Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Champions

Tiga di antaranya pemain Brasil

Menjadi top skor alias pencetak gol terbanyak adalah prestasi istimewa bagi pemain sepak bola, khususnya menjadi top skor pada ajang liga domestik. Para pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Robert Lewandowski pernah berkali-kali menyabet gelar top skor di liga domestik.

Ada pula sejumlah pemain top yang tak pernah menjadi pencetak gol terbanyak di liga domestik Eropa. Namun, mereka tetap terbukti tajam karena pernah jadi top skor ajang yang tak kalah bergengsi, yaitu Liga Champions.

1. Rivaldo

Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Championspotret Rivaldo berseragam Barcelona (fcbarcelona.com)

Rivaldo adalah pemain legendaris Brasil yang populer saat membela Barcelona. Pemain yang bisa berposisi sebagai penyerang maupun gelandang ini sukses mencetak total 130 gol selama berseragam Barca. Namun, ia tak pernah berhasil menjadi top skor LaLiga Spanyol. Padahal ia hampir selalu mencetak dua digit gol dalam semusim.

Meski begitu, Rivaldo pernah menjadi top skor Liga Champions saat membela Barca pada 1999/2000. Ia sukses mencetak sepuluh gol di Liga Champions saat itu, setara dengan tiga pemain lain. Sayangnya, Barcelona hanya mentok sampai semifinal, sedangkan yang jadi juara adalah rival abadi mereka, Real Madrid.

2. Fernando Morientes

Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Championspotret Fernando Morientes berseragam AS Monaco (asmonaco.com)

Fernando Morientes adalah pemain yang terkenal tajam di LaLiga Spanyol, tetapi tak pernah jadi top skor. Morientes pernah membela empat klub Spanyol, termasuk Real Madrid dan Valencia. Penyerang asal Spanyol ini mencetak total 122 gol selama main di LaLiga.

Pada 2003/2004, Morientes sempat dipinjamkan Real Madrid ke AS Monaco. Ternyata, ia tampil tajam di Liga Champions hingga menjadi top skor dengan 9 gol, serta membawa klubnya ke final. Sayangnya, Monaco gagal jadi juara setelah dikalahkan FC Porto.

Baca Juga: 5 Top Score Sepanjang Sejarah Sevilla, Kanoute hingga Ben Yedder! 

3. Kaka

Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Championspotret Kaka berseragam AC Milan (instagram.com/kaka)

Berikutnya ada Kaka, pemain Brasil terakhir yang meraih trofi Ballon d'Or. Itu terjadi pada 2007, berkat keberhasilan Kaka membawa AC Milan juara Liga Champions 2006/2007. Kontribusi Kaka bagi Milan memang sangat besar, bahkan ia jadi top skor Liga Champions musim tersebut dengan sepuluh gol.

Sebagai playmaker, Kaka sebenarnya bukan pemain yang tugas utamanya mencetak gol. Namun, ia juga punya ketajaman yang mumpuni, hingga bisa mencetak lebih dari 160 gol sepanjang kariernya. Selain jadi top skor, Kaka pernah menjadi pembuat assist terbanyak di Liga Champions pada 2004/2005 dan 2011/2012.

4. Neymar

Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Championspotret Neymar berseragam Barcelona (instagram.com/neymarjr)

Meski sering mencetak banyak gol, Neymar ternyata belum pernah menjadi top skor liga domestik Eropa. Baik saat membela Barcelona maupun Paris Saint-Germain, ia belum pernah meraih gelar tersebut. Namun, pemain asal Brasil ini sempat jadi yang tertajam dalam semusim Liga Champions.

Itu terjadi pada Liga Champions 2014/2015. Ia mencetak 14 gol untuk Barcelona kala itu, sejajar dengan torehan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Seperti Kaka, keberhasilan Neymar jadi top skor juga dibarengi sukses timnya menjuarai Liga Champions musim tersebut.

5. Erling Haaland

Bukan Liga Domestik, 5 Pemain Ini Pernah Jadi Top Skor Liga ChampionsErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Inilah pemain yang sukses jadi top skor Liga Champions pada 2020/2021 lalu. Erling Haaland sukses mencetak sepuluh gol, meskipun ia hanya bermain delapan kali karena Borussia Dortmund gugur di perempat final. Bahkan, sepanjang 2020/2021, Haaland berhasil membukukan 41 gol dalam 41 pertandingan.

Sementara, di liga domestik sejauh ini, Haaland belum pernah jadi pencetak gol terbanyak. Namun, hal itu wajar karena ia baru berusia 21 tahun dan baru berkarier sejak 2015. Karier Haaland masih terbentang sangat panjang, sehingga peluangnya masih terbuka lebar untuk jadi top skor liga domestik.

Lima pemain sepak bola di atas tak pernah jadi top skor liga domestik. Namun, mereka ternyata pernah jadi top skor Liga Champions Eropa. Itu membuktikan bahwa mereka tetap punya ketajaman yang luar biasa.

Baca Juga: Selain Messi, 6 Striker Argentina yang Jadi Top Skor Liga Top Eropa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya