5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga Champions

Asa PSG untuk rengkuh trofi UCL pertama mereka kembali gagal

Paris Saint-Germain dipastikan gagal menjuarai Liga Champions 2021/2022 setelah disingkirkan Real Madrid di babak 16 besar, Kamis (10/3/2022). Kekalahan 1-3 di leg kedua membuat skor agregat menjadi 2-3 bagi keunggulan Los Blancos. Dengan demikian, PSG pun tersingkir.

Sejak diambil alih oleh Qatar Sports Invesments pada 2011, PSG memang menjelma jadi klub kaya penuh pemain bintang. Namun, mereka selalu saja terjegal di Liga Champions. Termasuk Real Madrid, inilah lima klub terakhir yang sukses memupuskan mimpi PSG jadi juara Liga Champions.

1. Barcelona

5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga ChampionsPara pemain Barcelona merayakan gol ke gawang PSG di Liga Champions 2016/2017. (skysports.com)

Mulai dari musim 2016/2017, PSG gagal jadi juara Liga Champions setelah disingkirkan Barcelona di babak 16 besar. Barca saat itu sukses mengalahkan PSG melalui comeback dramatis yang dikenal sebagai La Remontada. Pada leg pertama di Prancis, PSG tampil perkasa dan menang telak 4-0.

Namun, pada laga kedua, Les Parisiens justru hancur lebur dengan skor 1-6 sehingga secara agregat kalah 5-6. Momen tersebut merupakan salah satu peristiwa comeback paling ajaib yang pernah terjadi di ajang Liga Champions. Ironisnya, Barcelona sendiri akhirnya langsung gugur di babak perempat final setelah dikalahkan Juventus.

2. Real Madrid

5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga ChampionsPara pemain Real Madrid merayakan gol ke gawang PSG di Liga Champions 2021/2022. (realmadrid.com)

Real Madrid ternyata bukan kali ini saja menyingkirkan PSG di babak 16 besar Liga Champions. Pada musim 2017/2018, Los Blancos juga jadi mimpi buruk buat Neymar dan kawan-kawan. Lebih nahas lagi, saat itu PSG tak berkutik dalam dua leg sekaligus dengan skor 1-3 dan 1-2.

Musim 2021/2022 ini, sejarah tersebut kembali berulang. Kali ini, jalan PSG untuk lolos sebenarnya sudah terbuka lebar setelah mereka menang 1-0 di leg pertama. Plus, mereka juga sempat unggul lebih dulu di leg kedua. Apa daya, hattrick Karim Benzema dalam kurun waktu 17 menit saja memastikan Real Madrid membalikkan keadaan sekaligus memulangkan PSG.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

3. Manchester United

5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga ChampionsPara pemain Manchester United merayakan gol ke gawang PSG di Liga Champions 2018/2019. (skysports.com)

Berikutnya ada Manchester United yang menyingkirkan PSG dari Liga Champions pada musim 2018/2019. Lagi-lagi, PSG membuang keunggulan pada leg pertama sehingga terpaksa tersingkir. Saat itu, Angel Di Maria dan kawan-kawan sebenarnya sukses menang 2-0 pada laga pertama yang digelar di Old Trafford.

Sayangnya, pada leg kedua di kandang sendiri, PSG justru takluk 1-3 melalui gol penalti dramatis di menit akhir. Padahal, saat itu United sendiri sedang dalam performa yang tidak meyakinkan. Setelah menyingkirkan PSG pun United langsung ditaklukkan Barcelona di babak perempat final.

4. Bayern Munchen

5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga ChampionsPara pemain Bayern Munchen merayakan gol ke gawang PSG di final Liga Champions 2019/2020. (skysports.com)

Pada musim 2019/2020, mimpi PSG untuk menjuarai Liga Champions sepertinya bakal jadi kenyataan. Bersama pelatih Thomas Tuchel, PSG untuk pertama kalinya sukses mencapai final Liga Champions. 

Ada daya, Munchen saat itu sedang terlalu kuat. Die Roten sukses menaklukkan Chelsea dengan agregat 7-1 dan membantai Barcelona 8-2 sebelum mencapai final. Tak heran jika PSG pun akhirnya mereka taklukkan di final dengan skor 1-0. Posisi runner-up pun masih menjadi pencapaian terbaik PSG di Liga Champions sejauh ini.

5. Manchester City

5 Klub Terakhir yang Singkirkan Paris Saint-Germain di Liga ChampionsPara pemain Manchester City merayakan gol ke gawang PSG di Liga Champions 2020/2021. (skysports.com)

Satu lagi klub yang sukses menjegal PSG di Liga Champions adalah Manchester City. Kedua klub bertemu di babak semi final Liga Champions 2020/2021. Hasilnya, pertarungan dua leg mutlak menjadi milik City.

Pada laga pertama saja PSG sudah kalah 1-2 meski bermain di kandang sendiri. Leg kedua pun dimenangi City dengan skor 2-0. Uniknya, Manchester City akhirnya gagal pula jadi juara setelah kalah dari Chelsea di partai puncak. Sebagai tim yang sama-sama tajir, City dan PSG sejauh ini belum punya koleksi trofi Liga Champions.

Meski merupakan klub kaya dengan skuad penuh pemain bintang, Paris Saint-Germain sejauh ini masih belum bisa menjuarai Liga Champions. Hal ini semakin mengukuhkan bahwa trofi sepak bola paling bergengsi antar klub seantero benua biru tersebut tidak mudah "dibeli" dengan uang.

Baca Juga: Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Champions

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya