya adalah Liverpool dan Chelsea yang memang merupakan klub besar Inggris. Tapi 5 klub lainnya mungkin sama sekali tak kamu sangka. Klub apa saja? Ini dia ulasannya.

1. Tottenham Hotspur 

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa Leagueuefa.com

Tottenham Hotspur memang belum pernah berjaya di Liga Champions dan dalam beberapa dekade terakhir mereka hanya dikenal sebagai klub papan tengah yang sekali-sekali lolos ke Eropa. Namun, tahukah kamu bahwa Spurs adalah klub pemenang Piala UEFA pertama?

Di musim pertama Piala UEFA, yaitu musim 1971/1972, Tottenham berhasil melaju ke final dan menjadi juara. Dua tahun kemudian mereka lagi-lagi melaju ke final, namun gagal juara dan pada musim 1983/1984 mereka berhasil meraih trofi Piala UEFA keduanya. Secara total, klub yang bermarkas di London Utara ini sudah pernah tiga kali lolos ke final Piala UEFA.

2. Wolverhampton Wanderers 

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa Leaguebirminghammail.co.uk

Klub yang menjadi lawan Tottenham di final edisi perdana Piala UEFA ternyata adalah sesama wakil Inggris, yaitu Wolverhampton Wanderers. Kala itu laga final Piala UEFA masih terdiri dari dua leg dan Wolves takluk dari Spurs berkat kekalahan 1-2 di leg pertama dan skor imbang 1-1 di laga penentuan.

Meski kalah, hasil itu masih menjadi pencapaian terbaik Wolves di kejuaraan antarklub Eropa hingga saat ini. Sejak itu, raihan terbaik Wolves di Eropa hanyalah babak perempat final Europa League musim lalu.

Baca Juga: Wolverhampton, Mini Portugal di Liga Inggris

3. Ipswich Town 

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa Leaguevoetbalreizen.com

Kamu tahu Ipswich Town? Nama klub yang satu ini memang jarang terdengar karena mereka lebih banyak bertanding di divisi bawah dan sejak musim lalu mereka adalah penghuni kasta ketiga Liga Inggris. Namun, ternyata Ipswich pernah punya tim yang cukup tangguh pada era '70-an hingga awal '80-an, bahkan sempat menjuarai Piala UEFA!

Klub yang berlambang kuda ini berhasil lolos ke final Piala UEFA 1980/1981. Di final, mereka berhasil mengatasi perlawanan wakil Belanda, AZ Alkmaar, dengan skor agregat 5-4. Dengan demikian, Ipswich Town menjadi satu di antara lima klub Inggris yang pernah menjuarai Piala UEFA atau Europa League.

4. Middlesbrough 

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa Leaguefourfourtwo.com

Middlesbrough juga pernah memiliki tim yang cukup solid pada era 2000-an. Mereka sempat menjuarai Piala Liga 2004, kemudian lolos ke final Piala UEFA 2005/2006. Raihan itu terbilang mengejutkan karena itu baru kedua kalinya Middlesbrough ikut serta di ajang Piala UEFA.

Sayangnya, klub berjuluk Boro ini meski mengakui keunggulan Sevilla di final dengan skor telak 0-4. Sejak itu, performa mereka pun seolah ikut menurun hingga akhirnya terdegradasi pada 2009 dan sejauh ini masih kesulitan untuk naik kembali ke Premier League.

5. Fulham

Tak Disangka, 5 Klub Inggris Ini Pernah Masuk Final Europa Leagueplanetfootball.com

Satu lagi klub Inggris yang pernah membuat kejutan dengan lolos ke final Europa League adalah Fulham. The Cottagers melakukannya pada musim 2009/2010 saat mereka harus menantang Atletico Madrid di final. Berlaga di final kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya, Fulham nyatanya tak gentar dan berhasil menahan imbang Atletico selama 90 menit.

Namun, sayang di babak perpanjangan waktu mereka kebobolan sehingga akhirnya harus bertekuk lutut dengan skor 1-2. Kini, Fulham lebih sering dikenal sebagai tim medioker dan musim ini pun mereka masih kesulitan lepas dari ancaman degradasi di Premier League.

 

Itulah 5 klub Inggris yang tanpa disangka ternyata pernah berlaga di final Piala UEFA atau Europa League. Klub mana di antara mereka yang paling membuatmu terkejut?

Baca Juga: 7 Pemain Bintang Ini Ternyata Pernah Bela Fulham, Masih Ingat?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya