Comscore Tracker

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub Eropa

Sukses di Liga Champions, Europa League, dan Piala Winners

Mulai musim 2021/2022, UEFA menyelenggarakan turnamen Europa Conference League. Dengan demikian, saat ini kembali ada tiga turnamen mayor antarklub Eropa. Hal itu sudah pernah terjadi dulu saat UEFA masih menggelar Piala Winners, yaitu turnamen antara para pemenang piala domestik di setiap liga Eropa.

Piala Winners sudah dihapus oleh UEFA pada tahun 2000. Namun, sejarah turnamen tersebut masih diakui sebagai salah satu turnamen mayor. Lima klub berikut ini pernah memenangi tiga turnamen mayor antarklub Eropa, yaitu Liga Champions, Europa League, dan Piala Winners.

1. Bayern Munich

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub EropaBayern Munich menjuarai Liga Champions 2019/2020. (skysports.com)

Pertama ada Bayern Munich, salah satu klub tersukses di Liga Champions dengan koleksi enam trofi. Sebagai klub tersukses di Liga Jerman, Bayern hampir selalu berlaga di Liga Champions setiap musimnya. Namun, mereka juga pernah tampil di kasta yang lebih rendah, yaitu Piala UEFA dan Piala Winners.

Bayern pun berhasil memenangi kedua kompetisi tersebut masing-masing sekali. The Bavarian menjuarai Piala Winners pada musim 1966/1967, lalu memenangi Piala UEFA pada 1995/1996. Ditambah enam trofi lain, Bayern kini punya koleksi empat belas trofi internasional.

2. Ajax Amsterdam

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub EropaAjax Amsterdam menjuarai Piala UEFA 1991/1992. (uefa.com)

Ajax Amsterdam juga merupakan klub yang berprestasi di Liga Champions. Klub Belanda ini pernah memenangi Liga Champions empat kali, tiga di antaranya secara beruntun. Seperti Bayern, Ajax juga melengkapinya dengan masing-masing satu trofi Piala UEFA dan Piala Winners.

Ajax memenangi Piala Winners pada musim 1986/1987, sementara Piala UEFA mereka raih pada 1991/1992. Ajax pun menyandang status sebagai klub Belanda tersukses, tak hanya di kancah lokal tetapi juga internasional.

Baca Juga: 5 Pemain Ajax Amsterdam yang Bersinar di Musim 2021/2022

3. Juventus

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub EropaJuventus menjuarai Liga Champions 1995/1996. (uefa.com)

Juventus memang adalah klub Italia tersukses di kancah domestik. Namun, mereka bukan yang tersukses di kancah internasional karena kalah jumlah trofi dari AC Milan. Sepanjang sejarah, Juve baru memenangi Liga Champions dua kali meski pernah sembilan kali melangkah ke final.

Juventus malah lebih sukses di ajang Piala UEFA yang mereka menangi tiga kali. Selain itu, Bianconeri juga punya satu trofi Piala Winners. Meski tak punya trofi internasional terbanyak, setidaknya Juventus adalah satu-satunya klub Italia yang pernah memenangi tiga turnamen mayor Eropa.

4. Chelsea

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub EropaChelsea menjuarai Piala Winners 1997/1998. (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea adalah satu-satunya klub Eropa yang pernah menjuarai Liga Champions, Europa League, dan Piala Winners masing-masing dua kali. Sebelum era Roman Abramovich, The Blues pernah meraih dua trofi Piala Winners. Itu terjadi pada musim 1970/1971 dan 1997/1998.

Setelah dibeli oleh Abramovich, barulah Chelsea bisa menguasai dua turnamen Eropa lain. Liga Champions mereka menangi pada 2011/2012 dan 2020/2021, sementara Europa League pada 2012/2013 dan 2018/2019. Sukses Chelsea di level internasional dilengkapi 2 trofi Piala Super UEFA dan 1 Piala Dunia Antarklub.

5. Manchester United

5 Klub yang Pernah Menjuarai 3 Turnamen Mayor Antarklub EropaManchester United menjuarai Europa League 2016/2017. (skysports.com)

Manchester United baru bergabung ke daftar ini sejak musim 2016/2017. Sebelumnya, Setan Merah pernah memenangi Liga Champions tiga kali serta Piala Winners sekali. Namun, mereka tak pernah menjuarai Piala UEFA atau Europa League.

Barulah pada 2016/2017, United meraih trofi Europa League perdana. Dengan demikian, hanya Chelsea dan Manchester United klub Inggris yang pernah memenangi tiga turnamen mayor Eropa. Sementara itu, Liverpool yang merupakan klub Inggris tersukses di Eropa ternyata tak pernah mengangkat trofi Piala Winners.

 

Dengan adanya Europa Conference League, kini terbuka lagi kesempatan bagi setiap klub untuk memenangi tiga turnamen mayor Eropa. Feyenoord nyaris melakukannya, tetapi sayangnya mereka kalah di final Conference League 2021/2022. Adakah klub yang bisa memenangi ketiga turnamen itu kelak?

Baca Juga: Pantang Menyerah, 6 Klub Eropa Timur Ini Pernah Juarai Turnamen Eropa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya