Comscore Tracker

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!

Manakah klub jagoanmu?

LaLiga merupakan salah satu liga top Eropa yang selalu menarik setiap musimnya. Biasanya, dua tim raksasa, Real Madrid dan Barcelona, bersaing untuk merebut trofi LaLiga. Namun, tak jarang klub lain seperti Atletico Madrid mengganggu dominasi keduanya. Seperti halnya pada musim ini, Los Rojiblancos tengah memuncaki klasemen untuk sementara.

Hal itu pun membuka peluang mereka untuk merebut trofi LaLiga dari Real Madrid yang menjuarainya pada musim lalu. Apalagi, dua tim raksasa, El Barca dan El Real, sedang tampil tidak konsisten. Berbicara tentang gelar juara LaLiga, tahukah kamu, klub mana yang meraih trofi terbanyak? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kalian, berikut kami sajikan ulasan lima klub tersukses dalam sejarah LaLiga. 

Baca Juga: 10 Pemain yang Ternyata Pernah Membela Real Madrid, Ada Eto'o

1. Real Madrid (34 Trofi)

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!goal.com

Klub tersukses dalam sejarah LaLiga adalah Real Madrid. Hingga saat ini, Los Blancos telah merengkuh trofi LaLiga sebanyak 34 kali. Mereka memastikan gelar ke-34 pada musim lalu. Mereka tentu saja berhasrat menambah koleksi gelar pada musim ini, namun sepertinya hal itu cukup sulit untuk diraih.

El Real bukanlah tim pertama yang menjuarai LaLiga, mereka baru berhasil memenangkannya pada edisi ke keempat, yakni musim 1931/1932. Pada musim pertama, mereka harus mengakui keunggulan Barcelona dan harus puas sebagai runner-up. El Real sendiri tercatat sebagai runner-up sebanyak 23 kali.

2. Barcelona (26 Trofi)

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!barcablaugranes.com/Alex Caparros/Getty Images

Barcelona mengawali gelaran LaLiga dengan sangat baik karena bisa menjuarainya pada tahun 1929. Trofi pertama itu pun menjadi awal dari banyaknya trofi LaLiga bagi El Barca. Namun, hingga saat ini mereka masih kalah dari sang rival, Real Madrid. Barca telah mengoleksi gelar LaLiga sebanyak 26 trofi.

Terakhir kali mereka merasakan gelar LaLiga adalah pada musim 2018/2019. Sama seperti El Real, pada musim ini mereka juga sedang dalam kondisi tidak maksimal untuk meraih trofi LaLiga. Sementara untuk catatan runner-up, Blaugrana telah merasakannya sebanyak 25 kali.

3. Atletico Madrid (10 Trofi)

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!fortune.com/QUIQUE GARCIA/Getty Images

Atletico Madrid menjadi klub yang sangat berpeluang meraih trofi LaLiga musim 2020/2021 ini. Los Rojiblancos memang menjadi klub yang kerap menyulitkan duo raksasa Spanyol dalam beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini, Atletico telah merengkuh trofi LaLiga sebanyak 10 kali. Mereka juga menjadi klub terakhir yang menjuarai LaLiga selain Barcelona dan LaLiga.

Momen itu terjadi pada musim 2013/2014 lalu. Atletico sendiri juga telah mencatatkan 9 kali sebagai runner-up. Raihan itu memang masih kalah jauh dari torehan Real Madrid dan Barcelona. Namun, setidaknya Atletico menjadi klub yang konsisten dalam memberikan persaingan di papan atas, termasuk musim ini.

4. Athletic Bilbao (8 Trofi)

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!worldfootball.net

Berikutnya ada Athletic Bilbao yang menjadi klub tersukses keempat dalam sejarah LaLiga. Klub berjuluk Los Leones ini sangat berjaya di awal-awal diadakannya Liga Spanyol. Mereka berhasil menjuarai kasta teratas liga Spanyol ini sebanyak 4 kali dalam 8 musim awal. Namun, akhirnya jumlah trofi Bilbao dilewati oleh ketiga klub di atas.

Bahkan, prestasi Athletic Bilbao hingga saat ini tak terlalu mentereng. Dalam sejarah LaLiga, Athletic Bilbao telah meraih 8 trofi. Terakhir mereka menjuarainya pada musim 1983/1984. Sementara untuk catatan runner-up, mereka merasakannya dalam 7 musim.

5. Valencia (6 Trofi)

5 Klub Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Real Madrid Ungguli Barcelona!bleacherreport.com/RAMON ESPINOSA/Associated Press

Klub kelima dalam daftar ini adalah Valencia yang juga kerap melakukan perlawanan di papan atas. Mereka menjadi klub terakhir selain Atletico, Real Madrid, dan Barcelona yang menjuarai LaLiga. Tepatnya pada musim 2003/2004 dan belum juga terulang hingga saat ini. Secara total, Valencia telah meraih 6 trofi LaLiga hingga kini.

Los Che merengkuh trofi LaLiga untuk pertama kalinya pada musim 1941/1942. Valencia juga telah menjadi runner-up sebanyak 6 kali. Pada musim ini, mereka juga tak terlalu diunggulkan dalam raihan gelar juara LaLiga. Hingga paruh musim ini, mereka hanya berada di papan tengah.

 

Itulah lima klub tersukses dalam sejarah LaLiga. Klub mana yang akan menjuarai LaLiga pada gelaran musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Mengantarkan Atletico Madrid Menjuarai LaLiga

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya