5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan Barcelona

Mereka berhasil menyela dominasi Madrid dan Barca!

Real Madrid dan Barcelona adalah dua klub tersukses di LaLiga. Dari sisi raihan trofi, keduanya kini memiliki 90 trofi, unggul jauh dari klub-klub lain di Spanyol. Di ajang LaLiga, keduanya pun adalah yang terbaik.

Real Madrid memiliki 34 trofi LaLiga, sedangkan Barca menguntit di bawahnya dengan 26 kali juara. Duopoli Madrid dan Barca di LaLiga terlihat jelas dari fakta bahwa dalam 40 musim terakhir, hanya 9 kali LaLiga dimenangkan oleh klub selain keduanya.

Nah, tahukah kamu klub mana saja yang berhasil menyela dominasi Madrid-Barca dalam menjuarai LaLiga? Inilah 5 klub terakhir yang sukses menjuarai LaLiga selain Real Madrid dan Barcelona.

1. Atletico Madrid 

5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan BarcelonaAtletico Madrid juara La Liga 2020-21 (indianexpress.com)

Pertama tentu ada Atletico Madrid, yang baru saja menjuarai LaLiga musim 2020/21. Performa hebat Luis Suarez dkk akhirnya menyudahi perlawanan Real Madrid dan Barcelona, yang sempat menempel ketat di pekan-pekan terakhir.

Ini adalah trofi LaLiga ke-11 bagi Atletico, sekaligus ketiga kalinya dalam 4 dekade terakhir mereka berhasil menjadi juara liga. Selain musim ini, Atletico juga sukses menyela dominasi Madrid-Barca pada musim 1995/96 dan 2013/14.

Dengan 11 trofi, Atletico sendiri adalah klub tersukses ketiga sepanjang sejarah LaLiga. Mereka juga selalu finis di tiga besar LaLiga sejak 2012/13, sehingga pantas bersanding dengan Madrid dan Barca sebagai tiga klub terkuat Spanyol saat ini.

2. Valencia 

5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan BarcelonaValencia juara La Liga 2003-04 (elartedf.com)

Sementara Valencia sukses dua kali menyela duopoli Madrid dan Barca dalam dua dekade terakhir. Klub berlambang kelelawar ini sukses jadi juara LaLiga pada 2001/02 dan 2003/04. Kala itu, Valencia masih dilatih Rafael Benitez dan dibela pemain-pemain top macam Santiago Canizares, Roberto Ayala, dan Pablo Aimar.

Valencia sendiri sudah pernah memenangi LaLiga 6 kali sepanjang sejarah, rekor terbaik kelima di Spanyol. Namun belakangan performa mereka menurun, dan dalam dua musim terakhir mereka hanya finis di posisi 9 dan 13 LaLiga. Sepertinya sulit berharap mereka akan mampu bersaing dengan Barca dan Madrid lagi dalam waktu dekat.

Baca Juga: 5 Klub dengan Gelar LaLiga Terbanyak, Klub Mana Saja?

3. Deportivo La Coruna 

5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan BarcelonaDeportivo La Coruna juara La Liga 1999-00 (footballcritic.com)

Mundur lagi ke belakang, ada Deportivo La Coruna yang sempat menjuarai LaLiga satu kali pada musim 1999/00. Deportivo memang secara mengejutkan berhasil tampil hebat pada dekade 1990-an hingga awal 2000-an.

Setelah sebelumnya tak pernah meraih trofi bergengsi, tiba-tiba mereka meraih gelar demi gelar, dengan trofi LaLiga sebagai puncaknya. Pada periode tersebut, Diego Tristan dkk juga sempat empat kali menjadi runner-up LaLiga.

Mereka juga memenangi Copa del Rey 2 kali serta Piala Super Spanyol 3 kali. Sayangnya, Deportivo kemudian menurun lagi setelah itu, dan kini mereka bermain di divisi ketiga Liga Spanyol sejak musim 2019/20.

4. Athletic Bilbao 

5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan BarcelonaAthletic Bilbao juara La Liga 1983-84 (panenka.org)

Athletic Bilbao juga sempat menyela dominasi Real Madrid dan Barcelona di LaLiga, tapi itu terjadi sudah sangat lama, tepatnya di awal 1980-an. Bilbao dua kali beruntun menjuarai liga pada musim 1982/83 dan 1983/84. Saat itu, LaLiga masih berisi 18 klub, belum menjadi 20 klub seperti sekarang.

Dua trofi tersebut membuat Bilbao menambah koleksi trofi LaLiga mereka menjadi 8 trofi. Dengan demikian mereka adalah klub keempat tersukses sepanjang sejarah Liga Spanyol. Namun saat ini prestasi Bilbao pun sudah menurun, dan mereka tak pernah lagi finis di empat besar sejak 2013/14.

5. Real Sociedad 

5 Klub Terakhir yang Juara LaLiga Selain Real Madrid dan BarcelonaReal Sociedad juara La Liga 1981-82 (as.com)

Terakhir, ada Real Sociedad, yang berhasil menjadi tim terbaik LaLiga pada musim 1980/81 dan 1981/82. Kala itu, Sociedad memang tengah memiliki tim kuat yang memenangi 3 trofi dalam 3 musim. Namun, dua trofi LaLiga itu adalah yang pertama dan terakhir bagi mereka, karena sebelum dan sesudahnya Sociedad tak pernah lagi jadi juara.

Belakangan, Sociedad juga sempat mengalami penurunan prestasi di LaLiga. Namun dalam dua musim terakhir mereka bangkit lagi dengan menempati posisi 6 di musim lalu dan posisi 5 di musim ini. Plus, mereka juga sukses juara Copa del Rey musim lalu. Menarik ditunggu apakah mereka bisa meneruskan momentum bagusnya di LaLiga musim depan.

 

Itulah 5 klub terakhir yang berhasil menjuarai LaLiga selain Real Madrid dan Barcelona. Kalau menurutmu, apakah musim depan LaLiga akan kembali didominasi oleh salah satu dari mereka?

Baca Juga: 5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya